do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Apakah Anda Memenuhi Syarat untuk Menjalankan Usaha Sendiri?

Banyak orang saat ini berambisi menjadi lebih mandiri dengan menjadi pemilik bisnis miliknya sendiri. Tak peduli apakah tujuannya ialah untuk menjadi pekerja mandiri bagi diri sendiri dan bekerja sendiri atau mendirikan sebuah perusahaan besar, langkah awalnya sama saja.

Mungkin pertimbangan-pertimbangan paling penting merupakan hal yang berhubungan dengan aspek psikologis. Apakah Anda memiliki kepribadian dan karakter yang tak hanya menjadi sukses dalam bisnis tetapi juga mengatasi banyak kendala sepanjang perjalanan dari fase awal menjadi startup hingga besar dan sukses? Antusiasme, keterbukaan dan kerendahan hati sama pentingnya dengan kemampuan untuk bekerja dalam periode yang panjang.

Craig Dowden dari SPB Psychology Inc. memberikan 4 titik pijakan yang krusial untuk dilalui seorang pemilik bisnis kecil.
1. Cintai apa yang Anda lakukan atau lakukan apa yang Anda cintai.
Memulai sebuah usaha membutuhkan banyak kerja keras dan perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki tujuan bisnis yang jelas dan nyata. Memiliki passion mengenai pekerjaan dan mengapa Anda melakukannya akan membuat Anda tetap termotivasi dan berkomitmen.
2. Carilah dan terima dukungan.
Faktor lain yang juga menentukan kesuksesan tetapi sering dilupakan ialah dukungan emosional yang diterima dari keluarga dan teman. Orang ingin membantu Anda, jadi jangan segan untuk meminta bantuan.
3. Selalu pikirkan pelanggan Anda.
Meskipun penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki produk dan jasa yang berkualitas prima, sama saja pentingnya juga bagi sebuah bisnis untuk memiliki pelanggan yang setia. Anda juga jangan sampai melupakan hal ini. Bisnis bukan hanya mengenai kita saja tetapi lebih tentang konsumen dan klien kita. 
4. Bersikap terbuka terhadap masukan.
Temukan orang-orang yang bersikap kritis terhadap ide, produk, dan layanan Anda dan mintalah mereka untuk menanyakan pada Anda sebanyak mungkin pertanyaan dan jawablah. Latihan ini akan membantu Anda menemukan cara untuk memperkuat produk dan layanan Anda dan menyaksikan apakah bisnis Anda sudah lebih dari dari sudut pandang yang berbeda yang pernah Anda gunakan. (*Akhlis)
Poskan Komentar