do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

3 Sikap Yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Setiap usaha positif pasti akan menuai hasil yang bagus. Begitu pula sebagai seorang pengusaha, kita harus menanamkan sikap dan tindakan yang selalu positif. Bagaimana cara untuk mengatasi masalah yang ada, mengatur keuangan, semua membutuhkan sikap dan mental yang tegas dan berkarakter. Itulah mengapa sikap seorang pengusaha yang sukses tidak pernah pantang menyerah dan selalu membuat inovasi-inovasi baru demi pengembangan bisnis dan usaha yang dijalankan.
Menilik dari arti pengusaha sendiri, bahwa pengusaha adalah orang-orang yang mempunyai motivasi tinggi, selalu mengandalkan tindakan dibandingkan teori, serta tidak takut untuk mengambil resiko disaat ingin meraih tujuan yang dimaksud. Maka dari itu, ketika kita ingin meraih tujuan, dibutuhkan mental dan sifat yang mengarah kepada tujuan. Membentuk sikap seperti itu tidak bisa instan, namun dibutuhkan proses dan pengalaman yang lama. Karakter yang dipunyai seseorang berpengaruh terhadap perilaku/tindakan yang diambil. Jika karakternya baik dan positif, maka tindakannya juga akan menimbulkan hasil yang baik pula, dan kesuksesan dapat diraih.
Beberapa sikap positif yang harus dibangun agar meraih kesuksesan sebagai pengusaha, antara lain :
1. Rasa Percaya Diri
Sikap percaya diri sangat penting untuk seorang pengusaha. Ketika berhadapan dengan konsumen, kita dapat menjelaskan secara detail tentang usaha yang kita jalankan, mengatur karyawan dengan tegas, dan hal lain. Percaya diri dapat dilatih agar sikap ini menjadi karakter kita secara konsisten. Agar rasa percaya diri bisa tumbuh dan berkembang, ada beberapa faktor yang diperhatikan. Yaitu tetap fokus terhadap wirausaha yang kita rintis. Jangan terpengaruh oleh keadaan lingkungan yang bisa mempengaruhi kita. Disamping itu tanamkan bahwa kita bisa melakukan apa yang kita mau, tantang diri kita untuk melakukan hal yang dianggap orang lain mustahil. Bila kita bisa melakukannya, maka rasa percaya diri terhadap diri akan naik.
2. Sikap Leadership
Apa yang dimaksud dengan sikap leadership? Sikap leadership yakni sikap kepemimpinan. Sebagai owner dari sebuah usaha, otomatis kita dituntut untuk selalu mengambil keputusan demi kelancaran usaha. Seorang pengusaha yang mempunyai jiwa leadership tahu dengan persis kemana arah dan tujuan usaha yang dibangun, serta visi dan misi jelas. Langkah-langkah yang harus dilaksanakan untuk meraih tujuan sudah ada didalam pikiran seorang pemimpin.
3. Berkomitmen dan Disiplin
Komitmen dan disiplin tinggi adalah kunci kesuksesan. Seorang pengusaha harus memiliki itu, karena tanpa komitmen dan disiplin tidak akan maju dan berkembang usahanya. Komitmen diartikan sebagai suatu sikap tanggung jawab terhadap apa yang sudah kita bangun. Contohnya saat terjadi masalah, atau kerugian terhadap usaha, komitmen kita untuk selalu pantang menyerah dan semangat membangun usaha kembali adalah suatu hal yang berharga. Sedangkan disiplin melengkapi sikap komitmen tersebut. Otomatis ketika kita sudah berkomitmen terhadap sesuatu, maka tindakan disiplin akan mengikutinya. (bn/wartawirausaha)
Posting Komentar