do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 04 November 2014

MAKALAH BAHAYA RADIASI TERHADAP HANDPHONE DAN NOTEBOK PADA MANUSIA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan akan senantiasa menghasilkan produk-produk teknologi yang baru. Sebagai konsumen dari produk-produk tersebut kita tentu saja merasakan perkembangan teknologi, yang sekarang ini sudah memasuki era teknologi canggih.Akan tetapi hal yang mungkin tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi akan senantiasa diikuti oleh dampak terhahap kehidupan manusia, ada dampak positif dan ada pula dampak negatif. ini memang sudah merupakan  suatu hukum alam, artinya mau tidak mau, atau senang tidak senang kita harus menerima dampak tersebut.
Risiko untuk mengalami masalah kesehatan akibat keterpaparan radiasi meningkat dramatis apabila kita menghabiskan banyak waktu di dekat radiasi ini dan khususnya ketika menggunakan teknologi nirbakel (wireless), seperti banyak diantara kita yang lakukan ketika menggunakan laptop. Kekhawatiran utama dengan laptop adalah bahwa seringkali laptop diletakkan di atas paha, yang mana sangat dekat dengan organ reproduksi sehingga sangat logis jika hal tersebut dikatakan dapat mengganggu kesuburan dan menyebabkan kanker.

1.2  Rumusan Masalah

A. Apa yang dimaksud dengan Radiasi dalam Kehidupan Manusia ?
B. Apa saja akibat dari Radiasi Komputer dan Notebook ?
C. Apa saja Radiasi yang dihasilkan oleh komputer dan Notebook ?
D. Apa  Pengaruh negatif akibat radiasi komputer dan notebook ?
E. Bagaimana Cara Mencegah atau Mengurangi Radiasi Komputer dan Notebook?

1.3              Tujuan

1. Untuk mengetahui dampak radiasi komputer dan laptop terhadap mata manusia.
2. Untuk mengetahui cara mengatasi/meminimalkan radiasi yang ditimbulkan oleh komputer dan laptop.

1.4              Manfaatnya

1.      Dengan   mengetahui   radiasi   computer   yang   timbul,  kita   dapat
mengantisipasi gangguan-gangguan kesehatan akibat radiasi komputer.
2.      Menentukan jarak aman bagi penggunaan komputer dan laptop dalam mengoperasikannya.
3.      Dapat memilih jenis monitor komputer yang lebih sedikit menghasilkan radiasi.
















BAB II
PEMBAHASAN

A. Radiasi dalam Kehidupan Manusia

Kehidupan manusia dalam ini memang tidak terlepas dari sumber-sumber radiasi. Radiasi, yang berarti pemancaran atau penyinaran merupakan penyebaran partikel-partikel elementer dan energi radiasi dari suatu sumber radiasi. Energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom dan sisa atom akan dapat menjadi muatan positip dan disebut ion positip. sementara itu elektron yang dikeluarkan itu dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negatip. Ionisasi, yaitu peristiwa pembentukan ion positip dan ion negatip ini sangat penting sekali diketahui karena melalui proses ionisasi ini jaringan tubuh akan mengalami kelainan pada sel-sel tubuh.

B. Radiasi Komputer dan Notebook

Radiasi komputer dapat mengakibatkan rabun mata, katarak, epilepsi. Efeknya baru dirasakan 15 atau 20 tahun kemudian. Efek tersebut merupakan proses yang terjadi secara bertahap yang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa resiko tersebut benar-benar bisa terjadi. Semua alat elektronik mengeluarkan sejenis medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF) yang merupakan salah satu jenis radiasi.
Namun, EMF adalah jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron,  berbeda  dengan  radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi.
Contoh : dari radiasi yang ekstrem dari alat elektronik adalah radiasi dari microwave, yang mengeluarkan medan dengan frekuensi tinggi yang bisa dideteksi meskipun dalam jarak beberapa yard. Namun kebanyakan radiasi alat elektronik lainnya akan berkurang dalam jarak beberapa inchi saja. Jadi selama kita menjaga jarak yang cukup saat menggunakan alat-alat tersebut, maka tidak ada yang perlu dirisaukan.

