do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Strategi Promosi Toko Online

Mengelola toko online yang menguntungkan bukanlah sebuah hal yang mudah. Ini karena dalam menjalankannya diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang berbeda dari mengelola sebuah toko konvensional. Anda harus berjuang setiap hari untuk memeroleh kunjungan dari pengguna. 

Internet dan itu tidak mudah mengingat banyaknya pesaing. Jika gagal menarik pengunjung, toko online Anda tidak akan mencetak penjualan yang signifikan karena ditinggalkan orang.

Untuk itu, Anda perlu menyusun strategi khusus agar toko online Anda dikunjungi semakin banyak orang dari hari ke hari dan akan membuat orang terus berkunjung dan pada akhirnya membeli.

Iklan
Strategi yang digunakan dalam komunikasi marketing secara online adalah tautan ke situs lainnya, serta iklan yang diletakkan dalam situs yang bersangkutan.

Sales promotion (promosi penjualan)
Stategi yang digunakan dalam promosi penjualan secara online adalah menawarkan sesuatu secara gratis, memberikan kupon atau diskon atau penawaran khusus lainnya, memberikan program-program yang berkaitan dengan program loyalitas, memberikan program yang berkaitan dengan undian, game, serta berbagai permainan yang akan ditentukan pemenangnya dan membuat game online.

Public relations (humas)
Strategi yang digunakan dalam public relations secara online adalah memberikan kumpulan pertanyaan -pertanyaa berikut jawaban yang sering ditanyakan oleh konsumen atau biasa disebut sebagai "Frequently Asked Questions", menyediakan "Press Center", "Press Release", "Galeri Foto", pendaftaran untuk menerima e-newsletter, testimoni atau buku tamu online, merekomendasikan situs Anda kepada orang lain, memberikan kartu pos online secara cuma-cuma dalam bentuk file yang bisa diunduh mudah. 

Direct marketing
Strategi yang digunakan dalam direct marketing secara online ialah :
nomor telepon
nomor fax
alamat asli
alamat surat
alamat email/ surel
formulir tanggapan atau komentar
site map
search index
virtual tour
bagian yang menjelaskan hal terbaru
kalender kegiatan
informasi mengenai laporan cuaca lokal/ nilai tukar mata uang
lelucon atau gambar kartun
peta lokasi
fasilitas untuk menggunakan bahasa asing

Personal selling
Strategi yang digunakan dalam personal selling secara online ialah adanya fasilitas untuk melakukan penjualan secara online misalnya fasilitas booking secara online, fasilitas melakukan order secara online, fasilitas melakukan penjualan secara online serta berbagai fasilitas transaksi lainnya secara online. Cara pembayaran secara online sebaiknya juga digunakan seperti melalui kartu kredit, Paypal, dan sebagainya.("Strategi Promosi Toko Online" oleh Dr. Freddy Rangkuti/ *AP)

Tidak ada komentar: