do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 24 Maret 2016

Permainan Olahraga Bowling



                                MAKALAH PENJASKES
                               









 











                                Disusun Oleh:


                   Nama  : Putri Aprilia
                   Kelas  : IX5
                   Judul  : Permainan Olahraga Bowling
                             




                                          KATA PENGANTAR




                 Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul Permainan Olahraga Bowling ini.

           Materi ini sangat mengulas berbagai informasi tentang Permainan Olahraga Bowling. Dengan demikian, informasi ini dapat kalian ketahui cara melakukan permaianan ini.

           Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk lebih mangenal permainan ini.








                                                          Raha,Maret 2016


                                                           Putri Aprilia












DAFTAR ISI



Kata pengantar…………………………………………………….iii
Daftar isi…………………………………………………………...iv

Bab 1 Pengertian permainan Bowling
           a.Latar belakang permainan Bowling
           b.Sejarah permaian Bowling        



Bab 2 Cara melakukan Bowling dan berbagai keselamatan
Bab 3 Alat yang diperlukan saat permainan bowling
             a.Alat yang diperlukan
             b.Area permainan

Kesimpulan                      
          


















BAB 1 PENGERTIAN PERMAINAN BOWLING
 
                    a.Latar Belakang
          pin-bowling.jpg
 Bukti pertama dari permainan ini ditemui oleh ahli antropologi Inggeris Sir Flinders Petrie dan timnya dari arkeolog di Mesir pada 1930-an. Namun, beberapa pihak berpendapat bahawa permainan berkembang lama setelah kejadian itu.
William Pehle, seorang sejarawan Jerman, menyatakan bahawa permainan bowling berasal di Jerman sekitar 300 AD. Di Jerman, permainan mempunyai asal sebagai upacara keagamaan untuk menentukan adanya dosa. Permainan ini, diperkenalkan oleh biarawan Jerman.
Bowling bermula pada awal tahun 1100 di Inggeris. Di seluruh Inggeris, beberapa variasi bowling, seperti setengah-mangkuk, Skittles dan ninepins, ada sejak pertengahan 1300-an. Tulisan pertama menyebutkan, permainan ini diciptakan oleh Raja Edward III pada tahun 1366. Dikatakan bahwa, ia dipercayai menerapkan larangan bermain permainan ini di kalangan pasukannya kerana itu mengganggu pasukan ketika latihan panahan. Selama rejim Raja Henry VIII, permainan ini populer dan dimainkan sebagai simbol kebangsawanan dan status sosial.
Bowling telah popular di Amerika sejak zaman kolonial. Selama abad ke-17, Inggeris, Belanda dan Jerman yang diimpor untuk mengembangkan olahraga bowling di Amerika. Pada saat itu, permainan terdiri daripada sembilan pin yang dimainkan secara rutin di daerah New York City masih dikenali sebagai "Bowling Green".
Kongres Amerika membentuk lembaga yang mewadahi olahraga bowling pada 9 September 1895 dengan standardisasi bowling di Amerika dan mengatur kompetisi rasmi. Bowling Perempuan Kumpulan terbentuk pada tahun 1917, di bawah naungan dennis.
Selama bertahun-tahun, Permainan telah berubah. Pelbagai taktik telah dikembangkan. Penemuan automatik pinspotter pada tahun 1940-an yaitu revolusi kedua permainan bowling menjadi industri. Saat ini, olahraga bowling dinikmati oleh 95 juta orang di lebih daripada sembilan puluh negara di dunia
Para arkeolog menemukan hal menarik dari sejarah bowling, yaitu ditemukannya sejenis bola, pin dan peralatan lain untuk bermain bowling di pemakaman anak-anak Mesir yang berumur 5200 sebelum Masehi. Berdasarkan fakta tersebut, membuktikan bahwa orang-orang Mesir sudah mengenal olahraga bowling ini lebih dahulu.
  b.Sejarah permainan Bowling
Terdapat banyak bentuk bowling, dengan salah satu daripadanya yang paling terkini [sepuluh pin bowling]], juga dikenali sebagai norma. Bentuk yang paling primitif yang terawal daripada bowling boleh bertarikh balik kepada [[Mesir Purba] dengan Tenpin: Sejarah dan Asal-usul Bowling. Sesungguhnya 2,000 tahun yang lalu permainan yang sama berkembang antara legionaries Roman: ia melibatkan melambung objek batu sehampir mungkin dengan objek batu yang lain (permainan ini menjadi popular dengan Askar Rom, dan akhirnya berkembang ke Itali Bocce, boling atau luar) Bowling di Rom purba]
Kaedah-kaedah yang seragam yang pertama telah ditubuhkan di New York City, pada September 9, 1895. Hari ini, boling adalah dinikmati oleh 95 juta orang di lebih daripada sembilan puluh buah negara di seluruh dunia dan terus berkembang melalui media hiburan seperti permainan video untuk konsol rumah dan peranti pegang tangan.

