MAKALAH
STRUKTUR KOMPUTER
DISUSUN OLEH :
NAMA :
UMIANA
NIM :
21311196
JURUSAN :
ADM. TIK
SEMESTER :
I
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
KELAS RAHA
2013
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil ‘Alamin segala Puji dan Syukur
Penulis Panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan taufik dan
hidayahnya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini,
Namun penulis menyadari makalah ini belum dapat dikatakan sempurna karena
mungkin masih banyak kesalahan-kesalahan. Shalawat serta salam semoga selalu
dilimpahkan kepada junjunan kita semua habibana wanabiana Muhammad SAW, kepada
keluarganya, kepada para sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita
selaku umatnya.
Makalah ini penulis membahas mengenai “STRUKTUR
KOMPUTER”, dengan makalah ini penulis mengharapkan agar dapat
membantu sistem pembelajaran. Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Akhir kata penulis ucapkan terimakasih atas segala perhatiannya.
Raha, Desember 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.........................................................................................................
i
Daftar Isi.................................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................... 1
A. Latar Belakang.............................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN....
................................................................................... 1
2.1. hardware (perangkat keras) komputer................................................................ 2
2.2. perangkat lunak (software)
komputer................................................................ 15
BAB II
PENUTUP................................................................................................... 25
A. Kesimpulan.................................................................................................. 25
B. Saran............................................................................................................. 25
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 26
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Komputer adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data dengan yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah
instruksi program yang tersimpan pada memory (stored program), pernyatan
tersebut merupakan definisi computer menurut buku Computer Today (Donald H.
Senders).
Agar komputer dapat digunakan untuk
mengolah data, maka harus berbentuk sistem. Sistem adalahb kumpulan elemen yang
saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu
proses pencapaian suatu tujuan utama.
Tujuan pokok dari sistem komputer
adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut
dapat terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen
dari sistem komputer tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
1.
Hardware (perangkat keras/piranti
keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan
dapat dijamah.
2.
Software (perangkat lunak/piranti
lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan
data.
3.
Brainware adalah manusia yang
terlibat di dalam pengoperasian suatu pengaturan sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer
tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa
adanya software tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan hanya berupa benda
mati saja. Software akan mengoperasikan hardware, hardware yang sudah didukung
oleh software juga tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia manusia yang
mengoperasikannya.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut;
1. apa saja
komponen dari hardware, software, dan brainware;
2. bagaimana
peranan ketiga komponen tersebut dalam struktur komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. HARDWARE
(PERANGKAT KERAS) KOMPUTER
Istilah komputer diambil dari bahasa
latin Computare yang berarti menghitung (to conpute atau reckon). Dalam hal ini
berarti mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input
digital, memprosesnya, sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemory
(stored program) dan menghasilkan input informasi.
Hardware merupakan komponen fisik
yang digunakan untuk aktivitas input, proses, output dan penyimpanan pada suatu
sistem komputer. Komponen hardware terdiri atas berikut;
A. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Adalah alat-alat yang digunakan untuk proses memasukan
data/informasi ke komputer. Jenis-jenis peralatan masukan adalah sebagai
berikut.
1. Keyboard,
merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan karakter
lain serta tombol fungsi.
2. Pointing
device, merupakan peralatan input yang dapat digerakandan memiliki petunjuk
(pointer). Pointing device terdiri dari;
a.
Mouse
b.
Pointing stick, berbentuk seperti
pena kecil dan digunakan untuk menulis pada layar di notebook tertentu.
c.
Trackball, mirip dengan mouse
terdapat bola kecil pada permukaanya.
d.
Joystick.
e.
Touch screen
f.
Light pen digitizing tablet
3. Terminal ,
adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor yang dapat menerima input data
dan ditampilkan ke layar monitor. Ada tiga macam terminal, yaitu;
a.
Dumb terminal, adalah terminal yang
tidak memiliki kemampuan untuk melakukan proses data, karena tidak memiliki
unit control dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data
dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang terhubung dan
sebaliknya. Contohnya adalah PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai
dumb terminal.
b.
Smart terminal, sudah mampu
melakukan proses pengolahan data.
c.
Intelligent terminal, terminal yang
paling tinggi tingkat kecerdasanya.
4. Optical
reading device (scanner), adalah peralatan input yang dapat mentransformasikan
data tecetak kedalam komputer secara langsung seperti gambar, tulisan dan
lain-lain. Jenis-jenis scanner ;
a.
Optical character recognition (OCR),
scanner ini akan mengenali karakter dari suatu dokumen tercetak.
b.
Optical mark reader, membaaca data
dari bagian yang sudah diberi tanda pada kertas/form tertentu.
c.
Barcode reader, membaca data dari
code-code tertentu yang tertera pada suatu produk.
d.
Handprint reader.
e.
Image scanner.
5. Magneting
reading device (MRD)
Membaca sumber data yang bersifat magnetic, jenis MRD
antara lain;
a.
Magnetic ink character recognition
(MICR), membaca tinta magnetic.
b.
Digital camera
6. Voice and
sound input
7. Touch tone
input device, mentransformasikan nada tekanan.
8. Multimedia
audio device, contoh ; televisi, video cassette recorder, video camera.
B. PERALATAN PROSES (PROCESS DEVICE)
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi
program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input
dan hasilnya ditampilkan melalui alat output. Alat pemroses terdiri atas
central processing unit (CPU) dan main memory.
