do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Lima Tips Membangun Jaringan Bisnis

berbisnis, atau Anda malah sudah merintis bisnis baru? Coba aplikasikan tips dariDaily Mail berikut ini, dijamin bisa menambah rasa percaya diri Anda dalam membangun jaringan bisnis yang luas.
Mulailah sekarang
Memang masih sangat sulit menemukan cara yang tepat untuk membangun jaringan. Namun apabila kita sudah memulainya, kita akan sadar betapa produktifnya membuat jaringan. Jadi lakukanlah, jangan malu. Bicaralah pada banyak orang dan biarkan mereka mengenal Anda.
Kesempatan ada di mana-mana
Bicaralah pada setiap orang yang Anda temui, bahkan yang tidak anda kenal sekalipun. Jangan membatasi hubungan hanya di lingkungan bisnis saja. Di toko buku, supermarket, bahkan di transportasi publik. Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda temui. Berbicara dengan banyak orang secara tak langsung juga membangun percaya diri Anda.
Selalu tersenyum
Jangan pernah meremehkan kekuatan "senyum". Peter Handal, pengusaha sekaligus penulis buku "How To Win Friends And Influence People" menjelaskan bahwa senyum adalah kunci dari membangun network. "Orang akan lebih terbuka bila pada kita yang murah senyum, dibandingkan dengan orang yang bermuka masam," terangnya.
Hadapi penolakan
Jangan khawatir terhadap penolakan-penolakan yang Anda alami selama membangun network bisnis. Anggaplah penolakan itu sebuah pengalaman. Lebih baik ditolak, daripada kehilangan kesempatan bertemu seseorang yang menarik untuk diajak berbisnis.
Jaga hubungan
Sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab Anda tidak tahu, suatu hari mungkin akan butuh bantuannya. (as)
Poskan Komentar