Usaha atau bisnis
di masa sekarang ini harus mampu bersaing dengan bisnis atau organisasi lainnya
dalam pasar tertentu menurut standar persaingan dunia dalam segala aktivitas,
departeman dan pelayanan. Criteria persaingan itu mencakup praktik dan kehebatan
dari perangkat untuk transpormasi perusahaan seperti pekerjaan yang fleksibel,
standar penilaian, managemen kualitas dan lain sebagainya. Proses perubahan
dalam suatu organisasi kelas dunia dilakukan dengan cara yang menguntungkan
karyawan dan organisasi.
Bisnis yang dijalankan harus selalu dipersiapkan
untuk menghadapi perubahan yang tidak terhindarkan, hal ini perlu dilakukan
untuk mengembangkan bisnis atau wirausaha yang kita jalankan dalam menghadapi
persaingan global.
Adapun kiat untuk mengembangkan wirausaha dalam
menghadapi persaingan global, yaitu:
a.Menyusun Strategi
Strategi merupakan langkah, taktik atau tindakan
yang harus ada dalam sebuah organisasi. Suatu organisasi yang ingin bersaing
dengan kelas dunia, tentunya organisasi itu harus memiliki sebuah managemen
yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap pelayanan, kemudian
memiliki produk yang berkualitas tinggi dan baik dengan harga yang terjangkau
oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas.
Suatu strategi dalam perusahaan atau organisasi
merupakan suatu jawaban untuk sebuah pertanyaan kunci seperti:
> Apakah saluran dan alairan komunikasi anda
mencukupi?
> Apakah karyawan anda mempunyai banyak
keahlian?
> Apakah karyawan anda fleksibel dan ingin
menyesuaikan diri?
> Apakah ada rencana untuk memonitor kepuasan
konsumen secara regular?
> Sudahkah anda mengidentifikasi proses
bisnis yang telah ditetapkan dan dipahami?
> Apakah etika untuk berfokus pada konsumen
atau kualitas ditekankan dalam organisasi
> Apakah kualitas dan reabilitas produk dan
layanan diukur?
> Apakah dilakukan review atau peningkatan
performa diutamakan?
> Apakah setiap orang diberitahu mengenai
hasil dan pekembangan organisasi?
> Apakah terdapat keterbukaan dalam mendorong
dan meningkatkan kreativitas dan inovasi?
Jika jawaban dari semua pertanyaan kunci
tersebut adalah afirmatif, maka anda mempunyai strategi perusahaan yang baik
untuk bersaing dalam bisnis kelas dunia.
b.Identifikasi kapabilitas
Dari analisis mengenai lingkungan eksternal
anda, berikan kesimpulan kapabilitas utama dari organisasi anda. Kemudian
pertimbangkan pengaruh luar saat mengembangkan strategi untuk bisnis anda
Kapabilitas utama itu mencakup: kapasitas
penelitian/inovasi, perencanaan dan control financial, kapabilitas sumber daya
manusia, keahlian pemasaran dan administrasi, pengetahuan ten tang produk dan
keahlian dalam pelayanan.
Saat menganalisa kapabilitas, tentukan poin mana yang
memerlukan perhatian dan sumber daya lebih dalam perkembangannya.
c.Identifikasi pengaruh eksternal
Hal penting yang harus dilakukan dalam
mengidentifikasi pengaruh eksternal yaitu mempertimbangkan pengaruh lingkungan
luar, yang menentukan respon yang baik mengenai bisnis anda. Kemudian pengaruh
atau faktor yang berbeda, yang berupa faktor ekonomi, faktor teknologi
lingkungan, kecenderungan supplier dan demografi dan yang lebih penting adalah
menemukan area kelemahan anda.
d.Analisa posisi terhadap competitor
Untuk menganalisa posisi organisasi anda
terhadap competitor, hal yang pertama sekali yang harus anda lakukan adalah
mencari informasi yang jelas tentang pasar, kemudian ukurlah posisi organisasi
anda. Untuk mengukur dan menganalisa posisi competitor, anda harus mengenal
tentang: Keunggulan produk anda, Harganya, Ketersediaan, Pelayanan kepada
pelanggan, kebijakan untuk perkembangan berkesinambungan dan kondisi pasar.
Kemudian berilah penilaian posisi anda dimata
konsumen dalam arti bahwa bagaimana persepsi konsumen terhadap organisasi anda
jika dibandingkan dengan kompotitor anda.
e.Menetapkan visi
Visi merupakan suatu hal yang sangat penting
bagi perkembangan organisasi, suatu visi itu harus jelas dalam kalimat yang
singkat, padat, tidak ambigu.
f.Menetapkan target menantang
Untuk menetapkan target bagi diri sendiri dan
suatu organisasi anda harus melihat dari berbagai sudut pandang. Dan yang harus
anda perhatikan jangan menetapkan target yang mudah untuk dicapai, hal itu akan
membahayakan, anda cenderung bersantai dan cepat merasa puas, sehingga
menghilangkan semangat untuk maju.
g.Proses penilaian
Proses penilaian bertujuan untuk memantau secara
terus menerus apa yang sedang terjadi dan melaporkan perkembangan secara
regular dan berkesinambungan. Akan tetapi penilaian itu harus bersifat koheren
dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik atau memuaskan kepada konsumen,
kualitas dari suatu produk.
h.Prosedur laporan yang sederhana
i.Mengkomunikasikan perkembangan
j.Revisi target
Tidak ada komentar:
Posting Komentar