1. Central
Processing Unit (CPU)
Merupakan bagian dari komputer yang
mengeksekusi atau menjalankan instruksi-instruksi program dan memproses data
sperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang
bertujuan menjalankan tugas tertentu. CPU memilioki dua komponen utama yaitu;
a.
Control Unit
(CU)
Bagian ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur
aktivitas prosesor. Control unit diidentikan dengan bagian otak yang mengawasi
dan mengatur seluruh kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya.
Semua kegiatan yang dilakukan komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi
yang diterima oleh control unit. Disini control unit hanya bertugas mengawasi
saja, dan bukan sebagai otak dari komputer.
b. Arithmatic
Logic Unit (ALU)
Bagian ini berfungsi melakukan perhitungan operasi
aritmatika dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan
matematika, sedang operasi logika yaitu membandingkan suatu elemen informasi
dengan yang lainya terdiri atas <, >, >=, <=, =, dan <>.
Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai
beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
Register
Register merupakan tempat
penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di processor
(bukan di memory utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat
penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan
instruksi lebih cepat dibanding dengan memory utama dan juga dapat menyimpan
instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat membantu
ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.
Register harus memiliki ukuran yang
cukup besar untuk menyimpan instruksi, contohnya untuk instruksi komputer
dengan panjang 32 bit, register juga harus memiliki panjang minimal 32 bit.
Ada 4 tipe register yaitu;
·
Register
penyimpanan (storage register)
Menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memory
dan menerima hasil proses yang akan dikirim ke memory.
·
Register
alamat (address register)
Menyimpan alamat-alamat data yang akan digunakan untuk
menjalankan instruksi.
·
Accumulator
Menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Data kemudian
dipindah ke memory atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
·
General
purpose register
Mampu menyimpan data, alamat, dan hasil perhitungan
aritmatika.
Machine cycle (siklus mesin)
Proses dari suatu instruksi bahasa mesin disebut
dengan siklus mesin (machine cycle). Siklus mesin terdiri dari tahapan proses
yang dilakukan oleh mesin (CPU) dan bekerja sama dengan ALU dan memory.
Proses yang dilakukan ada 4 tahap yaitu;
Ø
Fetch, tahap pengambilan (membaca)
instruksi dari memory.
Ø
Decode, menerjemahkan instruksi
kedalam perintah yang dapat dimengerti oleh komputer
Ø
Execute, menjalankan/mengeksekusi
perintah yang diterima.
Ø
Store, penyimpanan hasil proses ke
memory.
Proses dari siklus mesin terdiri
dari dua bgian utama yaitu, instruction cycle (I-Cycle) atau instruction time
(I-Time) yang meliputi tahap fetch dan decode serta execution cycle (E-Cycle)
yang meliputi tahap execute dan store.
Pada I-Cycle instruksi dipindahkan dari memory ke CPU dan dipahami oleh
CPU. Selanjutnya pada bagian E-cycle perntah dari instruksi tersebut
dijalankan.
Siklus Instruksi mesin
Kemampuan
prosessor
Kecepatan merupakan salah satu alasan mengapa orang
menggunakan teknnologi informasi. Komputer dapat melakukan jutaan hitungan
perdetik secara konstan, akurat, dan reliabilitas. Terdapat tiga elemen yang
mempengaruhi kecepatan sebuah komputer, yaitu
1. System Clock
Sinkronisasi dari tugas atau
kegiatan yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa kegiatan dilakukan
secara teratur. Semua komputer memilioki system clock yaitu sebuah sirkuit yang
menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan yang tetap untuk
mengsinkronisasi kegiatan proses. System clock diukur dengan satuan megahertz
(1 Mhz = 1juta pulsa elektronik yang dihasilkan perdetik). Makin besar Mhz
dalam system clock maka semakin tinggi kecepatan komputer
2. Bus Width
Pada saat melakukan proses, secara internal terjadi pemindahan
data didalam komputer. Lintasan dimana data dipindahkan disebut bus. Bus juga
merupakan sirkuit elektronik. Terdapat dua jenis bus, yaitu;
a.
I/O bus,
yaitu bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara input
output device (I/O device) dengan prosessor.
b. Data bus
yaitu bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar processor
dengan memori.
Lebar bus akan menentukan besarnya data yang dapat
dipindahkan tiap waktu. Makin besar bus maka kecepatan perpindahan datanya akan
makin cepat.
c.
Word Size
(Ukuran Word)
Word adalah ukuran satuan yang menyatakan jumlah bit
yang dapat diproses komputer tiap waktu, ukuran
word dapat dinyatakan dengan bit (binary digit). Misalnya word 1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2 Byte
terdiri dari 16 bit. Semakin besar ukuran word (word size), semakin cepat
komputer dapat memproses data dan melakukan operasi aritmatika dan logika.
Blok diagram CPU (hubungan antar
komponen CPU)
Jenis-jenis
proses
a.
Serial
processing (mengerjakan proses satu persatu)
b. Parallel
processing (mengerjakan proses secara sekaligus). Parallel terbagi dua yakni;
-
SIMD (single
instruction multiple data), instruksi yang sama dikerjakan pada waktu yang
bersamaan dan setiap prosessor beroprasi pada data yang berbeda.
-
MIMD
(multiple instruction multiple data) menjalankan instruksi berbeda dalam waktu
yang bersamaan.
c.
Pipeline
processing, yakni penggabungan dari serial dan parallel processing. Proses
memiliki 4 tahapan yaitu; pengambilan instruksi, penerjemahan instruksi,
eksekusi dan penulisan kembali hasil.
Berikut beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam meningkatkan kecepatan processor.
