do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 28 September 2013

Cara Membuat Nama Domain yang Menarik

Memilih nama domain yang baik sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Nama domain situs bisa memiliki dampak besar. Logikanya sama seperti pemilihan lokasi gerai usaha. Jika Anda membuka gerai di lokasi strategis, maka bisnis Anda akan ramai pengunjung. Hal yang sama berlaku untuk nama domain. Berikut adalah enam hal yang harus dimiliki nama domain agar bisnis Anda mendatangkan keuntungan maksimum.

1. Berkesan

Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi bookmark di internet. Tapi faktanya banyak orang tidak memanfaatkan fungsi tombol bookmark ini. Oleh karena itu, pastikan nama domain Anda mudah diingat. Namanya harus mudah dan berkesan, serta tegas. Hindari kompleksitas dan hindari inisial atau singkatan. 

2. Singkat

Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain. Nama domain idealnya kurang dari sepuluh karakter, nama domain yang baik berkarakter antara 10 hingga 20 karakter.

3. Ekstensi yang tepat

Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, .mil untuk lembaga militer, dan .int untuk internasional. Ekstensi tertentu berfungsi lebih baik daripada yang lain, tergantung kebutuhan. Ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.

4. Mudah dieja

Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan Anda dan pelanggan Anda. Sebuah nama domain yang baik harus berisi kata-kata yang mudah diucapkan, memiliki kombinasi kata atau huruf yang baik, umum digunakan sehari-hari, dan tidak mengandung kata-kata yang sama sekali asing.

5. Deskriptif

Sebuah nama domain yang baik harus bersifat deskriptif. Dengan kata lain, ketika pengunjung Anda, pelanggan, atau pelanggan potensial melihat nama domain Anda, mereka langsung segera tahu alamat itu merujuk pada usaha apa.

6. Tidak menggunakan simbol

Jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Bahkan jika nama domain itu mudah diingat, orang justru biasanya tidak akan memperhatikan simbol-simbol. (*/Nilam)
Posting Komentar