do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 16 Maret 2016

OLAHRAGA BOLA BESAR (BOWLING)



TUGAS
MAKALAH PENJAS
“OLAHRAGA BOLA BESAR (BOWLING)”


DI SUSUN OLEH :

NAMA                           :  SYAMSUL ALAM
KELAS                          :  IX‑3
GURU PEMBIMBING  :  SAUDI, S.Pd





SMP NEGERI 2 RAHA
T.A. 2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang “OLAHRAGA BOLA BESAR (BOWLING)”. 
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Olahraga Bowling. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.      
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini.


Raha,  14  Maret 2016


   SYAMSUL ALAM


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .............................................................................................
DAFTAR ISI ............................................................................................................
BAB I  PANDAHULUAN ......................................................................................
1.1.        Latar Belakang ....................................................................................
1.2.       Rumusan Masalah ................................................................................
1.3.       Tujuan Pembahasan .............................................................................
BAB II   PEMBAHASAN .......................................................................................
2.1.       Pengertian Olahraga Bowling ..............................................................
2.2.       Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Bowling  ........................
2.3.       Peralatan yang digunakan pada Permainan Bowling  ..........................
2.4.       Hal-hal yang harus ada dalam permainan Bowling  ............................
2.5.       Teknik Dasar Bermain Bowling Untuk Pemula ...................................
BAB III   PENUTUP ...............................................................................................
3.1.       Kesimpulan ..........................................................................................
3.2.       Saran  ...................................................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Bowling adalah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan atau melemparkan bola dengan menggunakan tangan. Bola bowling akan dilemparkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas...
Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tinggal. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tinggal disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang diperolehi dalam setiap permainannya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.
Sejarah Adanya Olahraga Bowling
Bowling, yang nama resminya adalah 10-pin-bowling, merupakan sebuah olahraga sekaligus permainan yang cukup fun untuk tua maupun muda. Tujuan dari bowling adalah menjatuhkan kesepuluh pin di ujung lane dalam maksimum 2 lemparan bola. Panjang lane adalah 60 kaki (18,28 m) dan lebarnya 3,5 kaki (1,07 m), dengan 2 buah lajur gutter di kanan-kirinya.
Di Amerika permainan bowling memang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Pada awal-awal kemunculan permainan ini juga memiliki pasang surut. Ada masa-masa dimana orang-orang mulai berjudi untuk permainan ini. Untuk beberapa waktu, bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru sekitar tahun 1900-an bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika membentuk sebuah organisasi resmi American Bowling Congress.
Diluar dari pada itu, sebenarnya yang pertama kali mempopulerkan olah raga bowling di Amerika adalah orang-orang Belanda yang datang kesana pada tahun 1600-an. Sebelum bernama bowling, permainan ini bernama "Dutch pins". Namun di negeri kincir angin bowling juga tidak begitu saja ada, mereka mengenalnya dari orang-orang Inggris pada awal tahun 1100-an. Didaratan Eropa tidak hanya dua negara ini saja yang mengenal bowling, Jerman juga memiliki permainan sejenis. Dengan menggunakan bola dan 9 buah tongkat kayu yang disebut "Keglers", hingga saat ini kebanyakan orang Jerman menyebut pin dengan keglers.
Yang cukup menarik dari sejarah bowling, para arkeolog menemukan sejenis bola, pin dan peralatan lain untuk bermain bowling dipemakaman anak-anak Mesir yang berumur 5200 sebelum Masehi. Berdasarkan fakta tersebut membuktikan bahwa orang-orang Mesir sudah mengenal bowling sejak berabad-abad lalu.
Cara untuk melemparkan bola di sepanjang lane tidak diatur secara khusus, selama bola dilempar dengan posisi pemain tidak melewati garis batas. Anda boleh melemparnya dengan memegang bola dengan kedua tangan dan mengayunkannya dari antara kedua kaki Anda, tapi cara itu cenderung minus dari segi tenaga lemparan dan gaya. Umumnya, bola dipegang menggunakan 1 tangan, di mana jari tengah, jari manis serta ibu jari dimasukkan ke dalam ketiga lubang yang ada di bola. Berdirilah tegak, posisikan bola di depan badan, kira-kira setinggi pinggang, dan gunakan tangan satunya yang bebas untuk menopang berat bola. Melangkah ke depan sambil mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang untuk mengumpulkan momentum, lalu ayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola ke lane menuju 10 pin yang menunggu di ujungnya, dan pastikan Anda tidak melewati garis batas.

