do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

11 Poin Dasar dalam Bisnis Online

Dalam berbisnis online, Anda akan selalu terhubung dengan Internet. Tentunya, bagi Anda yang awam dengan teknologi tersebut perlu memahami beberapa istilah yang wajib Anda ketahui sebagai pelaku bisnis online. Berikut beberapa poin dasar bisnis online:

Adsense

Jaringan periklanan online yang dimiliki Google. Memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan komersiliasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense, si pemilik akan mendapatkan komisi.

Alamat IP (Internet Protocol Address, sering disingkat IP)

Deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi bagi setiap komputer inang dalam jaringan Internet.

Alexa rank

Metode perhitungan ranking dari Amazon yang tidak serumit Google, cukup dari jumlah pengunjung per hari.

Autoresponder

Program untuk menjawab atau mengirim surel (email) secara otomatis baik secara periodik atau tidak, dan pengirim surel akan dicatat di database. Pengirim surel kemudian disebut lead.

Backlink

Link/ tautan dari situs atau blog lain ke situs atau blog Anda. Tautan dari situs lainnya merupakan voting bagi situs Anda. Makin banyak voting dari situs/ blog lain, makin besar peluang bagi situs/ blog Anda untuk menduduki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.

Bring Up My Post (BUMP)

Strategi membuat sebuah topik naik ke atas dalam forum. Hal ini dilakukan agar mencegah tenggelamnya topik. Biasanya aksi BUMP ini dilakukan koleh pemilik lapak online di bursa jual beli supaya dagangannya tidak tenggelam. Istilah lainnya yang sering digunakan ialah sundul gan.

Pay Per Click (PPC)

Anda akan mendapatkan bayaran bila iklan yang terpasang di situs atau blog Anda diklik oleh pengunjung.

Pay Per Sale (PPS)

Anda akan mendapatkan uang atau komisi bila ada orang yang membeli barang atau jasa yang Anda iklankan melalui situs atau blog. Contoh model PPS ialah bisnis affiliasi dan reseller dan biasanya komisi yang Anda dapatkan lumayan besar, bisa mencapai 50% dari harga barang atau lebih.

Paypal

Program pembayaran online yang sah dalam berbagai mata uang di dunia (tetapi untuk Rupiah belum ada). Seseorang dapat menerima atau mentrasnfer uang dalam hitungan detik dengan akun Paypal yang sudah disahkan. Untuk mengesahkan Paypal agar bisa melakukan transaksi atau mencairkan uang ke dalam bank setempat adalah dengan kartu kredit. Akun Paypal berupa alamat surel, bukan nomor layaknya rekening bank.

Reseller

Seseorang yang melakukan penjualan dari produk orang lain melalui situs mereka dengan satu kesepakatan. Biasanya reseller akan memiliki satu situs bayangan atau replika yang persis sama dengan situs utama tetapi dengan kode referral berbeda. Apabila terjadi penjualan melalui situs replika tersebut, reseller akan mendapatkan komisi.

Search engine optimization (SEO)

Upaya menjadikan situs tampil di urutan pertama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. (*/AP)
Posting Komentar