  Bab 2 Cara melakukan permainan Bowling dan Berbagai keselamatan
           
                 a.Cara melakukan bowling
Bottom of Form


1.Bayangkan garis pada jalur (lane) bowling Anda.
460px-Bowl-Step-6-Version-2.jpg
 Jalur dapat bervariasi, tergantung tempat Anda bermain bowling. Namun, mari berfokus pada kondisi tempat bowling biasa: kebanyakan minyak berada di sisi tengah, dan 8-10 papan lainnya di sisi luar relatif kering. Papan ini dapat menjadi teman Anda dan juga dapat menjadi musuh Anda. Tergantung pada banyaknya minyak dan bagaimana bola bowling Anda bereaksi di kondisi jalur yang berbeda, Anda perlu meletakkan kaki Anda sedikit ke bagian kiri dari jalur. Setelah Anda terbiasa dengan cara memegang bola bowling, Anda dapat mengatur posisi Anda seperlunya.
  • Mulailah dengan kaki Anda di titik tengah ketika berjalan adalah cara yang baik untuk menguji seberapa banyak jalur terhubung. Penting untuk mempertahankan kaki Anda dalam jarak dekat untuk menjaga kelurusan.
2.Berdirilah dengan tumit Anda beberapa sentimeter dari garis batas pelanggaran. Ambil beberapa langkah mundur dari jalur untuk menentukan posisi awal Anda. Jika Anda membutuhkan empat langkah maju, maka mundurlah empat langkah, dll. Anda lalu ingin mengarahkan bola Anda pada salah satu tanda panah pada jalur. Cara termudah untuk mengarahkan bola adalah dengan menggunakan tanda panah atau titik-titak yang terdapat sebelum pada tanda panah di jalur.
  • Untuk panduan ini, Anda harus mulai mengarahkan di sekitar tanda panah ke dua di sebelah kanan, membiarkan bola untuk melewati tanda panah ini, menyingkir hanya beberapa papan dari got, lalu kait di tempat yang kering dari jalur (sekitar 11 hingga 12 meter) mengarah ke kantung 1-3.
    • Untuk orang kidal, ini berarti tanda panah kedua dari kiri, dan bola akan mengenai kantung 1-2
3Ayunkan tangan.
460px-Bowl-Step-12-Version-2.jpg
 Jalan 4 langkah lebih disarankan, meskipun Anda dapat mengambil hanya 1 langkah atau pun 8 langkah (meskipun jalan di atas 4 langkah hanya pada dasarnya langkah pengaturan waktu dan bola Anda tidak bergerak). Untuk jalan 4 langkah:
  • Dorong bola pada langkah pertama Anda, melangkah dengan kaki kanan Anda terlebih dahulu untuk pemain bowling dengan tangan kanan
  • Arahkan bola sejajar dengan pergelangan kaki Anda pada langkah ke dua, dan tekuk lutut Anda.
  • Puncak dari ayunan belakang Anda adalah pada langkah ketiga.
  • Bawa bola kembali ke depan dan lepas pada akhir ayunan Anda.
    • Dengan lima langkah, seluruh gerakan pada dasarnya sama, hanya saja Anda memulai dengan kaki kiri Anda, dan bola tidak bergerak pada langkah pertama.
