do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Kuasai Tiga Hal Ini Agar Sukses Berbisnis

Kini menjadi entrepreneur merupakan impian banyak orang. Tak ayal, tidak sedikit orang yang terjun ke dalam dunia bisnis. Banyak di antara mereka yang meraih kesuksesan. Namun, tak sedikit pula yang berakhir dengan kegagalan. Jika ingin sukses, entrepreneur harus memiliki sejumlah kompetensi seperti berikut ini:
Menguasai keuangan
Pengetahuan keuangan itu penting dimiliki seseorang jika ingin sukses berbisnis. Entrepreneur dengan pertumbuhan perusahaan yang tinggi benar-benar menjalankan bisnis dengan angka, memahami arus kas, dan memiliki kontrol terhadap neraca. Mereka berfokus menggunakan laporan keuangan untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak perlu memiliki gelar MBA untuk menjadi pengusaha sukses. Entrepreneur bisa memiliki seorang mentor, mitra bisnis, atau akuntan yang baik pun sudah cukup.
Membentuk kelompok penasihat
Faktor pembeda lain dari pengusaha sukses adalah mereka sering memiliki kelompok penasihat formal mau pun informal. Bekerja sama dengan pemilik usaha lainnya sangat penting. Kelompok penasihat bukan hanya dapat menginformasikan keuangan, melainkan juga menawarkan strategi pemasaran bisnis dan mengelola vendor.
Menguasai teknologi baru
Pengusaha yang cerdas harus memanfaatkan alat-alat dan teknologi baru untuk mengelola bisnis mereka. Pengusaha juga harus menggunakan media sosial guna mengembangkan basis konsumennya, termasuk mencari dan berjejaring dengan pemilik bisnis lain dalam industri yang sama namun bukan pesaing. (as)
Poskan Komentar