§ Cache memory
, penyimpanan sementara sehingga CPU dapat mengalkses langsung ke cache tanpa
mengakses ke memory utama terlebih daulu.
§ Co-processor
(chip tambahan mempercepat processor)
§ Accelerator
board.
§ Increase
chip denity and integration
§ RISC
(reduced instruction set computing)
§ Parallel
processor.
Binary digit
v EBCDIC
(extended binary coded decimal interchange code) menggunakan 8 bit.
v ASCII
(American standard code for information interchange) menggunakan 7 bit.
v Unicode
menggunakan 16 bit.
perbedaan
primary storage dan secondary storage
Primary Storage
|
Secondary Storage
|
Penyimpanan data sementara
|
penyimpanan data permanen
|
Menyimpan data dalam keadaan
komputer menyala
|
Mampu menyimpan data dalam keadaab
komputer mati.
|
tidak dapat menyimpan aplikasi
besar
|
Mampu menyimpan aplikasi yang besar
|
C. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Adalah peralatan yang dapat
menerjemahkan hasil pengolahan data ke user. Adapun jenis output adalah sebagai
berikut;
1. Visual
display (monitor)
2. Printer,
berdasarkan alat cetaknya dapat digolongkan atas;
a.
Impact
printer
·
Dot matrix
printer, mencetak dengan sistem dot (titik)
·
Chain
printer, menggunakan rantai berisi karakter.
·
Band
printer, pita besi berisi karakter.
·
Drum
printer, karakter diletakan dipermukaan luar drum metal.
b. Non impact
printer (tidak bersentuhan dengan kertas yang akan dicetak)
o
Inkjet printer, pipa penyemprot
tinta.
o
Laser printer.
o
Thermal printer
o
Berdasarkan cara cetaknya, printer
dibedakan atas;
o
Character printer, mencetak
perkarakter tiap waktu.
o
Line printer, mencetak perbaris tiap
waktu.
o
Page printer, mencetak perhalaman.
3.
Plotter,
peralatan khusus pencetak gambar/grafik. Terdiri dari dua komponen yakni
flatbed (badan plotter) dan drum (penggulung kertas yang besar)
D. MEDIA PENYIMPANAN DATA (STORAGE)
Merupakan
media yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data informasi dalam bentuk
informasi binary. Media penyimpanan terdiri atas dua jenis yaitu primary
storage dan secondary storage.
1. Karakteristik
Media Penyimpanan
a.
Kecepatan,
waktu dibutuhkan untuk membaca dan menulis data, cost menningkat sejalan dengan
meningkatnya kecepatan
b. Volatility,
kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya, untuk media yang
tergolong volatile maka cost menurun seiring dengan meningkatnya volatility.
c.
Metode
akses, terdiri atas tiga jenis yakni;
-
Serial
access, proses penyimpanan dan memperoleh data dilakukan dengan urutan linear.
-
Random access,
metode akses tidak tergantung pada urutan tertentu.
-
Parallel
access, metode akses dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari satu media
penyimpanan.
d. Portability,
kemampuan melakukan install atau memasang dan melepaskan media penyimpanan dari
komputer.
e.
Capacity,
jumlah data maksimumyang mampu disimpan oleh suatu media penyimpanan.
2. Jenis-Jenis
Media Penyimpanan
a.
Primary
storage, media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU.
-
RAM (random
access memory) jenis memory yang dapat ditulis dan dapat dibaca, menimpan data
sementara selama komputer menyala. Ada beberapa jenis RAM diantaranya; dynamic
RAM (perlu penyegaran terus menerus), static RAM (penyimpanan data tetap
sehingga tidak perlu penyegaran), EDORAM/extended data out RAM (menggunakan
tipe SIMM/single in memory module yang memiliki 72 pin, SDRAM/ synchronous
dynamic RAM (memiliki 168 pin)
-
ROM (read
only memory), dapat menyimpan data walaupun komputer dapat dimatikanb. Ada
beberapa jenis ROM; PROM/programmable
ROM (data atau program hanya bisa diubah sekali), EPROM/erasable PROM (data
dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dan EEPROM data dapat dihapus dan
deprogram ulang.
-
Circuit
board, yaitu papan memory yang tersusun dari beberapa sirkuit. Tipe circuit
board ada dua; SIMM/single in-line memory (72 pin module, 7-16bit data) dan
DIMM (dual in line memory (168 pin module, 32-72bit data).
-
Cache memory
(flash RAM), memory penyimpanan data yang dapat menyimpan meski komputer dalam
keadaan mati. Data dapat dihapus dan ditulis kembali melalui program khusus.
b.
Secondary
storage (media penyimpanan yang berada diluar komponen komputer). Secondary
storage terdiri atas ;
-
Magnetic
storage; (magnetic tape dan magnetic disk) sedang jenisnya ada dua yakni hard
disk dan floppy disk.
-
Optical
storage (dari bahan metalik). Jenisnya terbagia atas;
·
CD (CD-ROM,
CD-R, CD-RW, mini-CD)
·
DVD
(single-sided 4.7 GB, double-sided 9.4
GB, single-sided double layer 9.4 GB, double-sided double layer 17 GB). Berdasarkan formatnya DVD dapat digolongkan
sebagai berikut; DVD-R, DVD+R, DVD+RW, DVD-RW, dan DVD-RAM.
Dalam
komputer terdapat juga saluran untuk berkomunikasi antara komputer dengan
perlatan lainya. Saluran tersebut antara lainya;
·
Sistem bus,
adalah alat penghubung bagi semua peralatan komputer.
