do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Trik Simpel 1 Menit Lancarkan Negosiasi Bisnis

Bagaimana Anda bernegosiasi bisnis dengan lebih baik dan lancar? Sederhana saja. Sebelum berunding bersama klien atau calon klien, sisihkan waktu satu atau dua menit untuk fokus pada hal yang harus Anda capai dan hal yang ingin diwujudkan dan singkirkan semua pikiran dan kecemasan bahwa Anda akan kalah atau rugi dalam bernegosiasi.
Buatlah sebuah daftar yang memuat semua hal yang Anda ingin capai dan wujudkan itu disertai dengan cara-cara yang Anda akan gunakan untuk memanfaatkan secara maksimal jika tercapai dan disepakati. Baca berulang kali daftar tersebut sebelum bernegosiasi bisnis dengan pihak lain. Selama latihan ini, jangan fokus pada risiko kegagalan. Alih-alih, fokus pada apa yang membuat Anda lebih bersemangat: sukses.
Para negosiator andal terus fokus pada target ideal mereka meskipun terbentang kendala dan risiko di hadapannya. Dengan terus melatih diri, pemusatan pikiran ini akan menjadi lebih mudah dan akhirnya terlaksana secara otomatis. Selamat melatih diri! (HBR? *Akhlis)
Posting Komentar