do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Delapan Keyakinan Agar Tahan Banting dalam Bisnis

Terjun ke dunia bisnis memang tak hanya perlu modal dana dan nyali. Dalam perjalanan memulai usaha tak jarang si pelakunya mengalami keputusasaan karena yang terjadi tak sesuai target atau yang diharapkan. Berikut ini nasihat para ahli bagaimana Anda harus memiliki delapan keyakinan ini agar tahan banting dalam berbisnis.
"Banyak orang hidup dari keputusasaan karena perhatian mereka terpaku pada hal-hal yang tidak bisa mereka kontrol, seperti peristiwa yang terjadi di luar, peristiwa-peristiwa masa lalu, dan pendapat-pendapat orang lain," ungkap Geoffrey James, kolumnis Sales Source seperti dilansir Liputan6.com.
Akibatnya, lanjut James, para pebisnis pemula ini tidak sempat memperhatikan hal-hal yang bisa dikontrolnya karena terlalu sibuk dengan hal-hal di luar dan pendapat orang.
Masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan keyakinan, sikap, emosi dan perilaku. Namun menurut James, dari empat hal tersebut, hal yang terpenting adalah soal keyakinan.
Karena menurutnya apa yang orang yakini dalam kehidupan dan pekerjaannya secara luas akan mempengaruhi apa yang dirasakan (yakni emosi dan sikap) dan apa yang dilakukannya (yakni perilaku yang dihasilkan).
Dalam pandangannya, ada delapan keyakinan pribadi yang tidak hanya akan menjauhkan Anda dari keputusasaan, tetapi juga memberi Anda keuletan untuk mengatasi semua masalah yang mendatang.
Berikut delaapan keyakinan yang diperlukan saat terjun ke dunia bisnis agar Anda tahan banting:
1. Kesuksesan hari ini dapat menghasilkan kegagalan di masa depan, itu bila Anda membiarkan kesuksesan ini membuat Anda puas diri. Jadi tetaplah jaga sikap semangat dan terus maju.
2. Anda dapat belajar lebih banyak dari kegagalan dibanding kesuksesan. Kegagalan mampu memperbarui kerendahan hati Anda, mempertajam objektivitas dan membuat orang semakin tangguh.
3. Mimpi yang mengandung kata "Aku mencoba..." adalah pelemahan diri. Bila Anda ingin mimpi yang sungguh-sungguh memotivasi, gunakanlah kata seperti "Aku akan" atau "Aku harus".
4. Apa yang sesungguhnya menghambat banyak orang adalah ketakutan akan gagal. Anda hanya akan gagal karena kecerobohan atau karena tidak mencoba, maka apa ruginya jika melakukannya?
5. Apa yang Anda katakan akan memperkuat apa yang Anda pikirkan, maka bila sesuatu keluar dari mulut Anda yang tidak sesuai dengan tujuan Anda, segera tutup mulut Anda rapat-rapat.
6. Anda bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda sendiri. Maka ketika orang lain kejam kepada Anda, itu peringatkan diri Anda untuk tetap berbuat baik pada diri Anda sendiri.
7, Ada sebuah kalimat ajaib yang mampu membuat masalah tersulit menjadi lebih mudah untuk diatasi. Kalimat ajaib itu adalah: "Don't take it personally". ("Jangan dimasukkan ke hati" atau "Jangan mudah tersinggung".
8. Ketika terjadi situasi di mana kebesaran hati dibutuhkan seperti meninggalnya keluarga yang sangat kita sayangi, ingatlah urusan bisnis bahkan tidak sebanding dengan segenggam penderitaan tersebut.
Posting Komentar