do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 08 Maret 2016

CARA INSTAL HP ANDROID TERBARU



CARA INSTAL HP ANDROID TERBARU

Melakukan Factory Reset atau reset ulang pada android bertujuan untuk mengembalikan software pada hp atau tablet android kekondisi awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Factory reset biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah kerusakan software yang terjadi pada android.
Factory reset atau reset ulang pada android akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal handphone/tablet android akan terhapus.Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mereset ulang android, baik itu dengan melalui menu Backup & Reset, menekan kode rahasia,atau melalui Recovery Mode pada Android.
Karena banyaknya metode yang bisa dilakukan untuk reset ulang hp android jadi akan saya jelaskan satu persatu agar anda memahaminya dengan jelas. Berikut ini adalah cara factory reset hp android yang bisa kamu coba sendiri :
Melalui Menu Setting/Pengaturan di Android
Cara ini bisa dicoba jika kamu masih bisa mengakses menu Setting atau Pengaturan pada android, sebelum melakukan reset sebaiknya backup terlebih dahulu data yang dianggap penting seperti foto-foto, video, dokumen dan file-file penting lainnya ke External Memori.
Untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Scroll kebawah kemudian cari menu Backup & Reset
  • Kemudian tap Factory data reset
  • Centang yang dianggap benar,kemudian tap reset device.
  • Tunggu proses resetnya hingga selesai sekitar 3-10 menit tergantung banyaknya data yang ada pada hp atau tablet.
  • Setelah selesai maka android akan restart sendiri, jika tidak silahkan lakukan secara manual.
Cara kedua yang bisa ditempuh adalah menggunakan tombol rahasia yaitu *2767*3855# . Dengan catatan anda masih bisa mengakses keyboard.
Factory Reset dengan Recovery Mode
Langkah terakhir ini adalah cara yang paling ampuh untuk mereset ulang android, cara ini biasanya dilakukan jika kita tidak bisa mengakses hp/tablet seperti Bootloop.
Berikut ini cara masuk ke Recovery Mode untuk melalukan Wipe Data/Factory Reset pada Android :
  1. Pertama-tama pastikan baterai anda cukup, minimal 70% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Lalu matikan handphone atau tablet android anda.
  3. Tekan dan Tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan beberapa detik.
  4. Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
  5. Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
  6. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.
Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya bisa dilakukan saat kondisi hp mati (off)
Untuk masuk ke Recovery Mode di setiap handphone kadang berbeda-beda tergantung merk/tipe hp yang digunakan,berikut ini adalah cara masuk recovery mode di semua merk handphone android.
Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk Hp
ACER
Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar
ADVAN
Advan T1c:
Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.
CROSS
Cross A1 Tabmate:
Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode)
Cross AD350:
Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME
Cross A6T TabMate:
Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power
CSL
Blueberry CSL Mi 410:
Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME
Blueberry CSL Mi 320:
Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan
HUAWEI
Huawei X3 dan X5:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Huawei S7:
Tekan tombol MENU + Call + Power
Ideos C8150 (AHA Touch):
Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power
IMO
IMO Tab Z5:
Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).
IVIO
IVIO DE88:
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.
LG
LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.
Cara Hard Reset LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power, setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.
SAMSUNG
Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.
Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power.
Samsung Galaxy Y (Young) GSM:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.
Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
Samsung Galaxy W (Wonder):Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).
Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200): Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.
Samsung Galaxy Note N7000: Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.
Samsung Galaxy Mini II S6500: Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.
Samsung Galaxy Chat GT-B5330: Tekan tombol Volume Down + Home + Power.
Samsung Galaxy Ace Plus: Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.
SMARTFREN Andromax:
Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.
Tabulet Sparta:
Dalam keadaan perangkat terhubung dengan charger, tekan tombol Power + Volume Up + Vol Down.
TOM i20:
Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan


Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru
Smeaker.com – Buat Anda para pengguna smartphone Android pasti pernah mengalami kendala saat mengoperasikan, semisal hp Android eror atau tidak dapat bekerja. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu pekerjaan Anda, karena seperti diketahaui bersama handphone merupakan alat komunikasi yang sangat penting untuk kehidpan sehari-hari. Jika Anda mengalami kendala pada smartphone Android dan ingin me-reset ulang berikut adalah Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru.
Cara mengembalikan semua aplikasi HP Android seperti baru ini disebut dengan Recovery Mode. Recovery Mode Android merupakan menu pada Android yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan software Android. Ada beberapa tipe smartphone Android, upgrade software dapat dilakukan langsung melalui recovery mode, namun tidak semua smartphone maupun tablet Android memiliki recobery mode. Untuk hal ini, beberapa tipe handphone Android dapat diatasi dengan meng-install recovery mode buatan pihak ketiga seperti ClockwordMod recovery atau xRecovery.
Untuk reset ulang hp Android biasaya dilekukan melalui menu Setting – Privacy – Factory Data Reset, itu adalah cara umum untuk me-reset ulang HP Android. Bila kondisi smartphone tidak memungkinkan untuk start ataupun masuk ke menu, maka factory reset harus melalui recovery mode. Cara Reset Ulang HP Android dengan Recovery Mode ini akan sangat membantu jika smartphone mengalami hal-hal berikut :
  • HP Android tidak dapat start maupun hanya berhenti di logo hal ini biasa disebut dnegan “boot loop android”. Hal tersebut pun juga bisa disebabkan oleh beberapa hal semisal karena aplikasi yang eror ataupun meng-install aplikasi yang tidak ompatibel dengan tipe HP digunakan.
  • Lupa PIN atau Pasword atau bahkan terlalu banyak mencoba pola pengunci handphone sehingga tidak dapat masuk ke menu.
  • Smartphone Android bermasalah misalnya smartphone bisa menyala namun tidak dapat merespon input dari pengguna seperti layar Adroid yang tidak mau dioperasikan.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lain yang memungkinkan kita tidak dapat me-reset ulang handphone Android melalui menu factory reset.
Langkah – Langkah Reset Ulang HP Android
Masuk ke Recovery Mode
Cara untuk masuk ke Recovery Mode Android yakni dengan mematikan gadget terlebih dahulu yakni dengan menekan dan tahan tombol Android secara bersamaan. Misalnya untuk smartphone Andrid Samsung Galaxy Young S5360 dengan cara tekan tombol volume up + home + power secara bersamaan, dan langsung akan masuk ke menu Recovery Mode. Mengenai cara masuk ke Recovery Mode setiap smartphone memiliki tombol yang harus ditekan berbeda-beda.
Dalam Recovery Mode hanya akan terdapat tampilan tulisan saja, selain itu dalam Recovery Mode layar sentuh smartphone pada umumnya tidak akan berfungsi. Untuk mengatur atau menavigasi layar hanya perlu menggunakan tombol volume namun hal ini juga terantung kepada tipe handphone yang digunakan. Contoh tampilan Recoveri Mode bisa lihat gambar di bawah ini.
Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Langkah selanjutnya setelah berhasil masuk ke Recovery Mode yakni melakukan Wipe Data / Factory Reset, dan restart handphone Android. Contoh cara melakukan factory reset pada HP Android amsung Galaxy Young:
  • Yang perlu diperhatikan pertama sebelum melakukan factory Reset yakni kapasitas baterai harus cukup banyak minimal 70 %.
  • Langkah kedua dengan mematikan hanphone android
  • Tekan tombol Volume Up + tombol home + tombel Power bersamaan selama beberapa detik dan Anda akan masuk ke Recovery Mode Android
  • Pada tampilan Recovery Mode pilih tulisa Factory Reset / Wipe Data, dengan cara menggunakan tombol volume untuk mengarahkan kursor
  • Lalu tekan tombol home untuk memulai proses setalh proses selesai kemudian Reboot handphone
Yang perlu diingat untuk masuk ke Recovery Mode adalah handphone Android harus dalam keadaan mati. Mengenai kasus Bootloop, jika setelah dilakukan factory reset namun tidak menyelesaikan masalah atau perangkat Android tetap tidak dapat masuk ke menu, untuk engatasi masalah ini pada umumnya yakni dengan melakukan flash firmware atau meng-install ulang sistem operasi handphone. Namun setiap tipe handphone juga memiliki cara berbeda untuk melakuka flash firmware.
Seperti sudah sempat saya bahas diawal bahwa cara untuk masuk ke Recovery Mode setiap tipe handphone Android memiliki cara yang berbeda-beda. Berikut adalah cara masuk ke Recovery Mode beberapa Handphone Android, lihat selengkapnya dibawah ini :
  • Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Ace, Galaxy Gio Galaxy Fit (Tekan tombol Home yang berada ditengah + Power, dan tunggu sampai muncul logo samsung)
  • Samsung Galaxy Pro (Tekan tombol T + Tombol Power)
  • Samsung Galaxy 551 (Tekan tombol huruf T + tombl Power. Untuk menavigasi atas bawah pakai tombol panah dan untuk melakukan pilihan pakai tombol shift)
  • Samsung Galaxy Young GSM (Tekan tombol Volume Up + tombol Home + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik
  • Samsung Galaxy Young CDMA ( Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan Volume Up sampai masuk ke Recovery Mode)
  • Samsung Galaxy Wonder (Tekan tombol Volume Up + tombol Home + tombol Power secara bersamaan > tunggu samapi keluar logo Samsung > tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME))
  • Samsung Galay Tab 7(P1000) / Tab 7 Plus (P6200): (Matikan Tablet > Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala)
  • Samsung Galaxy Note N7000 (Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut). Jika Anda pengguna Galaxy Note dengan OS Ice Cream Sandwich android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini memiliki bug yang dapat merusak HP menurut beberapa pengguna.
  • Samsung Galaxy Mini II S6500 (Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan)
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330 (Tekan tombol Volume Down + Home + Power)
  • Samsung Galaxy Ace Plus (Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tersebut ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jangan ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol)
  • LG L3 E400 (Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG kemudian lepas tombol power)
  • Advan T1c (Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU)
  • Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal (Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk di layar)
  • Cross A1 Tabmate (Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode))
  • Cross A6T TabMate (Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power)
  • Cross AD350 (Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME)
  • Blueberry CSL Mi 410 (Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > lalu tekan tombol HOME)
  • Blueberry CSL Mi 320 (Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan)
  • Smartfren Andromax (Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down, jika sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4)
  • IMO Tab Z5 (Tekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan))
  • IVIO DE88 (Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera)
  • Huawei X3 dan X5 (Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power)
  • Huawei S7 (Tekan tombol MENU + Call + Power)














