MAKALAH
PENGEMBANGAN PERILAKU
DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DAN TANYA JAWAB
DISUSUN OLEH :
kelompok i
1.
mukmina (21114164)
2.
marlina b. (21114163)
3.
marlina (21114162)
4.
hariani (21114159)
5.
wa ode yeni (21114181)
6.
asma (21114158)
7.
yatni wati (21114182)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Dalam pengembangan perilaku dan
kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun akan mempelajari tentang pengembangan
perilaku dan kemampuan dasar melalui metode bercakap-cakap dan tanya jawab.
bercakap-cakap merupakan suatu bentuk komunikasi lisan antara satu orang dengan
orang lain.
di dalam becakap-cakap memungkinkan
adanya unsur dialog, tanya jawab, dan pemberian informasi.
B.
RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana
hakikat metode bercakap-cakap dan tanya jawab ?
2. Bagaimana
kelebihan dan kekurangan metode bercakap-cakap dan tanya jawab ?
3. Bagaimana
implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui
metode bercakap-cakap ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Hakekat
Metode Bercakap-Cakap :
Ø Dalam
hakekat metode bercakap-cakap salah satu cara belajar anak adalah melalui
bercakap-cakap. Pengetahuan yang telah mereka dapatkan akan selalu diperkuat
melalui bercakap-cakap. Pengetahuan yang telah
mereka dapatkan akan selalu diperkuat melalui bercakap-cakap.
Pada
saat bercakap-cakap, anak juga akan belajar bagaimana bahasa digunakan untuk
menyimpulkan pesan. Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki orang
tua yang senang bercakap-cakap dengan anaknya secara intensif ketika mereka
bayi maka anak tersebut akan memiliki iq yang baik dan memperoleh jumlah kosa
kata yang lebih banyak di bandingkan anak yang lain.
Bercakap-cakap
adalah bagian dari kecakapan bahasa yang bersifat eksperesif karena anak
diminta untuk menggunakan simbol-simbol bahasa dalam berkomunikasi.
Ø Hakikat
Metode Tanya Jawab
Dalam metode tanya jawab dapat dibagi dua yaitu
metode tanya jawab tertutup dan terbuka.
B.
Kelebihan
dan kekurangan bercakap-cakap dan tanya jawab :
1.
Kelebihan
Metode bercakap-cakap dan Tanya Jawab antara lain :
Ø Menghasilkan
informasi yang lengkap dari sisi isi / kontes dan produksi bahasa dari situasi
yang alamiah.
Ø Dapat
dianalisis
Ø Menunjukan
kemajuan perkembangan bahasa sepanjang waktu, khususnya pada aspek berbicara,
sepanjang waktu.
Ø Meningkatkan
kepercayaan diri anak.
2.
Kekurangan
metode bercakap-cakap yaitu :
Ø Membutuhkan
waktu yang intensif dan lama ketika berfokus pada satu anak.
Ø Memungkinkan
anak merasa takut jika anak sedang malas memberika jawaban.
Ø Dapat
terlihat seolah-oleh menyelidiki hal-hal yang paling rahasia.
C. Implikasi Pengembangan-pengembangan
perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia 3-4 Tahun melalui Metode bercakap-cakap
penggunaan
metode bercakap-cakap dan tanya jawab pada anak usia 3-4 tahun harus memperhatikan
sejumlah aspek kebahasaan seperti kemampuan anak dalam berbicara dan menyimak. dikarenakan
dalam pengalaman berbahasa, kedua aspek tersebut harus dikuasai lebih dalam
sebelum aspek lainnya, seperti membaca dan menulis.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Bercakap cakap
merupakan suatu bentuk komunikasi lisan antara satu dengan lain.
Di dalam bercakap-cakap dimungkinkan
adanya unsur dialog, tanya jawab dan pemberian informasi.
Hakekat Metode Bercakap-Cakap dan Tanya
Jawab antara lain :
1.
Kalimat metode bercakap-cakap
Pada saat bercakap-cakap, anak juga akan
belajar bagaimana bahasa digunakan untuk menyampaikan pesan.
2.
Kekurangan dan kelebihan metode
bercakap-cakap.
3.
Implikasi pengembangan, perilaku dan
kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun memiliki metoda bercakap-cakap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar