do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Tips Menemukan Ide untuk Berbisnis

Tahukah anda bahwa ide dari dibangunnya Disneyland terlahir dari sebuah liburan keluarga? Walt Disney sedang mengunjungi Tivoli Gardens, salah satu taman hiburan tertua di Eropa dan disitu ia tersadar bahwa dia dapat membangun sebuah taman hiburan yang lebih besar dan lebih baik di California. Metode ini sangatlah umum bagi siapapun yang telah memiliki intuisi sebagai pengusaha, ide-ide baru terlahir dari pengamatan dan kesempatan dalam kehidupan sehari-hari.
Ide-ide tidak terlahir dari suatu keadaan yang kosong atau belum ada, anda harus berada dalam suatu keadaan yang sudah ada dan bertindak dengan perilaku yang pada akhirnya menuntun anda kepada sebuah ide baru atau inovasi. Ini bukan tentang bagaimana pintarnya anda tetapi lebih kepada memburu ide tersebut dan anda mampu merubahnya menjadi sesuatu yang baru.
Dengan cara berpikir dan bertindak tepat dalam memburu ide, kita dapat memposisikan diri pada alur kesempatan berbisnis dalam kehidupan sehari hari. Berikut adalah tiga tips wirausaha yang dapat membantu anda dalam menemukan inspirasi bisnis dari keadaan sekeliling :
  1. Buatlah daftar yang berisi kesempatan. Kehidupan ini berisi banyak masalah yang perlu diselesaikan, tiap detik yang berjalan saat ini juga pasti ada suatu pekerjaan yang harus diselesaikan. Sejalan dengan detik tersebut, buatlah daftar yang berisi pekerjaan yang diabaikan atau ditinggalkan karena gagal diselesaikan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut bila dapat dijalankan adalah kesempatan yang mempunyai potensi menjadi bisnis.Mulailah dengan pengalaman anda sendiri, tanyakan pada diri anda, apa yang menggangu anda dalam keseharian, apa yang bisa dikerjakan dengan lebih mudah, lebih nyaman. Anda bisa terkejut bahwa frustrasi anda bisa menjadi sumber bisnis baru.
  2. Berburu ide di tempat-tempat yang berbeda. Ide baru membutuhkan kreativitas, yang membutuhkan keragaman dan kesegaran. Anda dapat menemukan ide selagi dalam liburan atau mungkin ketika sedang jalan-jalan biasa. Tempat-tempat yang berbeda akan memberikan vibrasi yang berbeda pada pikiran anda dan akan menghasilkan ide baru.Hal yang perlu diingat adalah pencarian ide ini bukanlah sesuatu yang secara tanpa disadari, anda harus sadar dalam melihat sekeliling dan merumuskan ide tersebut, buka mata dan lihat sekeliling dan boom! Anda akan mendapatkan banyak ide hanya dengan melihat, latih diri anda dengan kemampuan untuk mengekstrak berbagai hal di keadaan sekitar menjadi sebuah ladang bisnis.
  3. Perhatikan bagaimana orang lain menghadapi masalah dalam bisnisnya. Anda dikelilingi oleh berbagai macam masalah yang sebelumnya telah orang lain coba untuk pecahkan, tiap kesempatan itu adalah peluang untuk kita pelajari dan pecahkan.
    Anda bebas meminjam atau menggunakan ulang ide yang sudah ada dan mengaplikasikan kembali pada masalah anda.
Banyak contoh tentang bagaimana cara berpikir dan bertindak tepat yang kemudian diaplikasikan menjadi sebuah kisah kesuksesan bisnis telah ditulis dan mungkin telah anda baca. Siapapun termasuk anda bisa melakukan hal yang sama. Berpikir. Bertindak. Sukses! (bn/dari berbagai sumber)
Posting Komentar