do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Membangun Reputasi Online

Akhir-akhir ini, reputasi di dunia maya ialah reputasi kita di dunia nyata pula. Tentu tidak memiliki reputasi lebih baik daripada memiliki reutasi buruk tetapi jangan menunggu orang lain untuk membangun reputasi yang baik untuk diri Anda. Sekaranglah waktunya untuk semua bisnis dan pebisnis untuk secara proaktif menciptakan sebuah perwakilan di dunia maya yang sesuai dengan citra yang mereka inginkan.

Langkah pertama dalam proses ini ialah dengan mengklaim identitas personal di dunia maya Anda. Ini adalah konsep sederhana tetapi membutuhkan upaya nyata dan bisa memakan waktu, dan bahkan biaya yang tinggi. Apalagi jika ada orang lain yang berniat kurang baik dengan menggunakan nama Anda untuk memperkaya diri.

Setelah Anda mengklaim identitas dengan nama domain, akun di jejaring sosial platformblogging, tantangan berikutnya ialah menciptakan konten yang positif sebagai pertahanan dari serbuan konten negatif di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing dan sebagainya.

Konten positif seperti informasi dan gambar yang sesuai dengan prestasi dan citra yang ada memberikan Anda publikasi yang baik. Konten netral termasuk keanggotaan Anda dalam perkumpulan bisnis, afiliasi perusahaan , bisa memberikan keseimbangan atas beredarnya publikasi konten negatif atau setidaknya membuat konten negatif lebih sulit ditemukan.

Berikut adalah beberapa metode termudah yang bisa ditempuh untuk menciptakan konten netral dan positif:
·         Membuat blog. Terdapat sejumlah platform blogging yang bisa digunakan untuk mengkalim identitas Anda (misalnya WordPress, Blogger, dan LiveJournal). Jika Anda menambahkan konten baru secara teratur, blog tersebut berpeluang akan menjadi bagian penting dalam resume online Anda dan ia akan muncul di hasil pencarian mesin-mesin pencari yang melibatkan identitas Anda.
·         Update Twitter. Cara yang lebih mudah untuk menyebarkan pesan positif Anda hingga ke ranking atas Google ialah dengan melakukan update di Twitter. Ini terutama berguna dalam memberikan tautan ke konten netral dan positif lainnya.
·         Situs profil. Terdapat layanan berbayar dan gratis seperti LinkedIn dan Visible.me yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil singkat pribadi dan menghubungkannya ke situs lain yang relevan. Dengan hanya melibatkan diri dalam forum atau diskusi dan bertukar komentar dan opini akan mampu membangun konten positif.
·         Situs konten yang dihasilkan pengguna lainnya. Situs-situs seperti Flickr, Webshots, dan YouTube memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi foto dan video dan membuat profil singkatnya sendiri. Anda juga bisa menggunakan situs-situs ini untuk kepentingan bisnis dengan mengunggah konten positif dan relevan dan memasukkan nama Anda secara jelas dalam subjek atau deskripsinya.
·         Direktori profesional. Banyak profesi yang menawarkan direktori onlie gratis untuk menampung para anggota atau situs serupa yang ditujukan untuk jejaring profesi. Situs-situs ini sering mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google. Jika ada direktori yang relevan dengan profesi atau bisnis Anda, jangan ragu untuk menggunakannya.


Poskan Komentar