do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Memulai Bisnis dengan Menjadi Relawan, Mungkinkah?

Kita selalu berasumsi mustahil untuk mengetahui apakah seseorang akan sangat menyukai arahan karir hingga ia bersedia untuk mencobanya. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang besar dan fatal serta mahal harganya (yang artinya membuang waktu, pikiran dan energi Anda secara berlebihan), jangan ragu-ragu untuk melakukantest drive.
Jika Anda bisa menyisihkan sebagian waktu di malam hari atau akhir minggu, atau berkesempatan untuk pergi tanpa hambatan biaya selama waktu tertentu, cobalah untuk memberikan sedikit waktu dan tenaga dalam sebuah pekerjaan sukarela (volunteer) di berbagai organisasi amal atau sosial yang memungkinkan.
Tawarkan bantuan bagi organisasi atau perkumpulan tersebut. Jika tidak, berikan bantuan bagi pengusaha mikro yang bekerja di lapangan, di sektor yang Anda anggap sebagai bidang yang menjanjikan dan sesuai dengan bakat dan minat serta kemampuan Anda.
Bekerja sebagai relawan seperti ini akan memberikan Anda persepektif yang lebih luas sebagai calon wirausahawan. Selain itu, jejaring bisnis Anda akan mulai berkembang. Anda akan menemui sejumlah orang dengan cita-cita, visi dan misi yang mirip di bidang yang sama pula.
Ketrampilan yang Anda akan butuhkan saat kelak menjalankan bisnis juga akan diasah saat bekerja sebagai relawan. Tak hanya itu, Anda akan mempelajari banyak ketrampilan baru di lapangan, terutama ketrampilan sosial dan intrapersonal yang amat berguna nantinya saat harus menemui banyak orang, bernegosiasi dengan mereka, menyampaikan gagasan Anda di depan orang asing, dan sebagainya.
Setelah Anda menyelesaikan tugas sebagai relawan, resume Anda akan bertambah dan akan memperkuat rasa percaya diri Anda secara perlahan tetapi pasti. Semua pengalaman sebagai relawan ini akan memperkaya diri Anda sebagai entrepreneur kelak.
Bahkan jangan menunggu kesempatan bekerja sebagai relawan tetapi ciptakanlah kesempatan itu. Caranya, jika Anda sekarang masih bekerja di perusahaan lain, yakni dengan menawarkan tenaga Anda di departemen lain di saat Anda tidak terlalu banyak beban kerja. Beranilah menawarkan diri untuk masuk dalam suatu kepanitiaan atau proyek yang membutuhkan tenaga dari berbagai bidang yang memungkinkan Anda untuk membangun jejaring koneksi bisnis di berbagai departemen di perusahaan.
Mungkin awalnya akan terasa sangat aneh untuk bekerja sebagai relawan di departemen lain dalam perusahaan tempat Anda bekerja, tetapi Anda akan merasakan hasil jerih payah itu suatu saat nanti, yang berupa jejaring internal yang makin kuat dan luas. Tak lupa, pengalaman Anda akan makin bertambah dari waktu ke waktu. Dalam sebagian kasus, seorang entrepreneur adalah mantan staf atau karyawan sebuah perusahaan yang kemudian menjadi mitra bisnis perusahaan yang bersangkutan.
Posting Komentar