·
PCI bus,
digunakan sebagai perlatan tambahan pada komputer, komponennya menggunakan slot
pada mainboard.
·
SCSI (small
computer system interface), merupakan suatu teknologi penghubung untuk komponen
eksternal pada komputer.
·
Port,
standard penghubung antara komputer (mainboard) dengan perlatan tambahan pada
masa tahun 1980-2000. Tahun berikutnya sudah menggunakan USB dan tidak
menggunakan port lagi.
·
USB
(universal serial bus) port, adalah pengembangan dari port serial. Kelebihan
USB adalah pada kemudahan dalam melakukan koneksi devais ke komputer, sehingga
banyak alat dapat dipasang secara plug and play.
2.2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Sebuah
program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan
menggunakan bahasa khusus yang member perintah kepada komputer untuk melakukan
berbagai pengoperasian terhadap data. Software juga termasuk data elektronik
yang disimpan komputer. Pengolahan software melibatkan beberpa hal seperti
sistem operasi, program, dan data.
A.
PERKEMBANGAN
PERANGKAT LUNAK
Era
Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa
print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses.
Era Stabil, komputer sudah mulai digunakan secara luas terutama keperluan industry
(bermunculanya perusahaan perangkat lunak). Pernagkat lunak sudah mampu
menjalankan proses tidak hanya satu-persatu tetapi secara bersamaan (multy
tasking) dan mampu menyelesaikan (multy user) dengan cepat. Mulai dikenal pula
sistem basis data yang memisahkan program pemroses dengan data yang diproses.
Era Mikro, pembedaan perangkat lunak menjadi dua yakni perangkat lunak sistem untuk
menangani internal software dan aplikasi yang digunakan oleh user untuk
keperluan tertentu dan keduanya mengaraj ke kecerdasan buatan.
Era Modern, perkembangan perangkat lunak semakin pesat dan bukan lagi hanya ditujukan
pada komputer tapi sudah ada pada peralatan elektronik untuk mengatur operasi
peralatan itu dan selanjutnya mengarah ke konsep yang pernah direncanakan Sun Microsystem
(pembuat JAVA) yakni semua peralatan teersebut dapat terhubung ke suatu sistem
untuk saling berkomunikasi dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
B.
FUNGSI
PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak memiliki beberapa
fungsi diantaranya;
·
Menyiapkan
aplikasi program komputer agar kerja seluruh peralatan terkontrol.
·
Mengidentifikasi
program
·
Mengatur
pekerjaan lebih efisien
C.
KATERGORI
PERANGKAT LUNAK
Jenis-jenis perangkat lunak
berdasarkan lisensi . Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis lisensi yang
dapat digunakan untuk program komputer, yaitu:
·
Lisensi
Commercial, adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak
seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain
sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan
komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau
mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.
·
Lisensi
Trial Software, adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk
keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau
biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini
mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software
tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan
lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya.
Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
·
Lisensi Non
Commercial Use, biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan
tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi
dengan batasan penggunaan tertentu.
·
Lisensi
Shareware, mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan
tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software,
lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang
lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
·
Lisensi
Freeware, biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan
fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung
antara lain adalah plug-in tambahan yang biasanya menempel pada software induk
seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
·
Lisensi
Royalty-Free Binaries, serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang
ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan
bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
·
Lisensi Open
Source, membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan,
mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis
lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The
FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux,
sendmail, apache dan FreeBSD.
Secara
umum perangkat lunak terbagi menjadi dua jenis, yaitu software sistem operasi
dan software aplikasi. Sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk
mengoperasikan suatu komputer agar dapat digunakan, sedangkan aplikasi
merupakan software yang dioperasikan untuk keperluan tertentu. Secara khusus
software terbagi atas ;
1.
Perangkat
Lunak Sistem Operasi
Sistem
operasi dijalankan pertama kali saat komputer dihidupkan, sistem operasi inilah
yang mengatur proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal,
penggunaan memory, dan memberikan keluaran ke peraltan yang sesuai. Contoh
sistem operasi antara lain DOS, Unix, Windows, IBM OS/2, Apple’s System 7, dan
sebagainya.
Sistem operasi modern mempunyai
komponensebagai berikut:
•
Kernel merupakan suatu
software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani
bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan
terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari
satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga
bertugas untuk mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program dapat
menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai
”multiplexing”.
•
File disini merupakan
file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini juga
berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem operasi.
•
karakteristik interface (tampilan) yang menjadi
interaksi antar user dengan komputer :
-
Command Line
Interface atau command line Interpreter (CLI) , CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan backgroud satu
warna dan tampilan teks yang juga satu atau beberapa warna dasar.
-
Graphical
User Interface (GUI), GUI memberikan tampilan yang
lebih interaktif dan nyaman digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah
warna yang dihasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter
yang dimiliki komputer.
Pada
prinsipnya sistem operasi merupakan kumpulan dari program routine dan procedure
yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna komputer dalam sistem komputer
dan memperbesar efisiensi sistem tersebut. Sistem operasi juga dapat
didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara
pemakai komputer dan perangkat keras. Berdasarkan
jumlah pengguna dan program yang dijalankan,sistem
operasi dpt dikategorikan dengan :
•
Single User – Single Tasking, Sistem Operasi hanya bisa
digunakan oleh satu akun pengguna dan tidak bisa menjalankan banyak program
secara bersamaan
•
Multi User – Single Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh
lebih dari satu akun pengguna namun tidak bisa menjalankan banyak program
secara bersamaan.
