do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Maksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Anda

Saat ini penguna internet di Indonesia semakin meningkat. Tak ayal, pengunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya makin banyak.
Kondisi ini membuat internet bisa menjadi media untuk membesarkan bisnis yang Anda jalankan.
Berikut tips-tips praktis bagaimana menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda:
1. Pahami sifat sosial media
Ternyata media online memiliki karakteristik yang berbeda dengan media konvensional (koran, televisi, majalah dan radio). Dalam media konvensional, komunikasi cenderung terjadi secara sepihak atau satu arah. Tapi dalam media online komunikasi bersifat dua arah.
Para pengguna dan calon pengguna produk dan layanan kita bisa memberikan feedback secara real time. Hal ini kadang-kadang masih belum dipahami oleh para pelaku bisnis sehingga mereka belum siap menghadapi kritik dan masukan yang diberikan orang lewat akun Twitter atau Facebook mereka.
Pelaku bisnis harus memahami hal ini dan mempersiapkan diri untuk menghadapi komunikasi yang bersifat dua arah ini.
2. Optimalkan akun media sosial Anda
Optimalkan akun sosial media Anda di Twitter atau Facebook sedemikian rupa sehingga mendorong para pengguna Internet untuk membeli produk kuliner Anda. Salah satu cara paling mudah adalah mengubah bagian About atau About Me di Facebook atau Twitter.
Dalam bagian ini, cantumkan alamat bisnis kuliner Anda, alamat, telepon, email, PIN BB (BlackBerry) atau cara-cara lain untuk menghubungi bisnis Anda.
3. Buat kuis atau promosi
Kita bisa menggunakan sosial media dan Internet sebagai media promosi gratis. Dan untuk melakukannya kita bisa membuat kuis atau program promosi. Misalnya program diskon 50 %, asalkan pembeli di restoran atau kafe kita mentweet kata-kata yang mempromosikan produk kita. Kata-kata ini bisa kita persiapkan sebelumnya dan bisa dirancang untuk mempromosikan bisnis Anda.
4. Beli domain nama bisnis Anda
Bila Anda belum merasa perlu untuk membuat blog atau website untuk bisnis Anda, Anda tetap disarankan untuk membeli nama domain yang sama dengan nama bisnis kuliner Anda. Misalnya Anda memiliki kafe bernama Kafe Kongkow, maka Anda bisa membeli domain www.kafekongkow.com. (as/dari berbagai sumber)
Poskan Komentar