do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Inilah yang Bisa Anda Jual di Dunia Maya

Dengan keberadaan dunia maya alias internet yang tak mengenal waktu dan ruang seperti sekarang ini tentunya dapat dijadikan peluang untuk menghasilkan uang. Apa saja sebenarnya yang dapat dijual di dunia maya tersebut?

1. Buku elektronik (e-book)

Lihat perusahaan 37Signals yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat. 37Signal telah menjual ebook berjudul Getting Real sebanyak lebih dari 30 ribu copy. Dari penjualan 1 buku tersebut paling tidak 37Signal telah mengantongi Rp 255 juta.

2. Ruang iklan

Syaratnya Anda harus memiliki situs atau blog yang dikunjungi ribuan, ratusan ribu, atau bahkan jutaan orang tiap harinya. Caranya? Anda sediakan ruang untuk beriklan dan jual ruang tersebut kepada orang atau perusahaan. Lihat saja Rama Mamuaya, pemuda asli Indonesia yang tekun menulis artikel tentang perkembangan bisnis IT dengan situsnya DailySocial.net saat ini telah berhasil memanen hasil jualan space iklan di situsnya.

3. Jasa konsultasi dan bimbingan belajar

Anne Ahira, orang Indonesia yang ahli dalam dunia internet marketing lewat asianbrain.com yang menyediakan jasa konsultasi marketing. Anne Ahira pun kemudian banyak dianggap oleh penggelut dunia internet marketing sebagai seorang "pakar".

4. Desain

Dengan internet, seorang desainer bisa langsung menjual sekaligus memasarkan hasil karyanya ke seluruh dunia selama 24 Jam x 1 hari tanpa henti. Desain yang Anda jual pun bisa bermacam-macam. Kartu nama, art work untuk kaos dan hoodie, logo perusahaan atau situs adalah beberapa contoh saja dari sekian banyak kemungkinan.

5. Tutorial

Caranya memang cukup rumit. Anda harus membuat dulu artikel-artikel yang berisi tutorial beragam bidang. Setelah membuat artikel tutorial tersebut, gratiskan dulu sebagian besar isinya. Kemudian jual sebagian kecil tutorial Anda dan gunakan teknik premium membership. Terakhir sedikan tempat untuk para pembaca supaya mereka bisa ikut juga membuat tutorial karya masing-masing.

6. Laporan investigasi

Untuk serius di bidang ini Anda harus memiliki orang-orang yang kompeten di bidangnya. Misalkan Anda ingin menginvestigasi pemalsuan barang-barang IT, gunakan orang-orang Anda yang ahli untuk menelusuri kasus tersebut. Anda bisa menjualnya ke media massa.

7. Tulisan

Orang-orang yang terjun di dunia ini biasa disebut Writerpreneur. Tugasnya hanya mencari topik yang menarik untuk dibahas, bisa liputan biasa atau wawancara eksklusif dengan petinggi suatu perusahaan atau pejabat pemerintahan. Anda bisa jual artikel yang Anda tulis ini ke media massa. Syaratnya jejaring Anda harus sangat kuat.

8. Theme

Apakah Anda termasuk orang-orang yang suka dengan istilah CSS3, HTML5, javascript, Photoshop, Flash sekaligus tekun mengutak-atiknya? Jika ya, Anda bisa saja jadi pedagang template atau theme. Saat ini, orang-orang yang ingin me-launching situs atau membuat blog tampaknya lebih senang membangun proyek mereka dengan aplikasi-aplikasi CMS (content management system) seperti Wordpress, Drupal, Joomla, Magento, dan sebagainya. Untungnya (tentunya dari kaca mata Anda, bukan mereka), CMS-CMS ini umumnya hanya datang dengan satu atau dua theme default, yang biasanya tidak cocok untuk kepentingan sang pengguna.

9. Software

Di Indonesia, salah satu contoh terbaik penjual desktop-based software adalah PT Zahir Internasional. Perusahaan yang didirikan oleh Fadil Fuad Basymeleh ini berhasil membuktikan bahwa orang Indonesia ternyata mau memakai dan membeli software berbasis dekstop. Di tahun 2010 saja, berdasarkan data dari Majalah Forum Keadilan versi Online, Zahir Accounting sudah berhasil menjual sekitar 20 ribu copy aplikasinya. Bila kita misalkan satu copy bernilai Rp 1.000.000, maka perusahaan ini tentunya sudah mengantongi uang tidak kurang dari Rp 20 miliar.

10. SaaS

SaaS atau Software as a Service adalah istilah yang sangat mewabah saat ini. Ini adalah sebutan untuk sebuah software - biasanya web based application - yang bisa memberikan value kepada penggunanya tanpa harus diinstal dulu di server, laptop, atau PC milik pengguna itu sendiri. Jadi, perusahaan pemilik software biasanya memberlakukan tipe-tipe tarif tertentu kepada calon pelanggan yang ingin mengambil manfaat dari software tersebut. (*/ian)
Posting Komentar