•
Single User – Multi Tasking, Sistem Operasi hanya bisa
digunakan oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara
bersamaan
•
Multi User – Multi Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh
lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara
bersamaan.
Fungsi sistem operasi
·
Mengatur
proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan dan pemantauan proses program yang
sedang dijalankan.
·
Mengatur
sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak sistem
operasi atau perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
·
Mengatur
data yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan atau keluaran dan juga
sebagai sarana untuk mengelola keamanan komputer.
Jenis sistem operasi
·
MS-Windows
dan Linux untuk PC/Netbook
·
VMS untuk
DEC
·
OS/2 untuk
Apple Macintosh
·
SunOS untuk
Sun Computers
·
Palm OS
untuk PDA PalmPIlot.
2.
Perangkat
Lunak Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak memiliki
jenis sebagai berikut;
·
Proprietary
application software, software ini dibuat untuk kebutuhan bisnis.
·
Off the
shelf application software, dapat dibeli atau disewa dari vendor yang membuat
dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
Adapun
contoh software aplikasi diantaranya sebagai berikut;
a.
Software aplikasi pengolah kata
(word processing), software ini digunakan untuk mengetik naskah, surat, brosur,
maupun dokumen lain. Contoh program
pengolah kata ini adalah Microsoft word, write open office, lotus word, Amipro,
wordstar, notepad, dan sebagainya)
b.
Software aplikasi pengolah angka
(spreadsheet), digunakan untuk pengolahan data angka berupa perhitungan,
pembuatan table, grafik dan sebagainya. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft
Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus
Shympony, dan sebagainya.
c.
Software aplikasi grafis, aplikasi
ini biasa digunakan untuk keperluan desain grafis, terutama untuk menggambar
dan pengolahan gambar. Contoh aplikasi ini antara lain Adobe Photoshop, Corel
Draw, Microsoft Photodraw, dan sebagainya.
d.
Software pengolah data (database),
software ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Dalam
istilah komputer sering disebut (Database Management System), yaitu sistem yang
berfungsi untuk mengelola atau me-manage data sehingga dapat bermanfaat. Contoh
software ini antara lain MySQLFront, dBase dan sebagainya.
e.
Software multimedia, sering
digunakan untuk keperluan terkait dengan audio dan video seperti keperluan presentasi,
periklananm media elektronik, perfilm-an atau animasi dan lain-lain. Contoh
aplikasi ini adalah Windows Media Player, iTunes, Real Player, Winamp, dan
media presentasi (Microsoft Power Point, Lotus Freelance, Flash player) dan
sebagainya.
f.
Software aplikasi internet, program
yang berfungsi untuk keperluan akses ke internet. Contoh aplikasi ini adalah;
o
Web browser (internet explorer dan
mozila firefox)
o
E-mail client , digunakan untuk
membaca dan mengirim surat elektronik. (Outlook Express, Eudora, Netscape
messager, dan sebagainya)
o
Chatting atau IRC (Internet Relay
Chat), memungkinkan komunikasi anatara pengguna secara langsung melalui teks.
Secara umum melakukan chatting adalah melalui ; 1) program bantu klien IRC, 2)
fasilits web chatting dari situs, 3) program instant messanger.
o
File transfer protocol (FTP),
umumnya digunakan sebagai sarana pendukung untuk pertukaran maupun
penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.
o
Remote login, aplikasi yang
memungkinkan user untuk login kesebuah terminal (remote host) dalam lingkungan
jaringan internet.
o
Remote desktop, adalah istilah untuk
mewakili kejadian dimana sebuah PC atau perangkat komputer ada di lokasi
tertentu diakses dan digunakan dari tenoat yang berbeda lokasi.
3.
Bahasa Pemrograman
Adalah
software yang digunakan eleh para programmer (pembuat program/software) untuk
membuat atau menuliskan perintah atau program tertentu. Contoh software bahas
pemrograman antara lain adalah;
·
Borland
Delphi
·
Visual basic
·
C/ C++ atau
C++ builder
·
Assembler
·
Java
·
PHP, ASP,
Phyton, Perl, J2ME, (bahasa pemrograman berbasis web)
Ada
bebrapa kategori bahasa pemrograman anatara lain adalah;
a.
Bahasa Mesin
(Machine Language)
Merupakan
bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan
langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa
pemrograman komputer dan disusun dalam bentuk binary digit (berupa 0 dan 1).
Sekumpulan instruksi dalam bahasa ini dapat membentuk microcode. Meski begitu,
bahasa ini memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara bahasa pemrograman
lain. Namun agak sulit mempelajari bahasa pemrograman ini karena sangat tidak
user friendly.
Contohnya : AF 12 FF 11 10 12
100
100
b.
Bahasa
Rakitan (Assembly Language)
Merupakan
pengemangan lebih lanjut dari bahasa mesin. Pada assembly tidak hanya mengenal
0 dan 1 namun ada beberapa symbol yang digunakan antara lain MOV, ADD
(penjumlahan), SUB (pengurangan), MUL (perkalian), dan lain-lain. Pada bahasa
rakitan memiliki program untuk debugging yaitu mencari kesalahan pada sebuah
program yang dibuat. Contohnya adalah Turbo Assembler yang akan mencocokan
Token dari awal sampai akhir dan dikodekan menjadi bahasa mesin. Berikut adalah
contoh bahasa mesin untuk menuliskan ‘Hello World’
c.
