do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Kendalikan Hasrat Mendominasi Anda

Biasanya para pemimpin bisnis, terutama yang merasa serba bisa dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata, tergoda untuk memamerkan bakat dan wawasan mereka di depan tim yang ia pimpin. Namun, seorang pemimpin bisnis yang cerdas sejatinya mengetahui dengan baik bahwa memperbolehkan timnya untuk menyumbangkan ide bukan hanya langkah yang positif bagi perkembangan tim tetapi juga meningkatkan pencapaian bisnis secara umum. 
Jika Anda merasa seperti itu, jangan khawatir. Untuk mengurangi tendensi Anda mendominasi di tim bisnis, adakanlah sebuah rapat atau percakapan dengan para anggota tim, lalu bukalah pertemuan itu dengan menanyakan sejumlah pertanyaan penting. 
Tanyakan, misalnya, pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya mengklairifikasi untuk menggali informasi lebih dalam dan memahami lebih baik ide-ide dalam benak karyawan. Kemudian gunakan pertanyaan-pertanyaan itu untuk menentukan langkah-langkah strategis perusahaan selanjutnya. Mungkin akan sulit bagi Anda sebagai pemimpin mengendalikan diri untuk tidak berkomentar, memberi saran atau mengkritik di tengah mereka menyampaikan ide, tetapi mengetahui kapan melontarkan pandangan Anda mengenai ide mereka akan sangat baik manfaatnya bagi mereka dan pada gilirannya kinerja perusahaan Anda. (HBR/*Akhlis)
Posting Komentar