do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 30 September 2013

Jangan Biarkan Strategi Anda Menghalangi

Dalam bisnis, semua orang tampaknya mengagung-agungkan strategi. Memang penting bagi seorang entrepreneur untuk memiliki strategi khusus dan menetapkan target tertentu seperti pencapaian target penjualan periode bulan X sebesar Y persen, atau mencanangkan pertumbuhan perusahaan sebesar Z persen, atau menerapkan strategi yang Anda yakini akan mempermulus jalan menuju tujuan-tujuan tersebut.
Sebuah strategi yang jelas dan mudah dipahami yang memberikan petunjuk proses untuk mencapai tujuan bisa jadi terasa memberikan sensasi nyaman, namun perlu hati-hati juga agar jangan sampai menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan. Jagalah agar pikiran Anda tidak terlalu terfokus pada proses saja sehingga Anda kehilangan orientasi terhadap tujuan yang jauh lebih besar. Cukuplah menjadikan strategi sebagai rujukan beberapa kali saja dan ingatkan diri sendiri mengenai apa yang Anda sedang ingin raih. Pasar berubah, konsumen pun bergerak dinamis, dan bahkan perusahaan Anda mengalami pergeseran.
Melihat ke atas, ke tujuan yang lebih besar, akan membuat Anda lebih pasti dalam menangkap peluang penting dan baru. (HBR/ *Akhlis)


Posting Komentar