BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Komunikasi merupakan seni penyampaiaan informasi (pesan, ide, sikap, atau
gagasan) dari komunikator atau penyampaian berita, untuk mengubah serta
membentuk perilaku komunikasi atau penerima berita (pola, sikap, pandangan, dan
pemahamannya), kepola dan pemahaman yang dikehendaki bersama.
Menurut
Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau
proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam
komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan
penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan.
Komunikasi harus dilakukan secara efektif agar komunikasi itu dapat mudah
di mengerti oleh komunikan, komunikasi yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang
yang berkomunikasi memahami tentang pengertian dari komunikasi efektif, proses
komunikasi efektif dan unsur-unsur komunikasi efektif.
B. Rumusan masalah
a.
Apa pengertian dari komunikasi
efektif?
b.
Bagaimana proses dari komunikasi
efektif?
c.
Apa saja unsur-unsur yang ada dalam
komunikasi efektif?
C. Tujuan
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang pengertian dari komunkasi efektif
b. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang proses dari komunikasi efektif
c. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang unsur-unsur komunikasi efektif
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Komunikasi efektif
Komunikasi
efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap ( attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi
efektif memungkinkan seseorang dapat saling bertukar informasi, ide,
kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya
sesuai dengan harapan .
B. Proses komunikasi efektif
Suksesnya
proses komunikasi sehingga dapat menghasilkan komunikasi yang efektif tentu saja
dipengaruhi oleh banyak factor baik itu factor komunikator maupun dari
komunikan. Faktor dipengaruhi antara lain :
a.
Pesan yang dirancang dan disampaikan
sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan. Untuk meracang
suatu pesan yang dapat menarik perhatian ini sebaiknya sebagai komunikator
harus mencari tahu dulu karakteristik orang yang akan kita beri pesan. Selain
itu komunikator harus mempunyai kemampuan sebagai penyampai pesan yang menarik
dan mudah dipahami.
b.
Pesan harus menggunakan lambang-lambang
tertuju kepada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga
sama-sama mengerti. Sebaiknya pesan disampaikan dengan beberapa metode dan
tidak hanya secara lisan. Pesan yang disampaikan dengan melibatkan beberapa
panca indera misalnya dapat dilihat, didengar, diraba akan lebih mudah
dimengerti daripada pesan itu hanya
disampaikan secara lisan.
c.
Pesan harus membangkitkan kebutuhan
pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan
tersebut. Jadi pesan harus sesuai harapan atau sesuai kebutuhan penerima pesan.
Pesan yang disampaikan akan terasa membosankan dan tidak ada arti bagi penerima
pesan apabila pesan itu tidak dibutuhkan.
d.
Pesan harus menyarankan suatu jalan
untuk memperoleh kebutuhan dimana komunikan digerakkan untuk memberikan
tanggapan sesuai yang dikehendaki. Solusi pemecahan masalah harus dikemukakan
untuk dapat membantu klien keluar dari masalahnya.
e.
Pesan yang dirancang dan disampaikan
sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan. Untuk meracang
suatu pesan yang dapat menarik perhatian ini sebaiknya sebagai komunikator
harus mencari tahu dulu karakteristik orang yang akan kita beri pesan. Selain
itu komunikator harus mempunyai kemampuan sebagai penyampai pesan yang menarik
dan mudah dipahami.
Komunikasi
dapat dikatakan efektif apabila memenuhi 3 hal berikut :
a.
Pesan dapat diterima dan dimengerti
serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
b.
Pesan yang disampaikan oleh pengirim
dapat disetujui oleh penerima dan tindak lanjuti dengan perbuatan yang diminati
oleh pengirim.
c.
Tidak ada hambatan yang berarti
untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindak lanjuti pesan yang
dikirim
C. Unsur-unsur komunikasi efektif
Dalam proses
komunikasi untuk mendapatkan hasil yang efektif perlu diperhatikan unsur- unsur dari komunikasi, yaitu :
a. Komunikator
( pandai menggunakan bahasa, intonasi, symbol dan mimic yang menarik, simpati
dan empati dari komunikannya )
b.
Pesan (cara penyampaian, isi pesan
sesuai dengan kebutuhan dan diminati oleh komunikan )
c.
Media ( sesuai dengan pesan yang
ingin disampaikan dan sesuai dengan kebutuhan komunikan)
d.
Perhatikan gangguan-gangguan yang
mungkin akan menghambat proses komunikasi
e.
Komunikan (latar belakang dan
lain-lain)
f.
Pengaruh atau umpan balik (yang
diharapkan atau tujuan penyampaian pesan)
Keenam unsur
komunikasi harus saling berhubungan dalam menyampaikan pesan agar dapat menjadi
komunikasi efektif.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada
dasarnya komunikasi itu sangat penting bagi setiap orang, apalagi bagi
mahasiswa kebidanan. Karena selain dituntut agar cakap berbicara dan
berkomunikasi, seorang bidan juga harus mampu berkomunikasi secara
berkesinambungan. Proses untuk berkomunikasi efektif pun banyak dengan
menggunakan media-media lain. Dari proses pertukaran informasi dan ide tersebut
akan menghasilkan feed back, sehingga dapat merubah sikap dan perilaku yang
sebelumnya menyimpang.
B. Saran
Semoga dari
makalah yang telah kelompok kami buat, dapat bermanfaat dan bisa di aplikasikan
pada masyarakat nanti. Juga dapat menjadi bahan referensi untuk tugas
berikutnya yang berhubungan dengan komunikasi juga untuk mahasiswa lain yang
membutuhkan informasi mengenai materi komunikasi efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Christina lia uripni, untung
sujianto, tatik indrawati. (2003).
Komunikasi kebidanan. EGC. Jakarta
KOMUNIKASI EFEKTIF
Oleh
kelompok 1:
1.
Citra Wati
2.
Karlina
3.
Cicidwy Jayanti Eka Putri
4.
Nurwed
5.
Wa Ode Anisa
6.
Selvi
7.
Cakra Gusti Maulana
8.
Gita Haerunnisa Asri
9.
Wa Ode Rini
AKADEMI KEBIDANAN PARAMATA RAHA
KABUPETEN MUNA
2015/2016
|
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah S.W.T karena atas Rahmat dan Hidayah serta izin-Nya kami dapat
menyelesaikan penulisan makalah “Komunikasi dan Konseling Kebidanan mengenai”
Penyusunan makalah ini tidak dapat
terselesaikan dengan baik tanpa adanya kerjasama dalam kelompok kami serta
bimbingan dari dosen Fitria Ningsih, SST.
Kami menyadari bahwa penulisan
makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan
saran yang membangun dari semua pihak dalam perbaikan makalah ini. Walaupun
demikian, kami berharap penulisan makalah ini bermanfaat bagi kami khususnya
dan para pembaca umumnya, sehingga dapat melengkapi khasanah ilmu pengetahuan
yang senantiasa berkembang dengan cepat.
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR ISI........................................................................................... ii
BAB I: PENDAHULUAN
A.
Latar belakang........................................................................... 1
B.
Rumusan masalah...................................................................... 1
C.
Tujuan........................................................................................ 1
BAB II: PEMBAHASAN
A. Pengertian
Komunikasi Efektif……………………………… 2
B. Proses Komunikasi
Efektif…………………………………… 2
C. Unsur-unsur
Dalam Membangun Komunikasi Evektif……….. 3
BAB III: PENUTUP................................................................................... 5
A.
Kesimpulan.............................................................................. 5
B.
Saran........................................................................................ 5
DAFTAR PUSTAKA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar