do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 01 Februari 2016

TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN




TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN



 








DISUSUN OLEH :

NAMA        : WA HALIA
NIM            : 91304020
JURUSAN :  AGROTEKNOLOGI





SEKOLAH TINGGI ILMU  PERTANIAN WUNA
( STIP WUNA )
2016


1.      PENDINGINAN
Pendinginan atau penyejukan ialah proses mengeluarkan haba dari suatu tempat atau bahan dan memindahkannya ke tempat lain. Tujuannya ialah merendahkan dan mengekalkan suhu tempat atau bahan tersebut. Sebagai contoh, peti sejuk ialah sejenis alat pendingin yang dapat menyimpan makanan pada suhu yang rendah..
2.      PENGERINGAN
Pengeringan merupakan salah satu metode pengawetan makanan dengan cara memindahkan air dari makanan sehingga menghambat pertumbuhan bakteri
3.      PENGEMASAN
Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran).
4.      PENGALENGAN
Pengalengan adalah metode pengawetan makanan dengan memanaskannya dalam suhu yang akan membunuh mikroorganisme, dan kemudian menutupinya dalam stoples maupun kaleng (Nicolas Appert).
5.      PENGGUNAAN BAHAN KIMIA
Bahan kimia dalam makanan diantaranyan adalah pewarna makanan, pemanis buatan, pengawet makanan dan penyedad rasa.
6.      PEMANASAN
Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan.
7.      FERMENTASI
Fermentasi dalam pemrosesan bahan pangan adalah pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik.
8.      IRADIASI
Iradiasi merupakan penggunaan energi buatan untuk mempengaruhi atau mengubah sebagian keseimbangan materi dengan tujuan tertentu.

Poskan Komentar