do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 16 Maret 2016

MAKALAH PENEBANGAN HUTAN



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “PENEBANGAN HUTAN “ ini dengan baik. Tak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang sudah ikut membantu dalam pembuatan makalah ini.
Makalah ini dibuat dengan tujuan agar semua orang yang membaca makalah ini dapat memahami tentang penebangan hutan yang paling penting ialah bagaimana cara melestarikan hutan tersebut.
Kami berharap anda dapat memberikan saran dan masukan karena makalah ini belum sempurna. Agar nantinya makalah ini dapat bermanfaat bagi semua para pembaca makalah















BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Adapun latar belakang penulis mengangkat masalah dari tema lingkungan hidup yang berjudul “Penebangan Hutan Secara Liar”, hutan dianggap sebagai persekutuan antara tumbuhan dan binatang dalam satu asosiasi biotis, penebangan hutan secara liar kini kian marak dan dapat merusak hutan tanpa memperhatikan dampak negative yang ditimbulkan.
Penebengan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, sebenarnya penebangan hutan secara liar itu sama sekali tidak baik untuk lingkungan kita, karena bisa membuat pohon-pohon di hutan menjadi gundul. Tetapi mengapa masih saja banyak warga yang tidak peduli pada pohon-pohon dihutan, padahal mereka sudah mengetahui akibatnya tetapi itu semua dikarenakan karena keserakahan dan keegoisan manusia. Sebab dari penebangan hutan secara liar salah satunya karena ekonomi warga sekitar yang kurang dan akhirnya mereka menebang pohon secara liar untuk dijual dan hasilnya unuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Tetapi itu semua karena mereka menebang pohon selalu dalam jumlah yang banyak, apabila saja mereka bisa merubah diri. Bukan berarti tidak boleh menebang pohon , tapi marilah apabila menebang pohon janganlah terlalu banyak karena bisa merugikan warga yang ada disekitar itu, dan apabila kalian telah menebang pohon marilah kita menanam lagi dari mulai bibit dan kita rawat untuk menggantikan pohon yang kita tebang lagi
1.2 Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu :
Memenuhi tugas kelompok Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu “PENEBANGAN HUTAN”. Karena masalah penebangan hutan ini menjadi prioritas utama dalam kehidupan masyarakat.
1.3 Rumusan Masalah
1.      Pengertian dari penebangan hutan
2.      Apa akibat dari penebangan hutan
3.      Apa upaya melestarikan hutan
BAB II
PEMBAHASAN

A.PENEBANGAN HUTAN
Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, rumput, jamur, dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Penebangan hutan merupakan usaha menebang atau memotong kayu yang ada dalam kawasan hutan, baik yang dilakukan oleh orang perorangan maupun oleh badan usaha. Penebangan hutan ini dapat dibenarkan apabila pelaku penebangan hutan mempunyai izin menebang pohon dihutan. Hutan merupakan kumpulan pohon-pohon dan hewan yang berada dalam suatu kawasan yang saling berinteraksi mereka hidup diatas tanah yang hidup dalam keseimbangan. Hutan ini akan tetap lestari apabila kita mau melestarikannya, namun apabila tidak dilestarikan maka akan timbul kepunahan terhadap ekosistem hutan tersebut. Kepunahan dan kerusakan hutan ini salah satunya bisa disebabkan oleh penebangan hutan secara liar dan oleh sebab itu fungsi hutan sebagai penyimpanan air tanah juga akan terganggu akibat terjadinya pengerusakan hutan yang terus menerus. Hal ini akan dampak pada semakin seringnya terjadinya kekeringan dimusim kemarau dan banjir serta tanah longsor dimusim penghujan.
B. MANFAAT HUTAN
Hutan di Indonesia sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup satwa dan puspa yang ada didalamnya. Selain itu, keberadaan hutan di Indonesia ini juga berfungsi untuk melestarikan beraneka ragam potensi satwa dan puspa du Indonesia. Berikut ini manfaat dari adanya keberadaan hutan:
1.Manfaat/Fungsi Ekonomi
-hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang bernilai tinggi
-membuka lapangan pekerjaan bagi pembalak hutan legal
-menyumbang devisa negara dari hasil penjualan produk hasil hutan ke luar negeri


2. Manfaat/Fungsi Kimatologis
-hutan dapat mengatur iklim
-hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan
3. Manfaat/Fungsi Hidrolis
-dapat menampung air hujan didalam tanah
-mencegah intrusi air laut yang asin
-menjadi pengatur tata air tanah
4. Manfaat/Fungsi Ekologis
-mencegah erosi dan banjir
-menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah
-sebagai wilayah untuk melestarikan keanekaragaman hayati

B.   AKIBAT PENEBANGAN HUTAN
Penebangan hutan secara liar akan dapat berdampak pada bencana kekeringan pepohonan biasanya mempunyai fungsi menahan air itu tidak ada lagi akibat kekeringan. Air hujan akan langsung mengalir kelaut dan cadangan air tanah menjadi tidak ada.
Salah satu akibat dari penebangan hutan secara liar adalah banjir dan untuk mencegah banjir, penebangan hutan secara liar harus dihentikan, jika penebangan hutan terus dibiarkan tidak mungkin banjir akan terus terjadi dan akan membawa korban lebih banyak lagi.

C.   UPAYA MELESTARIKAN HUTAN
Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan :
1.      Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul
2.      Melarang pembabatan hutan
3.      Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon
4.      Menerapkan sistem tebang-tanam dalam kegiatan penebangan hutan
5.      Menerapkan sangsi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan
BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan diatas tidaklah heran negara kita dapat terlepas dari bencana banjir diberbagai wilayah Indonesia. Semakin banyaknya penebangan hutan liar, maka akar-akar pepohonan yang memiliki fungsi utama untuk menahan air-air hujan yang deras tentu saja akan terhambat dan akan tentu saja sangat berpotensi menimbulkan banjir diwilayah-wilayah yang lebih mementingkan perumahan industri dari pepohonan alam.

B.   SARAN
Hutan yang kita miliki harus dilestarikan sehingga anak cucu kita bisa menikmati hutan yang kita miliki. Kita tidak boleh memanfaatkan hutan secara sembarangan, kalau hutan yang kita miliki habis maka akan terancam bencana, agar hutan kita tetap lestari maka kita harus melestarikannya.

Poskan Komentar