1. Langkah Cara Pertama (backup)
Cara backup data bertujuan untuk menyimpan semua data, hal ini untuk mencegah hal yang tidak di inginkan seperti kesalahan melakukan cara install OS Android atau pun lainya. Untuk melakukan backup data anda harus menggunakan beberapa aplikasi misalnya Potatoshare recovery, ClockworkMod dan MIUI recovery. Setelah hal tersebut, anda harus merubah format menjadi ZIP, kemudian simpan pda slot microSD supaya lebih mudah.
2. Langkah Cara Kedua (root smartphone android anda)
Bagi anda yang smartphone android nya belum ter-root, silahkan di root terlebih dahulu agar proses ini berjalan dengan lancar. Sedangkan jika smartphone android anda telah ter-root, anda tidak perlu melakukan langkah kedua ini.
Cara Root Android Sangat Mudah :
  • Pertama-tama unduh Kingo Android Root di PC (download disini) lalu install dan buka aplikasi root ini
  • Setelah itu, silahkan anda aktifkan USB debugging lalu cari serta klik menu Setting >>> About Phone >>> Developer Options. Kemudan pilih ”USB debugging” silahkan anda ceklis
  • Kemudian hubungkan smartphone android anda ke perangkat komputer atau PC dengan memakai USB, lalu gunakan Kingo Android Root
  • Selanjutnya klik Root yang terdapat pada Kingo Android Root, silahkan anda tunggu hingga proses root selesai
3. Langkah Cara Ketiga (flash atau install ulang OS Android)
  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu kostum ROM, kostum ROM tidak semuanya sama. Kalian dapat mencari di Google untuk hasil yang sangat baik, Kostum ROM yang digunakan sebaiknya kompatibel dengan device yang kalian punya
  2. Apabila anda telah menemukan kostum ROM, silahkan anda dapat unduh dalam bentuk format ZIP pada perangkat PC atau komputer. Silahkan pastikan terlebih dahulu format ZIP tersebut, pasalnya flash ROM bakal melalui langkah yang sangat bayak dan sulit apabila tidak menggunakan format ZIP
  3. Kemudian hubungkan smartphone Android anda pada perangkat PC dengan menggunakan USB atau kabel data
  4. Setelah itu, silahkan pindahkan ROM yang lama pada perangkat komputer atau PC kalian (silahkan anda pastikan terlebih dahulu, bahwa semua data telah bener-bener di bakcup), lalu trasfer ROM yang baru pada smartphone Android kalian
  5. Selanjutnya, silahkan anda unduh aplikasi Quick Boot (disini) lalu install
  6. Jika telah di install, silahkan aktifkan aplikasi Quick Boot tersebut. Jika sudah, maka kalian bakal melihat Tampilan Opsi kemudian tekan tombol ”Recovery”. Nah dengan melakukan cara ini, maka smartphone android anda bakal masuk pada Mode Recovery, dengan begitu proses flash atau install android sudah dapat di mulai
  7. Kemudian akan muncul tampilan Recovery, lalu pilih menu ”Choose Zip from sdcard”
  8. Setelah itu, anda bakal diminta untuk memiliki data atau file yang bakal dimasukan pada perangkat android kalian. Jika sudah, maka kalian bakal diminta untuk melanjutkan program atau tidak. Apabila lanjut, silahkan anda klik ”Yes”
  9. Maka sistem bakal memindahkan file atau data kedalam format ZIP pada ROM, kemudian anda klik ”Reboot Ststem Now” maka sistem bakal kembali seperti awal atau semula








Poskan Komentar