C. Radiasi yang dihasilkan oleh komputer dan Notebook

Radiasi yang dihasilkan pada komputer/notebook:
  Sinar-X
Sinar-X merupakan sinar ataupun radiasi yang berbahaya karena sinar ini dapat mengion, sehingga akan merusak jaringan tubuh: Akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa radiasi sinar-X ini tidak sempat sampai ke pemakai dikarenakan radiasi sinar-X akan diserap oleh kaca CRT.
  Sinar Ultraviolet
Radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.
Sinar Ultraviolet dapat mengakibatkan penyakit katarak.
  Gelombang Mikro
Gelombang elektromagnetik yg riak gelombangnya antara 0,3—30 cm atau yg frekuensinya antara 1—100 gigahertz, batas yg pasti yg membedakan mikrogelombang dr gelombang inframerah dan gelombang radio tidak ada
  Radiasi elektromagnetik frekuensi rendah
Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain.
  Radiasi yang ditimbulkan oleh microchip dan hardisk
  Teknologi nirkabel wifi atau wireles

D. Pengaruh negatif akibat radiasi komputer dan notebook

Pengaruh negatif akibat radiasi komputer dan notebook ada dua yaitu :

1. Pengaruh dalam jangka pendek
a..      Mata menjadi lelah
b.      Mata menjadi berair
c.      Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan (dapat mencapai 75% – 90% menurut laporan WHO).
d      Akibat kerja mata yang berlebihan di depan komputer juga berpotensi mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh.
Hormon ini mulai diproduksi oleh tubuh ketika Matahari mulai tenggelam. Produksi hormon melatonin bertambah pada malam hari, terutama pada suasana hening dan gelap sehingga menyebabkan orang mudah tertidur.
e.   Produksi hormon melatonin berkurang oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan elektromagnet. Cahaya maupun pajanan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.

2. Pengaruh dalam jangka panjang
Gangguan kesehatan disebabkan oleh radiasi computer dan notebook, antara lain:
a.  Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.
b. Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka. Hal ini akan terjadi setelah seorang operator bekerja selama 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabannya rendah. Setelah kemerahan, kemudian terjadi pengelupasan kulit dan timbul benjolan.
c. Dermatitis ini akan terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator. Medan elektromagnet menyebabkan  partikel-partikel yang melayang di udara menempel pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka, mata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini dapat  menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor.
d. Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi,  sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya.
e. Gangguan seksual yang dimaksud adalah mengurangi tingkat kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

E. Cara Mencegah atau Mengurangi Radiasi Komputer dan Notebook

1.                  Coba pasang filter pada monitor komputer anda.filter ini berfungsi untuk menahan radiasi agar tidak sampai ke mata.
2.                  Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma. Karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama. Jika anda punya cukup uang, bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.
3.                  Jagalah jarak mata anda dengan monitor komputer, idealnya jarak mata ke komputer minimal adalah 50 cm.
4.                  Taruhlah monitor sejajar dengan mata anda. Jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Usahakan saat anda melihat komputer rasanya enak dan nyaman
5.                  Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata. Jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata anda menjadi silau. Juga jangan terlalu gelap,karena akan menyebabkan mata anda bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering.
6.                  Atur screen refresh rate menjadi 75 htz. Caranya jika anda pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor, lihat kolom screen refresh rate, atur menjadi 75 htz.
7.                  Sesering mungkin kedipkan mata.karena dengan kita mengedipkan mata, akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab. Jika anda jarang mengedipkan mata, maka mata akan menjadi kering.jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnya memerah.bila perlu anda bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu dalam keadaan basah.
8.                  Anda bisa membeli semacam kacamata yang bisa anda pakai pada saat menggunakan komputer.
9.                  Perhatikan cahaya di sekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer.usahakan ruangan cukup pasokan cahaya. Jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap (tidak cukup cahaya).
10.              Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit.anda bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata. Usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan. Karena menurut para peneliti, warna hijau mampu membuat mata kembali segar.
11.              Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A seperti wortel, juga rajinlah untuk memeriksakan mata ke dokter mata untuk mengetahui adanya gangguan pada mata.jika mata benar benar sudah terasa tidak enak, jangan malu untuk menggunakan kacamata.
12.              Jangan terlalu lama menggunakan jaringan wireless, hotspot, modem, wifi. Karena bahanyanya sama saja kita menggunakan HP.
13.              Gunakan selalu baterei pada saat menggunakan notebook untuk mengurangi radiasi yang berlebihan.
14.              Jangan ngeces baterai notebook sambil kita gunakan, karena tingkat radiasi akan semakin meningkat.









BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Radiasi yang ditimbulkan oleh computer dan laptop dapat kita kurangi dengan pemakaian notebook yang benar. Selama kita menggunakan dengan batas yang wajar kita akan terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh radiasinya.

3.2 Saran

1.  Pengguna laptop maupun komputer hendaknya membaca, mengetahui dan memperhatikan cara yang tepat memakai dan merawat komputer dan laptop.
2.  Para pengguna disarankan menjalankan tips untuk mengurangi radiasi tersebut.

















DAFTAR PUSTAKA


http://misterrarie.blogspot.com/2012/01/bahaya-yang-timbul-akibat.html
http://bidanku.com/laptop-menyebabkan-gangguan-kesuburan














Posting Komentar