4.Lengan Anda harus selalu lurus selama Anda mengayun. Lengan menekuk ke dalam di belakang Anda atau berada jauh dari tubuh Anda akan menyebabkan sudut yang buruk ketika Anda melepas bola. Lebih mudah untuk meluruskan lengan Anda jika Anda mengatur dorongan Anda.
  • Terdapat banyak gaya dalam melempar bola, seperti menekuk pergelangan tangan Anda (seperti Walter Ray Williams Jr. atau Wes Malott) atau membuka bahu Anda (seperti Tommy Jones atau Chris Barnes) ketika Anda mengangkat lengan Anda untuk ayunan belakang. Namun, tetap melakukan cara yang dasar adalah hal yang baik jika Anda baru mulai belajar.
  • Ingat, Anda ingin bola Anda untuk mengait ketika mencapai area kering di belakang jalur, tetapi sebelum bola Anda sampai di sana, bola Anda bergulir dengan lurus, paling tidak hanya bervariasi beberapa papan. Semua orang memiliki gaya yang berbeda, dan Anda dapat mengubah ini selama Anda merasa nyaman.
5.Atur waktu Anda melepas bola. Ketika Anda mulai menurunkan bola dari ayunan belakang Anda, pastikan telapak tangan Anda berada tepat di bawah bola, menghadap ke depan. Sekarang, ketika bola mulai mendekati pergelangan kaki Anda, Anda perlu memutar bola agar ketika Anda melepas tangan Anda, tangan Anda berada di “sisi” bola dan ‘“sedikit dibawahnya’”, seperti Anda ingin melempar bola rugby dari bawah tangan Anda. Lalu, lakukan ayunan lanjutan seolah Anda ingin bersalaman dengan pin bowling.
  • Cara yang baik untuk melatih teknik ini adalah dengan melempar bola rugby dari bawah tangan Anda; fisik yang sama juga termasuk. Anda juga dapat berlatih dengan bola tenis. Jika Anda melakukannya dengan benar, bola Anda bergulir lurus dan membelok secara drastis.
6.Ayunan lanjutan.
460px-Bowl-Step-14-Version-2.jpg
Mengayunkan lanjut lengan Anda setelah Anda melepas bola merupakan hal yang sama pentingnya dengan ketika Anda melepas bola itu sendiri. Setelah melepas bola, penting untuk melakukan ayunan lanjutan mengarah ke lane, bukan ke atas. Jari Anda akan mengangkat bola ke atas tanpa Anda harus mengangkat bola ke atas.
  • Cara mudah untuk mengingat ini adalah dengan iklan lama ESPN: “Gulirkan bola, lalu jawab telepon.” Meskipun, semoga Anda memiliki postur yang lebih baik dari orang yang berada dalam iklan ini. Dan ingat, tangan Anda harus benar-benar mengalir: jangan melakukan salaman, berhenti sejenak, dan melakukan ayunan lanjutan – ini semua harus dilakukan dalam satu gerakan yang halus. Ayunan lanjutan merupakan hal yang penting untuk mempertahankan konsistensi dari kecepatan dan akurasi bola.



