do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Berbisnislah Sejak Mahasiswa

Belajar menjadi entrepreneur sejak masih duduk di bangku kuliah sebenarnya bukan perkara sulit. Kita harus tahu terlebih dulu bagaimana memulainya. Berikut beberapa poin yang dapat dijadikan pelajaran bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia bisnis.
1. Bangun Mental Entrepreneur
Apa saja mental seorang pengusaha? Tidak kenal menyeah, mau hidup susah dulu sebelum sukses, dan tentunya ulet. Mulailah belajar dari nol. Saat ini banyak sekali media tempat menyerap ilmu bisnis secara gratis, mulai dari buku hingga bergabung dengan kelompok-kelompok pengusaha.
2. Tentukan Bisnisnya Sesuai Dengan Modal
Modal bukan sekedar uang tapi juga pengetahuan, jaringan, dan hobi. Tentukanlah bisnis yang sesuai dengan hobi kita. Yang harus disadari adalah saat ini tidak ada yang tidak bisa dijadikan uang, jadi selama kita punya hobi pasti hobi tersebut bisa menguntungkan.
3. Buat Time Management yang Baik
Bagaimanapun tugas utama kita saat kuliah adalah belajar jadi atur waktu berbisnis Anda agar tidak mengganggu waktu kuliah. Misalnya gunakan waktu liburan Anda untuk mencari supplier, ikut pameran, dan sebagainya sehingga saat masuk kuliah Anda tinggal memantain pasar yang ada.
4. Aktif Berpromosi
Waktu kuliah adalah waktu yang sangat efektif untuk menjaring teman sebanyak-banyaknya. Dari jaringan tersebutlah Anda bisa mulai berpromosi. Kekurangan di lingkungan kita biasanya kalau ada yang berjualan langsung mendapat ejekan, jadi jangan malu kalau ada yang mengejek Anda. Semua pengusaha sukses sudah kenyang dengan cibiran dan ejekan.
5. Action
Keempat poin di atas tidak aka nada artinya tanpa aksi, bukan? So, tunggu apalagi, jalankan bisnis Anda sekarang. (bisnisukm.com / ian)
Posting Komentar