1.2.       Rumusan Masalah
1.        Apa Pengertian Olahraga Bowling ?
2.        Bagaimana Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Bowling ?
3.        Apa saja Peralatan yang digunakan pada Permainan Bowling ?
4.        Hal-hal Apa Saja yang ada dalam permainan Bowling ?
5.        Bagaimana Teknik Dasar Bermain Bowling Untuk Pemula ?

1.3.       Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari olahraga bowling.
2.      Untuk mengetahui cara menghitung angka dalam permainan bowling.
3.      Untuk mengetahui peralatan yang digunakan pada permainan bowling.
4.      Untuk mengetahui hal-hal yang ada dalam permainan bowling.
5.      Untuk mengetahui teknik dasar bermain bowling untuk pemula.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1.       Pengertian Olahraga Bowling
Seorang peboling menggelindingkan bola boling
Bowling adalah jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola boling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.
Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tersisa disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang didapat dalam setiap game. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.

2.2.       Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Bowling
Setiap jenis olahraga ada aturan dan cara menghitungnya, hal ini berguna untuk mengtahui pemenang dan yang kalah dalam suatu permainan. Cara perhitungan angka untuk olahraga Bowling adalah:
·           Setiap permainan mempunyai 10 frame
·           Setiap frame mempunyai 2 kotak yang melambangkan dua kali kesempatan lemparan
·           Khusus pada frame ke 10 ada 3 kotak yang artinya bisa mempunyai kesempatan 3 kali lemparan
·           Skor tertinggi dalam setiap permainannya adalah 300 yang disebut perfect game
·           Setiap frame strike akan mendapatkan tambahan angka dari 2 lemparan selanjutnya, sedangkan untuk spare mendapat tambahan angka dari 1 lemparan selanjutnya.



2.3.       Peralatan yang digunakan pada Permainan Bowling
1.        Bowling bola
http://assets.kompas.com/data/photo/2014/09/14/0952105bolaaa1780x390.jpg
Bola bulat yang terbuat dari karet, urethane, plastik, resin reaktif, atau kombinasi dari bahan-bahan ini. Sepuluh-pin bowling bola memiliki tiga mengebor lubang di dalamnya - satu untuk cincin dan jari tengah, dan satu untuk jempol.
2.        Bowling bags
Hasil gambar untuk Bowling bags
Membawa dan melindungi satu atau lebih bola bowling.
3.        Bowling aksesoris
Non-slip pegangan krim, pegangan karung, alat-alat pemeliharaan bola bowling, tangan dan pergelangan tangan pegangan mendukung, handuk, sarung tangan, bola bowling membersihkan peralatan dan perlengkapan.
4.        Bowling sepatu
Hasil gambar untuk sepatu bermain bowling
Sepatu sempit dengan satu-satunya sangat halus





5.        Pakaian Bowling
Hasil gambar untuk pakaian bowling
Bowling permainan biasanya berlangsung di pusat-pusat bowling ber-AC. Pakaian kasual dapat dipakai.  Dibandingkan dengan pemain bowling, operator pusat bowling memiliki peralatan bowling yang berbeda. Mereka keprihatinan yang paling penting di sebuah pusat bowling adalah bowling gang. Arena bowling memiliki berbagai bagian dan peralatan yang memerlukan operasi dan pemeliharaan.
Ini adalah peralatan yang diperlukan dalam bowling gang:
1.        Bowling lane
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6ZpG240FK92td0xOQ_F8N8W9HgxD8SgycG7D0xCNJIMmQw1EL
Pesawat panjang mana bola bowling gulungan terhadap pin. Lama kayu papan yang bergabung bersama untuk membentuk 75-kaki panjang dan 3.5-kaki lebar lane. Pesawat kayu sangat halus. Hal ini membutuhkan pemeliharaan oleh pembersihan dan polishing.




2.        Mesin
http://i01.i.aliimg.com/photo/v1/1836354165/Bowling_Machines_For_Sale_AMF_82_90.jpg
Perangkat yang tempat dan menyusun pin Bowling.
Bowling bola retriever - perangkat yang mengambil bola setelah setiap tembakan, dan kembali, melalui terowongan, untuk pemain di ujung gang.
3.        Area pemain
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTIlIgQOh3sZcEHjMJ9x1Z-xQCmff5GedPa1Kc9lqCUBGSTlMYoDg
Di ujung terowongan adalah mekanisme penyortiran bola. Tangan hair dryer juga dapat dipasang di sorter bola bowling. Monitor komputer dan layar menunjukkan pemain poin permainan. Para pemain akan memiliki kursi dan meja. Rak dengan tambahan bola bowling biasanya akan ditempatkan di samping kursi.