8.Lakukan pengaturan yang penting. Ketika Anda sudah nyaman dengan melepas bola dan dapat mengeksekusinya dengan baik secara konsisten, Anda dapat belajar untuk mengatur gerakan kaki Anda bersamaan ketika Anda melepas bola. Di pola arena bowling, Anda perlu bergerak sedikit ke arah Anda meleset.
  • Untuk pengguna tangan kanan, jika bola Anda mengarah ke kiri dari pin paling depan, maka coba gerakkan kaki Anda beberapa meter dari papan ke kiri dan tetap arahkan ke jalur, sama seperti sebelumnya.
  • Jika bola Anda mengarah ke kanan dari pin nomor 3, coba gerakkan kaki Anda beberapa meter dari papan ke kanan dan tetap arahkan ke target yang sama. Penting bahwa Anda mengarah pada jalur ketika Anda menggerakkan kaki Anda, Jika tidak, lemparan Anda mungkin akan sangat melebar.
  • Ketika Anda sudah mulai bisa dan mulai bermain di kondisi jalur yang lebih menantang, pergerakan ke kiri dan ke kanan menjadi lebih rumit dan terkadang Anda butuh mengatur tangan Anda dan kecepatan Anda.

                                           b.Keselamatan Bowling

Seperti apa-apa aktiviti fizikal yang lain, pemanasan membantu untuk mengelakkan kecederaan. Bola bowling yang berat dengan julat berat badan yang berbeza-beza, untuk mengelakkan pergelangan tangan tercedera, mereka harus diambil dengan kedua-dua belah tangan. Apabila memilih bola, pastikan lubang-lubang jari tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Anda juga perlu bola yang tidak terlalu ringan, tetapi cukup berat anda masih boleh dibuang dengan mudah. Jika bola itu terlalu ringan, anda mungkin akan mengalami kecelakaan yang buruk. Ia juga disyorkan untuk membengkokan lutut ssambil memgayun bola bowling untuk mengelakkan [Kembali kecederaan | kecederaan belakang]]. Mekanisme pulangan bola bowling mempunyai roda yang didorong oleh, dan pemain perlu pastikan tangan mereka yang jelas. Pemain juga perlu memanaskan jari mereka sebelum memasukkan mereka ke dalam bola bowling, untuk memastikan bahawa jari mereka tidak terjebak dalam bola

                                         c.Pemarkahan

Bowling yang paling biasa adalah bowling. Dalam bowling, perlawanan terdiri daripada setiap pemain bowling "permainan." Setiap permainan dibahagikan kepada sepuluh "bingkai." Kerangka membolehkan bowler satu dua peluang untuk menghabiskan semua sepuluh pin. Bilangan pin yang jatuh direkodkan, dan pemain dengan skor tertinggi dalam permainan beliau memenangi perlawanan. Markah boleh lebih besar daripada jumlah sebenar pin mengetuk jika mogok atau alat ganti bowled. "Mogok" menjaringkan apabila pemain mengetuk turun semua pin pada daftar pertama dalam bingkai.






        
         Bab 3 Alat yang diperlukan saat permainan Bowling

a.       Alat yang digunakan
      -Bola bowling
informasi-lengkap-mengenai-permainan-olahraga-bowling-iii.jpg
  Berat dari 8 pound hingga ke 16 pound.Terdapat tiga lubang untuk meletakkan 3 jari, jari yang digunakan ialah ibu jari,jari tengah dan jari manis
                   -Pin
                    images-1.jpg
          Terdiri dari 10 yang berbentuk  segitiga botol. Diatur supaya     berbentuk segitiga dengan pin number 1 terletak di hujung bawahdan pin nombor terletak dibagian atas sebelah kanan.
                   b.Area atauLorong (Lane)
                  460px-Bowl-Step-1-Version-3.jpg
   Panjang 60 kaki dengan bentuk anak panah terdapat di atas   lorong tersebut bagi memudahkan pemain untuk menentukan arah baling mereka.
-Kasut dan stoking
   Stokin apa pun boleh, terdapat kasut khas untuk pemain bowling bagi memudahkan pembalingan dan memelihara kawasan balingan dan lorong bowling. Kasut khas ini juga perlu dipakai setiap pemain.

-Kesimpulan:
Permainan bowling ini permainan yang sangat menguntungkan bagi setiap orang karena permainan yang dimainkan dengan  menggelinding atau melempar bola dengan tangan. Permainan ini juga tidak mengenal batasan umur,jadi tidak heran kalau bowling salah satu olahraga yang digemari hamper setiap Negara di dunia ini.




























KATA PENGANTAR

                    Puji syukur kita panjat ke hadirat Allah Swt.yang mana berkat dan limpahan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan penulisan makala ini.Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad Saw,kepada keluarga,para sahabat dan seluruh umatnya.
      Dengan penulisan makala ini,apabila tidak lengkap atau kurang mohon kritik dan sarannya yang membangun




                                                            Raha,Maret




                                                          WD.HARTIKA




















                                   
 DAFTAR ISI :

BAB I. PENDAHULUAN
  A.Latar Belakang…………………………….(1)
BAB II PEMBAHASAN
  A.SEJARAH………… ………………………..(2)
      1. Awal kompetensi……………
      2. Kepopuleran…………………
      3. FI Modern……………………
  B.STRATEGI……………………………..
  C.PEMBALAP Dan KONSTRUKTOR…….
  D.GRAND PRIX………………………………
  E.SURKUIT……………………………………
  F.MASA DEPAN FORMULA SATU…………….
      1. Perubahan lokasi……………..
      2. Perubahan peraturan…………….
      3. Tim-tim kecil……………………
BAB III PENUTUP




 










                                                   



BAB I
PENDAHULUAN



  A.LATAR BELAKANG
Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap The FIA Formula                One World Championship[2]), adalah kelas balapan mobil formula tempatduduk tunggal yang tertinggi.[3][4] Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalamsirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satulagi untuk konstruktor. Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar18.000 rpm (per 2005).

