do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Bagaimana Duduki Laman Pertama Google dengan Video


Penelitian menunjukkan bahwa video memiliki kans 50 kali lebih tinggi untuk muncul di laman pertama hasil pencarian sebagai bagian dari penyajian hasil beragam. Efek negatifnya mungkin ialah video membuat laman web Anda menurun tetapi kabar baiknya ialah jika Anda bisa muncul di laman pertama hasil pencarian sehingga bisa berpeluang lebih tinggi dalam menarik lebih banyak pengunjung dan klien dan pelanggan potensial melalui situs bisnis Anda.

Penasaran? Inilah cara membuat video menjadi magnet pengunjung situs bisnis Anda sebagaimana dikutip dari pendapat Neil Patel, seorang entrepreneur online yang terkenal dengan blognya QuickSprout.com.

Langkah 1: Unggah video langsung ke YouTube
Jangan ragu untuk langung mengunggah video Anda ke YouTube.Meski tak serta merta menjamin keluar di lama pertama hasil pencarian, Anda patut meyakini bahwa Google akan mengindeks video Anda.
Masalah utamanya sekarang ialah ini tidak cukup mewujudkan tujuan SEO Anda karena orang yang ingin melihat video akan menuju YouTube bukan situs bisnis Anda. Anda bisa sertakan sedikit commercial break dalam video yang Anda buat atau menambahkan running text yang menunjukkan alamat situs, email atau apapun itu yang membuat mereka bisa menghubungi Anda. Langkah ini juga harus diikuti dengan langkah lainnya.


Langkah 2: Sematkan video ke situs Anda
Dengan menayangkan video di situs Anda sendiri, peluangnya untuk dilihat pengunjung juga meningkat. Ini penting karena algoritme Google ingin tahu berapa kali sebuah video di YouTube ditonton.
Banyaknya sebuah video ditonton di situs Anda akan ditambahkan dalam hitungannya. Ingatlah hampir semua video yang ditunjukkan Google dalam hasil pencarian ialah video yang berasal dari Google. Namun Anda perlu ingat ada pengecualian untuk itu.

Langkah 3: Sematkan video pada laman dengan disertai teks
Untuk membantu mesin pencari seperti Google mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai topik jenis konten, pastikan Anda menyertakan teks di laman yang menayangkan video tersebut. Ada dua cara untuk melakukannya: dengan menuliskan kata-kata yang relevan untuk memperkenalkan isi video Anda (tulis sebelum/ di atas video yang disematkan) dan tuliskan semua kalimat dalam video itu di laman yang sama (dalam bentuk transkrip misalnya dengan layanan Speechpad). Simpan transkrip ini sebagai file berekstensi .txt.


Langkah 4: Buat site map video
Google memang tak bisa melihat konten video kita tetapi Anda bisa kumpulkan video Anda ke sini. Ini bisa ditemukan dalam situs Webmaster Tools.

Langkah 5: Fokus pada kata kunci 
Judul video amat penting. Inilah yang akan dikenali Google pertama kali. Judul dan istilah pencarian harus selaras.Perhatikan pula description tag. Pastikan diisi dengan baik dan cermat. Perhatikan pula pemilihan kata kunci yang lebih spesifik, bukan terlalu umum seperti kartu kredit. Setelah Anda menemukan kata kunci yang tepat dan ingin untuk dibidik, pastikan judul video dan deskripsinya cocok dengan kata kunci itu, karena akan amat sukar bagi kata kunci itu jika tidak sesuai.


Langkah 6 : Buat kanal di YouTube
Jika Anda belum memiliki kanal sendiri, buatlah dan pastikan Anda membuat sebuah kanal dengan nama yang berhubungan erat dengan bidang industri yang Anda tekuni. Anda bahkan bisa membuat nama kanal yang memiliki kata kunci di dalamnya. Misalnya saja Anda ingin menamai dengan SEO Training and Marketing. Kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkannya persis seperti yang diinginkan tetapi Anda bisa lakukan modifikasi agar pesan tetap tersampaikan dengan kata yang berbeda sesingkat mungkin (karena ada batasan karakter). 
Cara tercepat agar teks yang dipenuhi kata kunci bisa tampil ialah dengan mengunggah transkrip video ke YouTube. Prosedurnya cukup mudah. Anda hanya mengunggahnya selayaknya sebuah caption. Masukkan kata kunci dalam judul, deskripsi dan tag kata kunci dan kini mulai membangun tautan menuju video Anda.

Langkah 7: Bangun backlink menuju video Anda
Anda bisa melakukan dengan berbagai metode tetapi yang tebraik aialah secara manual karena lebih dapat dipercaya oleh Google. (*AP)
Poskan Komentar