2.4.       Hal-hal yang harus ada dalam permainan Bowling
1.        Dalam 1 line/lintasan bisa dipakai maksimal 5 orang. misalkan cuma berdua, maka di layar display akan menampilkan nama secara bergantian, mainlah saat nama kita tampil .
2.        Sebelum melempar bola, pastikan 10 Pin bowling sudah dalam kondisi terbuka (cover sudah naik). 
3.        1 orang berkesempatan 2 kali melempar bola jika tidak terjadi Strike, dan hanya sekali melempar jika Strike. 
4.        Dalam 1 sesi Game, 1 orang bergiliran 10 kali Strike (atau 20 kali  lempar jika tidak strike).
2.5.       Teknik Dasar Bermain Bowling Untuk Pemula
melempar bola bowling
Olah raga bowling merupakan salah satu olah raga yang memerlukan keakuratan tinggi dalam menjatuhkan semua pin atau istilahnya: strike, sama halnya dengan olahraga memanah ataupun menembak. Berikut ini Hal Mendasar yang Perlu Diketahui bagi Pemula untuk Bermain Bowling:
1.        Memilih bola
Sebelum memulai pernainan sebaiknya anda memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jari anda. Tangan Anda sebaiknya bisa masuk dengan pas ke dalam lubang bola. Tapi, jangan terlalu sempit sehingga nantinya Anda kesulitan untuk mengeluarkannya dengan cepat. Untuk memilih bola yang paling pas untuk Anda, lakukan ini: Masukkan jempol Anda lalu lebarkan jari-jari Anda yang lain di sekeliling bola. Ruas jari Anda harus segaris dengan bagian tengah lubang. Lalu, pilih bola paling berat yang masih bisa Anda ayunkan dengan baik.

2.        Mengincar Strike
Hal yang paling diiinginkan oleh semua pemain bowling adalah menjatuhkan semua pin, maka dari itu mengincar Strike merupakan hal yang yang pertama menjadi acuan.
Jika Anda pengguna tangan kanan, posisikan bola di arah jam 6, sementara tangan kiri Anda di arah jam 8 untuk memberikan sokongan.
Jika anda kidal maka posisikan di arah jam 6 dan jam 4. Ambil ancang-ancang empat langkah di belakang garis, plus setengah langkah untuk nantinya meluncurkan bola. Gunakan tanda panah di lane bowling sebagai panduan.
Untuk mendapatkan sudut lemparan terbaik, arahkan bola di antara baris kedua dan ketiga dari seloka (gutter) itu merupakan tempat terbaik untuk menjatuhkan pin dengan reaksi berantai.

3.        Persiapan akhir
Melangkahlah dengan cepat ke arah garis, tekuk sedikit lutut Anda, dimulai dari tangan dan kaki Anda yang dominan. Ketika maju ke depan, alihkan berat tubuh Anda ke kaki yang lain dan biarkan tangan Anda yang lain jatuh sehingga bola bisa mengayun mulus. Arahkan dengan bahu Anda lalu biarkan lengan Anda relaks dan mengayun kebelakang setinggi bahu Anda.       


4.        Menjatuhkan semua pin
Ketika bola ada di belakang badan Anda, meluncurlah untuk melakukan gerakan finishing. Ayunkan bola ke depan dan, ketika bola melewati pergelangan kaki Anda, putar bolanya sehingga ibu jari Anda menunjuk ke arah jam 10. Untuk mendapatkan efek putaran yang lebih bertenaga, putar tangan Anda dari arah jam 12 ke arah jam 10 tepat ketika bola mengayun melewati pergelangan kaki Anda.







BAB III
PENUTUP

3.1.       Kesimpulan
Bowling adalah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan atau melemparkan bola dengan menggunakan tangan. Bola bowling akan dilemparkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas...
Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tinggal. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tinggal disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang diperolehi dalam setiap permainannya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.       
Sejarah Adanya Olahraga Bowling
Bowling, yang nama resminya adalah 10-pin-bowling, merupakan sebuah olahraga sekaligus permainan yang cukup fun untuk tua maupun muda. Tujuan dari bowling adalah menjatuhkan kesepuluh pin di ujung lane dalam maksimum 2 lemparan bola. Panjang lane adalah 60 kaki (18,28 m) dan lebarnya 3,5 kaki (1,07 m), dengan 2 buah lajur gutter di kanan-kirinya.
Di Amerika permainan bowling memang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Pada awal-awal kemunculan permainan ini juga memiliki pasang surut. Ada masa-masa dimana orang-orang mulai berjudi untuk permainan ini. Untuk beberapa waktu, bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru sekitar tahun 1900-an bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika membentuk sebuah organisasi resmi American Bowling Congress.

3.2.       Saran
Semoga dengan adanya makalah ini pembaca dapat memahami tentang olahraga bowling dengan lebih mendalam.
Posting Komentar