do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

5 Cara Efektif Kurangi Stres Saat Dirikan Bisnis Baru

Memulai sebuah startup atau bisnis baru bisa menjadi salah satu sumber stres yang paling hebat dalam kehidupan seseorang. Jika Anda memiliki usaha baru sekarang, Anda tahu persis kondisinya. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara mengelola tingkat stres yang tinggi sebagai entrepreneur. Tak hanya ini penting bagi sehat tidaknya bisnis baru Anda, tetapi ini juga penting bagi kesehatan fisik dan mental Anda sebagai entrepreneur.
Berikut adalah 5 cara untuk mengurangi stres saat masih berada pada tahap awal berbisnis.
1. Sederhanakan kehidupan Anda
Ini merupakan bagian sifat manusiauntuk mencoba maju dalam apapun yang mereka lakukan. Saat kita melakukan ini, kita bisa sering mencoba untuk mengakumulasikan lebih banyak material yang berkualitas lebih baik dalam gaya hidup kita. Saat kita meningkatkan kualitas kehidupan kita, kita biasanya menambah pengeluaran dan biaya pribadi lainnya.
Sesungguhnya tidak ada masalah dengan hal ini saat kita bekerja sebagai karyawan yang menerima bayaran stabil setiap bulannya. Sayangnya, bagi entrepreneur tak ada kemapanan dan kenyamanan finansial seperti itu saat memulai usaha. Biaya pengeluaran pribadi yang tinggi bisa memukul keuangan bisnis Anda baik langsung dan tak langsung. Dan pada akhirnya akan membuat Anda lebih stres.
Untuk atasi ini, kita bisa sederhanakan gaya hidup dengan mengurangi kegiatan yang kurang perlu, mengurangi aset yang tak banyak digunakan dan mengurangi kualitas dan kuantitas barang yang kita beli. Dengan membuat penyesuaian kecil di sana sini, kita bisa mengurangi pengeluaran rutin kita dan ini akan membuat tingkat stres menurun.
2. Olahraga
Bekerja selama 40 jam seminggu tak ada lagi dalam kamus Anda saat memulai bisnis. Sebagai entrepreneur dengan bisnis baru, Anda tak hanya harus bekerja lebih panjang di hari-hari kerja tetapi juga menyelesaikan pekerjaan di akhir minggu saat orang lain bersantai. Meski pekerjaan seakan tak ada habisnya, kita butuh rehat sejenak dan berolahraga. Kita bisa menghabiskan waktu untuk hanya bersantai, tetapi akan lebih baik lagi jika kita menyisihkan sebagian waktu untuk fokus pada peningkatan kebugaran tubuh di sela kesibukan.
Tak hanya Anda akan merasakan dampak positifnya pada kehidupan Anda dalam jangka panjang, tetapi Anda juga akan merasakan tingkat stres yang menurun karena dilepaskannya hormon endorfin ke seluruh tubuh dan ini bisa berdampak positif terhadap kemampuan Anda untuk menangani dan menurunkan stres. Saat stres berakumulasi, kadang cara terbaik untuk lebih segar ialah dengan berlari sepanjang beberapa mil atau berolahraga di pusat kebugaran. Tak punya banyak waktu untuk berlari atau ke pusat kebugaran yang jauh dan mahal? Ada baiknya berolahraga saja di rumah bersama pasangan atau anggota keluarga. Selain lebih hemat, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda kasihi. Bagaimanapun juga mereka adalah bagian dari alasan mengapa Anda bekerja begitu keras.
3. Buat ruang untuk masing-masing peran
Salah satu tantangan saat memulai bisnis baru ialah bahwa terdapat begitu banyak peran dan tanggung jawab yang harus Anda pikul dalam waktu bersamaan. Anda bertanggung jawab atas keuangan, akunting, marketing, teknik, kebersihan dan keamanan kantor, dan tak ketinggalan kewajiban sebagai orang tua, pasangan dan sebagainya. Ini bisa sangat membingungkan dan berat dan bisa membuat Anda sangat stres.
Satu cara untuk mengatasi ini ialah dengan menciptakan ruang dan waktu tersendiri yang diperuntukkan untuk setiap peran yang Anda pikul. Saat Anda berada di ruangan kerja atau kantor , jadilah entrepreneur yang baik, berkonsentrasilah pada pekerjaan. Namun begitu Anda sampai di rumah atau kamar tidur anak Anda, jadilah orang tua yang baik untuknya. Jangan pikirkan pekerjaan saat bersama keluarga atau anak. Tak hanya ini akan mengruangi stres tetapi juga membantu Anda lebih menikmati dan berkonsentrasi pada semua peran Anda. Alhasil, produktivitas bisa lebih meningkat. Ingatlah, fokus pada satu peran dalam satu waktu.
4. Miliki penyokong keuangan
Jika Anda membaca ini dan sudah memulai sebuah bisnis, mungkin sudah agak terlambat karena sebenarnya ini bisa dilakukan untuk mengurangi stres. Milikilah penyokong keuangan selama mendirikan bisnis baru. Ini bisa berupa tabungan atau dana segar yang bisa Anda ambil jika keadaan bisnis Anda tak selancar harapan semula.
Memiliki cadangan keuangan semacam ini bisa dilakukan dengan bekerja dan menabung sejumlah dana agar kelak siap saat menjadi entrepreneur. Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjual sejumlah aset atau mendapatkan kredit dari badan keuangan.
5. Tetap berpikir jernih
Kiat terakhir yang mungkin bisa disampaikan di sini ialah tetap berusaha berpikir jernih. Kita bisa saja kehilangan peluang untuk suatu perjanjian bisnis atau mengalami kemajuan yang lebih lambat dari rencana dan ini bisa mengakibatkan meningkatnya stres dalam waktu singkat. Apapun yang mnjadi pemicu stres, pada tingkatan tertentu kita harus berhenti dan mencob untuk berpikir jernih untuk menyadari bahwa masih ada hal yang lebih penting dalam kehidupan ini untuk dipikirkan.
Hal-hal seperti kesehatan diri dan keluarga dan teman adalah beberapa contoh hal yang amat penting dan lebih pantas dipikirkan dengan lebih mendalam. Kegagalan sehari-hari dalam bisnis tak sebanding dengan semua itu dan ini bisa senantiasa mengingatkan kita saat kita mengalami stres dalam bekerja.
Kita harus ingat bahwa jika yang buruk akan makin memburuk, kita selalu bisa memulai babak baru dan mendapatkan pekerjaan lain jika bisnis gagal. Mungkin bukan sebuah prediksi yang begitu positif tetapi jika tingkat stres makin meninggi hingga tingkatan yang sudah tak tertahankan bagi kita, kita bisa beralih ke pekerjaan lain yang lebih membuat diri kita bahagia.
Posting Komentar