do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Instagram, Media Pemasaran yang Wajib Digunakan Pebisnis

Beberapa waktu lalu fitur baru hadir di Instagram, jejaring sosial berbasis gambar yang dimiliki Facebook. Dengan berbekal kamera video smartphone, Anda kini bisa mengunggah video singkat ke akun Instagram untuk sekadar bersenang-senang atau, jika Anda seorang entrepreneur, Anda bisa menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki. Tak cuma Anda bisa berbagi informasi produk/ jasa di Instagram tetapi juga sekaligus di jejaring sosial besar lain seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr. Ini membuat kerja Anda lebih mudah.
Pertama-tama Anda perlu memiliki smartphone berplatform Android atau iPhone (BlackBerry belum didukung) untuk bisa mengakses Instagram. Buatlah akun dan Anda siap bereksperimen menyusun cerita audiovisual mengenai produk/ jasa Anda sebagai sarana berpromosi online.
Sebelum mengunggah video, Anda perlu mengetahui beberapa poin mengenai fitur video Instagram sebagai berikut:
1.     Panjang: Durasi maksimalnya hanya 15 detik
2.     Pengeditan: Kita bisa hapus sebuah segmen dari video
3.     Filter: Sejumlah filter bisa dipilih untuk membuat hasil lebih menarik
4.     Audiens: Jangkauan Instagram lebih dari 130 juta orang pengguna
5.     Integrasi: Fitur video Instagram menyatu dengan aplikasi Instagram sehingga mudah diakses semua pengguna
6.     Pemilihan gambar cover: Kita bisa memilih gambar diam dari video yang akan digunakan sebagai cover yang semenarik mungkin jika dilihat orang lain
7.     Akses dari Facebook: Karena bisa dihubungkan dengan akun Facebook, teman-teman di Facebook juga bisa melihatnya.
Berikut adalah 6 cara yang Anda perlu lakukan dalam memanfaatkan fitur video di Instagram seperti disarikan dari laman Socialmediaexaminer.com:
1.     Rekam video demo produk/ jasa dan tanya jawab singkat: Video singkat bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan konsumen/ klien mengenai produk/ jasa yang Anda tawarkan. Tanpa banyak kata tetapi lebih meyakinkan.
2.     Buat portofolio visual pengerjaan produk: Dengan kata lain, Anda bisa memamerkan cara/ prosedur pengerjaan produk yang Anda jual. Ini akan lebih menarik, terutama produk kuliner. Mereka dapat menyaksikan proses pembuatannya.
3.     Memberitahukan penawaran istimewa dan event khusus: Promosikan tawaran istimewa di toko Anda di waktu-waktu khusus atau beritahukan bahwa akan ada acara khusus yang patut dihadiri dan tidak boleh dilewatkan.
4.     Undang fans dan follower (pengikut) dengan hashtag (#): Anda perlu membuat pengikut atau fans di Instagram merasa diperhatikan dan diberi ruang untuk berkreasi. Caranya dengan adakan kontes dan mintalah mereka unggah video dengan hashtag (#) yang sudah Anda tentukan. Misalnya untuk kontes promosi kreatif produk, Anda dapat menggunakan "#creativepromotion" sebagai hashtag. Fungsi hashtag ialah untuk memudahkan Anda melacak siapa saja yang memberikan respon.
5.     Membuat brand/ merek menjadi lebih manusiawi: Bersikaplah apa adanya dan terbuka terhadap pengikut Anda di Instagram. Inilah yang membuat jarak dengan konsumen menciut dan keakraban akan tercipta. (bn)


Posting Komentar