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, RRC, Malaysia dan Turki. Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya.

Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.














BAB II
PEMBAHASAN
   

               A.Sejarah
    Seri Formula satu balap mobil berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an. Sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II.   
Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950. Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958.
Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.

Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif di antara balapan mobil formula lain.
                              
 1.Awal kompetisi

                                     https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c4/Alfetta_159.jpg/200px-Alfetta_159.jpg

Juan Manuel Fangio mengendarai mobil Alfa-Romeo 159 ini untuk menjuarai seri tahun 1951.Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia Giuseppe Farina dengan mobilnya Alfa Romeo tahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap Argentina Juan Manuel Fangio. Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya.

Fangio kemudian menjadi legenda yang
mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu.
Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn, yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958. KemudianColin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang mobil dankemudian
menjadi pendiri Lotus, British racing green datang untukmendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya. Jim Clark,Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny Hulme adalahsederetan nama pembalap dari tim Inggris dan negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka tubular tradisional.

Penemuan ini kemudian menjadi langkah kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines. Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat "Imperial Tobacco" di mobilnya.Aerodinamika gaya tekan ke bawah (downforce) secara perlahan memainkan peranan penting dalam

perancangan mobil, dimulai dengan munculnya aerofoil tahun 1960-an. Akhir tahun 1970, Lotus memperkenalkan aerodinamika efek tanah (ground effect) yang menghasilkan gaya tekan yang bagus sehingga meningkatkan kecepatan di tikungan (konsep ini pernah diujicoba sebelumnya oleh Jim Hall dengan tim IndyCar-nya pada tahun 1960-an.Federation Internationale du Sport Automobile kemudian didirikan pada 1979.

2.Kepopuleran
Tahun 1981 dikenal sebagai awal dari adanya Concorde Agreement, sebuah kontrak yang mengikat tim-tim untuk berkompetisi sampai masa berakhirnya kontrak. Kontrak itu juga berisi tentang pembagian sama rata atas keuntungan yang didapat dari hasil penjualan hak televisi. Merupakan tanda berakhirnya Perang FISA-FOCA. Concorde Agreement yang kedua ditandatangani pada 1992 dan yang ketiga pada 1997 di mana akan berakhir pada akhir 2007.
Tim F1 Renault memperkenalkan mesin turbocharged pada tahun 1977 yang dapat menghasilkan lebih dari 700 bhp. Pada tahun-tahun berikutnya, khususnya 1987, mobil-mobil Formula Satu dapat menghasilkan lebih dari 1.000 bhp. FIA kemudian memberlakukan aturan kapasitas tanki bahan bakar pada 1984 dan kemudian melarang mesin turbocharged tahun 1989 untuk membatasi kecepatan mobil yang semakin meningkat.
Awal 1990 ditandai dengan diperkenalkannya alat bantu elektronik seperti power steering, traction control dan gearbox semi otomatis. FIA, dikarenakan banyaknya komplain mengenai hasil balapan yang lebih ditentukan oleh teknologi dibandingkan keahlian pembalap, melarang beberapa alat bantu tersebut pada 1994. Walaupun demikian banyak pengamat berpendapat bahwa larangan atas alat bantu pembalap tersebut tidak berarti sama sekali karena FIA tidak mempunyai teknologi atau metode untuk menghilangkan fitur-fitur tersebut dari kompetisi.
Tim McLaren dan Williams mendominasi balapan 1980-an dan 1990-an. Honda dan McLaren mendominasi banyak pada 1980-an, sementara tim Williams yang diperkuat mesin Renault memenangi beberapa gelar juara dunia pertengahan 1990-an. McLaren kemudian kembali pada akhir 1990-