Bahasa
Procedural (Procedural Language)
Sebuah kalimat dalam bahasa procedural diterjemahkan
dalam instruksi-instruksi bahasa mesin, karena itu membuat programmer lebih
produktif. Bahasa pemrograman ini mengharuskan programmer menspesifikasikan
langkah demi langkah, bagaimana komputer harus menyelesaikan sebuah tugas.
Bahasa ini berorientasi pada bagaimana sebuah hasil diproses. Contoh : Cobol,
Pascal, C, Fortran, QuickBasic.Contoh program sederhana bahasa Pascal:
d. Bahasa Tidak
Terprosedur (Nonprocedural Language)
Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi yang
memperbolehkan user untuk mmenentukan hasil yang spesifik tanpa harus memiliki
spesifik detail procedure yang dibutuhkan untuk mencapai suatu hasil.
Keuntungan bahaasa ini adalah dapat digunakan oleh nonteknikal user dan
biasanya didalam lingkungan aplikasi database sebagai bahasa query, pembuatan
laporan, dan manipulasi data. Misalnya Informix, Oracle, SQL. Berikut contoh
listing program Informix
e.
Bahasa
Pemrograman Natural (Natural Language)
Bahasa generasi kelima dikenal sebaga bahasa cerdas.
Translatornya menterjemahkan bahasa natural menjadi sebuah bentuk yang dapat
dibaca oleh mesin yang benar-benar kompleks. Contohnya adalah Prolog. Berikut
contoh listing program bahasa prolog;
f.
Bahasa
Pemrograman Visual
Bahasa pemrograman yang digunakan di dalam lingkungan
visual. Bahasa ini menggunakan mouse, icon, simmbol dilayar komputer atau
pulldown menu sebagai GUI (graphical User Interface) sehingga pemrograman
menjadi mudah dan lebih intuitif. Bahasa ini sangat popular dikalangan pengguna
non teknikal, contohnya Borland Delphi, Visual Basic, C++, Vfoxpro, dan
lain-lain.
Contoh listing visual basic;
g.
HTML (Hyper
Text Markup Language)
Bahasa standar yang digunakan untuk
pembuatan halaman web dengan hypertext dan informasi lain yang akan ditampilkan
pada halaman web. Dokumen hypertext bisa berisi text, gambar, dan tipe
informasi lain seperti data file, video, dan program executeable.
Listing (source) HTML
h.
Extensible
Markup Language (XML)
Bahasa ini di desain untuk
memperbarui fungsionalitas web Document dengan menyediakan identifikasi
informasi yang lebih fleksible dan adaptable. XML merupakan cara untuk
menggambarkan data dengan tujuan utama untuk memfasilitasi kegiatan berbagi
data antar sistem yang berbeda-beda khususnya sistem yang berhubungan dengan
internet. Berikut adalah contoh dokumen XML;
i.
Virtual
reality modeling language (VRML)
Merupakan
format file yang menggambarkan permodelan interaktif dan objek tiga dimensi
yang dapat ditampilkan melalui web browser. Pada prinsipnya VRML sama dengan
HTML, jika html adalah bahasa teks untuk web, VRML merupakan bahasa permodelan
yang juga bisa diakses melalui internet. VRML bukan bahasa pemrograman tapi
merupakan bahasa permodelan untuk simulasi. Viewer dapat langsung menjelajahi
model secara visual.
j.
Bahasa
Pemrograman Berorientasi Objek
Merupakan
suatu program komputer yang dipandang sebagai kumpulan dari unit tunggal atau
objek yang dapat melakukan aksi atau tindakan satu sama lain. Setiap bahasa
pemrograman yang berorientasi objek
dapat menerima pesan, memproses data dan mengirim pesan kepada objek lain.
Setiap objek dapat dipandang sebagai suatu mesin yang independent dengan
tanggung jawab tertentu. Contohnya adalah Java dan C++
Contoh list program C++
Piranti Lunak Perusahaan (Enterprise
Software)
o
Streamlining organizational
software, organisasi menginginkan paket program yang dibutuhkan organisasi yang
dapat mendukung integrasi antara modul fungsional seperti sumber daya manusia,
operasional, marketing dan lain-lain.
o
Middleware, adalah software yang
didesain untuk menghubungkan applicarion module yang dikembangkan pada bahasa
pemrograman yang berbeda dan dijalankan di platform yang berbeda baik di single
machine atau over a network.
o
Organization wide application,
enterprise software berisi program yang dapat mengatur operasi vital sebuah
organisasi seperti; supply chain management, inventory replenishment,
pemesanan, koordinasi, manajemen sumber daya, manufacturing, operasional,
akunting dan manajemen keuangan.
4.
Alat Bantu
(Utility)
Adalah unsur software yang berfungsi
membantu pengoprasian mesin anatara lain mempersiapkan pemakaian media disk,
membuat duplikat disk atau file, membuat proteksi atau menghapus proteksi suatu
sistem software, memperbaiki file yang rusak, menguji kebenaran kerja komputer
dan sebagainya. Contohnya; Norton Utilities, Disk Optimizer, Diagnostik Test,
Sisift Sandra, PC Tools, Nero, Power Desk, Partition Magic, Luplink Gold,
WinZip, PC Cillin, McAfee, Norton Anti Virus, Ghost, dan sebagainya.
Permasalahan
software (software issues)
a.
Pemilihan
dan penilaian software, dipengaruhi beberapa faktor;
·
Ukuran dan
lokasi pengguna saat ni dan yang akan dating.
·
Tools sistem
administrasi
·
Biaya awal
dan selanjutnya.
·
Kemampuan
sistem sekarang dan yang akan dating.
