do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 26 September 2013

7 Tips Desain Web untuk Situs Bisnis yang Elegan

Memiliki sebuah situs bisnis sudah bukan hal yang mewah bagi sebuah perusahaan, karena kehadiran bisnis kita di dunia maya menjadi suatu kewajiban jika ingin terus dapat menjaring konsumen. Situs bisnis layaknya sebuah gerai, toko yang tak pernah mengenal waktu. Ia masih bisa dikunjungi di tengah malam atau akhir minggu atau hari libur nasional.
Namun, sebuah situs bisnis yang baik tidak mudah untuk dibuat. Anda bisa membuat situs sesuai selera dan pemikiran Anda tetapi apakah pengguna Internet mau berlama-lama di dalamnya dan akhirnya bersedia menjadi konsumen atau klien?

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ialah memberikan deskripsi perusahaan yang jelas dan detil beserta cara menghubungi. Deskripsi ini bisa dituangkan dalam laman web tersendiri yang biasanya disebut "About Us".

Kedua, Anda perlu pastikan waktu memuat (loading) laman situs Anda tidak terlalu lama. Pembaca tidak suka mengakses situs dengan waktu loading lama dan demikian pula mesin pencari. Google misalnya memberikan hukuman bagi sebuah situs yang terlalu 'berat', yakni situs dengan waktu loading yang lama.

Ketiga, buatlah jalan atau jalur navigasi yang konsisten. Artinya, jangan membingungkan pengunjung situs bisnis Anda. Setialah dengan satu pola navigasi.

Keempat, buat situs lebih interaktif. Caranya yaitu dengan memberikan wadah bagi pengunjung untuk berkomentar, mengunggah konten buatan mereka sendiri, dan sebagainya.

Kelima, daftarkan situs bisnis Anda ke mesin pencari. Dengan demikian, mesin pencari akan mengindeks laman situs Anda lebih cepat dan peluang ditemukan di hasil pencarian makin tinggi.

Keenam, gunakan trademark dengan baik. Hubungi ditjen HAKI untuk memastikan trademark yang Anda gunakan dalam nama brand dan nama domain tidak sama atau mirip dengan miliki orang lain. Berikan unsur pembeda agar Anda tidak dituduh menjiplak.

Ketujuh, jangan lupa promosikan situs Anda melalui berbagai cara. Anda misalnya bisa memanfaatkan jejaring sosial, newsletter via email, atau brosur, bahkan di setiap kartu nama dan email yang Anda kirimkan ke orang lain. (*Akhlis)
Posting Komentar