an. Pertarungan antara legenda Senna dan Prost menjadi pusat perhatian pada musim 1988 dan berlanjut sampai akhir 1993 di mana Prost menyatakan untuk pensiun. Ayrton Senna secara tragis tewas pada tabrakan di Grand Prix F1 San Marino 1994. Sejak itu banyak langkah diambil FIA untuk meningkatkan standar keamanan. Tidak ada pembalap yang tewas di balapan sejak saat itu.
Pembalap dari McLaren, Williams, Renault (dulunya bernama Benetton) dan Ferarri merupakan empat tim teratas yang memenangi gelar juara dunia dari 1984 sampai saat ini. Karena kemajuan teknologi sejak 1990-an, biaya kompetisi Formula Satu juga meningkat. Kedua hal ini mengakibatkan tim-tim lainnya mengalami kesulitan tidak hanya untuk bertahan dalam kompetisi namun untuk bertahan dalam bisnis. Masalah keuangan mengakibatkan beberapa tim untuk mundur. Sejak 1990, 28 tim telah mundur dari kompetisi Formula Satu. Salah satunya yang terjadi akhir-akhir ini adalah mundurnya tim Jordan.
3.F1 Modern
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fa/F1_yellow_flag_and_SC_sign.jpg/200px-F1_yellow_flag_and_SC_sign.jpg

Keselamatan adalah satu hal penting di era F1 modern.
Banyak rekor telah dipecahkan pada kompetisi pada abad ke-21, khususnya di tangan Michael Schumacher, Fernando Alonso, Lewis Hamilton, dan Sebastian Vettel. Awal tahun 2000 merupakan tahun dominasi Michael Schumacher dan tim Ferarri. Pada tahun 2001, Schumacher memecahkan rekor untuk kemenangan terbanyak; rekor sebelumnya dipegang oleh Alain Prost, dengan 51 kemenangan. Pada tahun 2002, Schumacher mencatat rekor klaim juara paling awal dengan menjuarai Grand Prix F1 Perancis 2002 pada bulan Juli tahun itu. Tahun 2003, Schumacher mengklaim gelar juara dunianya yang ke-6,
mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Juan Manuel Fangio yang memegang gelar juara dunia lima kali. Rekornya sekarang adalah 7 gelar juara dunia. Tahun 2008 Sebastian Vettel menjadi pembalap termuda yang menempati posisi pertama (pole position) saat memimpin babak kualifikasi pada Grand Prix F1 Italia 2008, dan pada besoknya ia menjadi juara balapan termuda dalam sejarah.
    Walaupun dominasi Ferrari yang kuat, Kimi Räikkönen yang mengendarai McLaren mempunyai kesempatan besar untuk memenangi    gelar juara dunia pada seri 2003. Juan Pablo Montoya yang mengendarai   Williams juga memiliki kesempatan besar tahun 2003. Dominasi kuat   Ferrari mencapai titik baliknya pada 25 September 2005, ketika Fernando Alonso memenangkan gelar juara dunia seri 2005 dengan finish pada tempat ke-3 di Grand Prix F1 Brasil 2005 dan juga memecahkan rekor juara dunia termuda menggantikan pemegang rekor sebelumnya Emerson Fittipaldi dari Brasil. Michael Schumacher sebelumnya memegang gelar   juara dunia selama lebih dari 1.800 hari. Rekor ini kemudian dipecahkan Lewis Hamilton di musim 2008 dan dipecahkan lagi olehSebastian Vetteldi musim 2010.
Format kualifikasi berganti beberapa kali pada kompetisi tahun 2003. Salah satunya adalah keharusan bagi pembalap untuk memulai balapan dengan jumlah bahan bakar yang sama setelah kualifikasi, yang memaksa tim untuk mencari strategi baru. Peraturan lainnya yaitu pembatasan pemakaian mesin yang sama untuk dua kali balapan. Pembalap yang mengganti mesinnya akan mendapatkan penalti memulai balapan dari posisi paling belakang. Pembalap juga tidak diperkenankan untuk mengganti ban selama balapan berlangsung, kecuali untuk mengganti ban yang rusak sehingga dapat berisiko pada keselamatan pembalap.
Beberapa seri balapan pada abad ke-21 juga mempunyai beberapa kontroversial dan skandal. Pada seri Australia tahun 2002, Rubens Barrichello, rekan setim Schumacher di Ferrari yang sedang memimpin diperintahkan untuk membiarkan Schumacher untuk mengambil alih pimpinan lomba. FIA kemudian merespon dengan melarang team order di peraturan yang baru. Pada Grand Prix F1 Amerika Serikat 2005 di sirkuit Indianapolis, kompetisi hanya diikuti tiga tim dari keseluruhan 10 tim ketika pabrikan ban Michelin menginformasikan bahwa ban buatannya tidak

Posting Komentar