·
Lingkungan
komputasi yang ada
·
Keahlian
teknis yang ada.
b.
Lisensi
software, adalah izin pengakuan hukum yang mengikat dalam suatu aktivitas.
c.
Software
upgrades, para pemilik software akan merevisi program mereka dan menjual versi
yang baru. Software tersebut akan memiliki kemampuan tambahan sekaligus bugs.
d.
Open system,
memilki software yang kompetibel pada seluruh komputer berbeda yang akan
berinteraksi satu dengan berbeda yang akan berinteraksi satu dengan yang
lainya.
e.
Open source
software, perangkat liunak yang dikembangkan secara bersama-sama tanpa
koordinasi resmi, menggunakan kode program yang tersedia secara bebas serta
didistribusikan melalui internet. contohnya: LINUX operating system, Open
Office, GNU suit of software, nestcape, sendmail SMTP dan sebagainya.
2.3.BRAINWARE
Brainware computer adalah setiap orang yang terlibat
dalam kegiatan pemanfaatan computer atau sistem pengolahan data. Brainware juga
dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan dan
mengeksplorasi kemampuan dari hardware computer dan software computer. Tanpa
adanya brainware, mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat
dimanfaatkan.
Dalam
pemanfaatannya Brainware dibagi menjadi 4, yaitu :
o
System
Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas
penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan
perangkat lunak dan system yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi atau
perusahaan.
o
Programmer adalah
seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa
pemrograman seperti bahasa C, pascal, ataupun Java. Programmer juga dapat
dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang
dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.
o
Administrator adalah
seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program – program
yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Jenis – Jenis
administrator
•
System
administrator: yang bertangung jawab agar sistem informasi berjalan
•
Nerwork
administrator: bertanggung jawab pada jaringan
•
Database
administrator: bertanggung jawab pada aspek lingkungan database
•
Forum
administrator: yang mengatur forum online
4. Operator adalah
pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem computer yang sudah ada atau
istilahnya hanya menggunakan aplikasi – aplikasi
keempat tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna
umum dari sebuah sistem computer walaupun dalam dunia IT masih banyak lagi
brainware-brainware lainnya. Dari sekian banyak itu kami akan membahas beberapa
diantaranya selain 4 tingkatan umum yang sudah kami bahas di atas.
5.
Profesi Di
Bidang IT
a. System Administrator
System
administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin,
dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi
terhadap sistem, meakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak
akses terhadap sisem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan
operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya
masuk ke dalam departemen atau divisi knologi dan informasi dalam struktur
organisasi perusahaan.
Ruang
lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi tergantung besarnya
organisasi. Administrator dituntut untuk memelihara dan menyelesaikan
permasalahan pada bidang TI yang dikuasai. Administrator sebelumnya sudah
dipersenajtai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi
informasi, khususnya dalam hal hal suppprting system, mulai dari pelacakan
masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah
software. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memliki sertifikasi untuk
spesialisasi tertentu.
Tugas system
Administrator
• Merancang, melakukan dan menjaga instalasi hardware dan
software.
• Mendefinisikan
dan mengidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user.
• Melakukan
dokumentasi konfigurasi sistem.
• Melakukan
tuning kinerja sistem komputer.
• Menyakinkan
infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik.
• Melakukan
backup dan restore.
• Menjawab
masalah teknis dan memecahkan masalah.
• Melakukan
audit software dan hardware.
• Mengidentifikasi
ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem.
• Mengenalkan
teknologi baru kepada user dalam sistem tengah digunakan.
b. Backup
Operator
Pada teknologi informasi,
backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan
yang dapat di restore kembali apabila ada data yang hilang. Data salinan
tersebut biasa disebut dengan backup. Backup berguna untuk dua tujuan utama. Pertama,
untuk mengembalikan (restore) data yang mengalami kerusakan akibat bencana alam
(misalkan banjir, gempa bumi dll). Kedua, untuk mengembalikan file setelah
mengalami kesalahan menghapus atau korupsi data.
Kegunaan atau manfaat back
up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang
hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau
faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak
bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan
lain sebagainya.
Dengan begitu cadangan data
yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti
data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu
pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.
Namun apakah backup operator
itu? Backup operator adalah pengguna yang dapat membuat cadangan dan memulihkan
komputer terlepas dari keamanan sistem file. Seorang anggota kelompok Backup
Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang pengguna biasanya tidak
memiliki akses.
Seorang anggota kelompok
Backup Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang pengguna biasanya
tidak memiliki akses. Keanggotaan dalam kelompok ini memungkinkan pengguna
untuk membuka file apapun untuk tujuan cadangan, namun, setelah file telah
dibuka untuk akses read dapat diarahkan oleh Backup Operator ke lokasi manapun.
Secara default, pengguna yang diizinkan untuk cadangan dan mengembalikan file
yang mereka memiliki file yang sesuai dan izin direktori tanpa memerlukan
keanggotaan dalam kelompok Backup Operator. Suatu jenis kelompok lokal atau
global yang berisi hak-hak pengguna Anda harus membuat cadangan dan memulihkan
file dan folder. Anggota kelompok Operator Backup dapat cadangan dan memulihkan
file dan folder terlepas dari kepemilikan, hak akses, enkripsi, atau pengaturan
audit. Kelompok Backup Operator memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan
dan memulihkan file terlepas dari apakah mereka telah membaca atau menulis
akses ke file . Karena kelompok ini memiliki seperangkat terbatas hak pengguna,
beberapa fungsi yang tidak tersedia bagi anggota kelompok Backup Operator. Berikut ini ikhtisar operasi klien
yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh anggota dari Backup Operator:
Ø Dapat membuat
cadangan dan memulihkan file
Ø Dapat
membuat cadangan sistem negara.
Ø Dapat
mengembalikan sistem negara. (Windows ® XP dan 2003 saja). Pada Windows Vista,
Windows 7, dan Windows 2008, Anda harus menjadi anggota dari grup Administrator
untuk mengembalikan keadaan sistem.
Ø Dapat
memulai TSM layanan Penjadwal
Ø Tidak
dapat memulai layanan lain (TSM Client Akseptor, TSM Agen Remote Client, dan
TSM Journal Service)
Ø Tidak
dapat menginstal dan mengkonfigurasi layanan klien
Ø Tidak
dapat menggunakan dukungan file yang terbuka
Ø Tidak
dapat melakukan backup gambar dan mengembalikan operasi
Ø Tidak
dapat membuat cadangan dan mengembalikan saham file Windows
c.
Network Engineer
Network engineer bertanggungjawab
untuk memasang dan mendukung komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau
antar organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan operasi yang lancar dari
jaringan komunikasi untuk menyediakan performance yang maksimum dan
ketersediaan untuk user (staff, client, customer, supplier, dan lain-lain).
Network engineer bekerja secara
internal sebagai bagian dari tim pendukung IT di organisasi atau secara
eksternal sebagai bagian dari perusahaan konsultansi networking dengan beberapa
client.
Pekerjaan ini terpengaruh oleh
ukuran dan tipe dari organisasi yang mempekerjakannya. Aktivitas standar yang
dilakukan oleh orang-orang berprofesi dibidang ini adalah:
· Memasang,
mendukung, memelihara server hardware dan infrastruktur software baru
· Mengatur
e-mail, anti spam, dan virus protection
· Melakukan
setting user account, izin dan password
· Memonitor
penggunaan jaringan
· Memastikan
cost-effective dan efisiensi penggunaan server
· Mengusulkan
dan menyediakan solusi IT untuk masalah bisnis dan manajemen
· Memastikan
semua peralatan IT memenuhi standar industri
· Menganalisa
dan menyelesaikan kesalahan, mulai dari major system crash sampai kelupaan
password
· Mengerjakan
rutin preventative measures dan mengimplementasikan dan memonitor keamanan
jaringan, jika jaringan terkoneksi ke internet
· Menyediakan
pelatihan dan dukungan teknis untuk user dengan bermacam tingkat pengetahuan IT
dan kompetensi
· Mengawasi
staff lain, seperti help desk technician
· Bekerja
dekat dengan departemen/organisasi lain dan berkolaborasi dengan staff IT lain
· Merencanakan
dan mengimplementasikan pengembangan IT untuk masa mendatang dan menjalankan
kerja proyek
· Mengelola
website dan memelihara jaringan internal
· Memonitor
penggunaan web oleh para pekerja
Kemampuan Network Engineer
Orang-orang yang ingin berprofesi di
bidang ini harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø Pengetahuan
yang up to date dan memahami kebutuhan bisnis dan industri
Ø Kemampuan
komunikasi yang baik sekali
Ø Mampu untuk
menerima bermacam tugas dan memperhatikan detail
Ø Kemampuan
analytical dan problem-solving
Ø Kemampuan
teamwork dan mampu untuk merasa nyaman bekerja dengan tim, client dan grup
staff yang berbeda antar organisasi
Ø Kemampuan
organisasional
d.
System
Analis
Sistem
Analis Adalah satu orang atau lebih yang menggunakan pengetahuan aplikasi
komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah bisnis,
dibawah petunjuk manajer sistem Satu orang atau lebih yang
bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan sepemakai sistem
(user) kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan
diawasi oleh manajemen.
Kemampuan
yang dimiliki Sistem Analis
• Memahami organisasi.
• Keahlian memecahkan masalah.
• Pemahaman sistem, untuk melihat
organisasi dan sistem informasi sebagai sebuah sistem.
• Memahami potensi dan limitasi dari
suatu teknologi.
Fungsi
Sistem Analis
• Mengidentifikasikan masalah-masalah
dari pemakai/ user.
• Menyatakan secara spesifikasi
sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user dan memilih
alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.
• Merencanakan dan menerapkan
rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user
Tugas Umum Sistem Analys
• Mengumpulkan
dan menganalisis formulir, dokumen, file yang berkaitan dengan sistem yang
berjalan kemudian menyusun dan
menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang
berjalan kepada user
• Merancang
suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi-aplikasi untuk
penerapan pada komputer dan menganalisis
dan menuyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.
• Mengawasi semua kegiatan dalam
penerapan sistem yang baru
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari
pemaparan yang telah kami jelaskan melalui bab sebelumnya, maka kami ambil
kesimpulan bahwa: Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari
sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.Komponen-komponen
dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian yang saling terkait/tidak
bisa terpisahkan, yaitu:
1. Hardware
• Input Device
• Process Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software
• Sistem Operasi (Operating System)
• Bahasa Pemrograman (Program Language)
• Program Paket (Program Application)
3. Brainware
• Administrator
• Operator
• Programer
• System Analyst
• Operator
• Programer
• System Analyst
B.SARAN
Makalah ini
masih memiliki berbagai jenis kekurangan olehnya itu kritik yang sifatnya
membangun sangkat kami harapkan.
DAFTAR PUSTAKA
sutarman.2009. Pengantar Teknologi Informasi.
Yogyakarta: BUMI AKSARA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar