do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

6 Cara Menciptakan Tren Bisnis

Kali ini kita akan membicarakan bagaimana mengembangkan bisnis anda lebih pesat, tidak hanya bertahan hidup saja. Salah satu cara untuk itu adalah dengan menciptakan sebuah tren, bukan ikuti tren. Artinya kadang kita tidak cukup hanya berpikir out of the box saja, tapi justru harus berpikir with-out the box.
Think out of the box, masih mencari pembanding dengan harus mikir ini kompetitornya bagaimana, produk yang sudah ada bagaimana, pasarnya yang mana dsb. Tapi kalau mau mengalami lompatan finansial alias bisnis anda berkembang hebat, sepertinya perlu untuk berpikir tanpa kotak alias liar dan berbeda sama sekali.
Jika untuk sekedar bertahan hidup, anda bisa berjualan seperti orang lain berjualan, anda bisa berjualan produk yang orang lain juga jual. Tapi untuk memperoleh lompatan finansial dalam sebuah bisnis, dibutuhkan ide yang berbeda dan NYELENEH.
Nah, sekarang apa formulanya untuk menciptakan tren pada bisnis anda? Sedikitnya ada 6 formula untuk menciptakan tren bisnis, cobalah simak satu persatu dari pembahasan berikut:
1. Penyebaran Virus
Carilah perorangan atau kelompok atau komunitas yang sangat berpengaruh. Formula penyebaran virus ini dapat dilakukan sengaja atau tidak sengaja. Tentulah kalau dilakukan secara tidak sengaja, kita tidak bisa melakukan prediksi mendalam. Tapi tentu pula metode menyebarkan virus ini dapat dilakukan dengan sengaja. Misalnya, minta seorang tokoh, atau artis yang terkenal untuk mencicipi, mengkonsumsi produk anda. Jika bagus dan enak, minta dia untuk men-twit tentang kita ke twitter mereka atau ke wall FB mereka. Maka efeknya akan seperti virus yang menyebar dengan sangat cepat. Sisial media seperti twitter dan facebook terbukti sangat ampuh menjadi penyebar virus ini.
Berpikir nyeleneh gak harus jadi jenius dulu. Cukup berani saja...
Berpikir nyeleneh gak harus jadi jenius dulu. Cukup berani saja
2. Promo yang Nancep dan Nyeleneh
Cobalah keluar dari model promosi biasa yang terlalu sering dilakukan orang lain. Tidak harus menggunakan biaya mahal untuk promo seperti ini. Yang paling penting, dia nancep dan kena di hati konsumen. Misalnya seperti yang dilakukan oleh DCost Resto yang memberikan diskon sesuai umur yang dibuktikan dengan menunjukkan KTP. Jadi, makin tua usia pelanggan, makin gede diskonnya
Hhihiasik juga ya?
3. Positioning Yang Terpenuhi
Buatlah positionoing baru atau re-positioning pada produk anda. Lalu slogan positioning itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, bukan basa-basi semata. Jika positioning produk anda terpenuhi dibenak pelanggan, maka produk anda akan ngangeni. Jika positioning anda gagal, maka pelanggan terpuaskan hanya sekali kunjungan dan tidak akan kembali lagi atau tidak melakukan repeat order.
Ingat, IKLAN YANG BIKIN PENASARAN AKAN MEMBUAT ORANG RAMAI MENCOBA, DAN PRODUK YANG NGANGENI MEMBUAT MEREKA KEMBAI DAN KEMBALI LAGI.
4. Merek Ngetop
Buatlah merek yang ngetop dan menjadi anchor dibenak konsumen. Ini bisa dilakukan dengan membuat merek yang sangat terasosiasi pada sesuatu. Lebih lengkapnya coba baca artikel sebelumnya mengenai Panduan Membuat Merek Ngetop
5. Diferensiasi yang Kuat
Tidak mesti produk anda adalah produk baru, namun bisa saja banyak orang (market) untuk area atau kategori tersebut belum memahami atau tahu tentang produk anda. Atau anda bisa melakukan re-packaging dan re-launching produk lama menjadi sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Benar-benar berbeda. Kripik pedas Mak Icih adalah contohnya. Produk Kripik Setan atau Kripik Pedas adalah produk lama yang di re-packaging dengan sempurna oleh pemilik Mak Icih.
6. Bangunkan Pasar Yang Tertidur
Menciptakan tren yang benar-benar baru, bukan mengikuti apa yang sudah ada. Seperti penjelasan mengenai peta pemasaran diatas, formula ini hanya untuk orang-orang yang sangat kreatif dan mempunyai sumber daya yang lumayan besar. Oke, itulah formula untuk menciptakan tren..
Formula itu dapat dilakukan sendiri-sendiri ataupun gabungan dari semuanya.

Tidak ada komentar: