do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 30 September 2013

Menghadapi Faktor-faktor Pengganggu di Tempat Kerja

Hal-hal apa sajakah yang membuat Anda jengkel dan hampir kehilangan kesabaran di tempat kerja? Mungkin Anda merasa kesal saat menemukan karyawan yang sering datang terlambat ke kantor atau terlambat hadir dalam pertemuan penting atau Anda tidak tahan lagi dengan seorang kolega yang suka menggunakan fitur reply all di emailnya untuk membalas email sehingga membuat kotak masuk email Anda penuh dengan email yang tidak Anda kehendaki.
Meskipun semua hal itu membuat Anda kesal, pastinya Anda menyadari bahwa tidak mungkin untuk sama sekali mengenyahkan gangguan tersebut dari hadapan Anda. Alih-alih terus menerus frustrasi dan merusak suasana dan semangat bekerja Anda, belajarlah untuk mengelola faktor-faktor pengganggu tadi.
  1. Antisipasi: Kadang-kadang Anda harus bisa meramalkan peristiwa-peristiwa yang akan memicu gangguan itu, yang kemungkinan berasal dari dalam diri Anda. Berpikirlah lebih jernih mengenai cara menghadapi situasi-situasi tersebut sehingga Anda tidak lengah.
  2. Tertawa: Jika Anda sudah bisa menjauhkan dari sumber gangguan, Anda berpeluang akan lebih leluasa menemukan unsur humor di dalamnya. Saat Anda merasa kesal, cobalah untuk mengamati betapa konyolnya kemarahan Anda tampak bagi diri sendiri dan orang lain.
  3. Beri imbalan: Dalam kesempatan-kesempatan tersebut saat Anda berhasil untuk menguasai diri sehingga tidak merasa jengkel dengan gangguan itu, berikanlah imbalan bagi diri sendiri karena sudah mampu bersikap tenang dan profesional meski gangguan muncul.(HBR/ *Akhlis)
Poskan Komentar