do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Perhatikan Empat Hal Ini Saat Membangun Bisnis

Berbisnis merupakan sebuah tantangan tersendiri. Tentu, kita tidak boleh asal-asalan dalam membuka bisnis. Dalam berbisnis memerlukan strategi yang tepat supaya bisa sukses dan berkembang menjadi sebuah korporasi besar.
Beberapa empat hal yang penting yang harus Anda perhatikan saat membangun bisnis:
1. Tentukan konsumen Anda
Sebuah bisnis tidak bisa hidup tanpa konsumen. Mereka adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha karena mereka adalah urat nadi dalam semua bisnis. Konsumen lah yang memberi anda omzet supaya perusahaan anda terus bergerak. Bisnis tidak akan jalan tanpa ada sesuatu yang terjual.
2. Perhatikan arus kas
Arus kas yang lancar dan sehat kadang lebih penting ketimbang omzet dalam usaha yang baru berdiri. Anda harus bisa mengatur keseimbangan antara arus dana keluar dan masuk. Arus kas yang tidak seimbang bisa memberikan kejutan yang kurang enak di bisnis Anda ke depan.
3. Membangun kredibilitas
Salah satu kelemahan yang biasa melanda perusahaan kecil baru berkembang adalah kurangnya kredibilitas. Sehingga, saat berniat bergerak maju ke cakupan yang lebih luas biasanya kalah dengan kompetitor yang lebih besar. Untuk mengatasinya, presentasi secara profesional, testimoni dari konsumen, sertifikasi pemerintah dan referensi dan promosi dari mulut ke mulut oleh konsumen bisa membantu Anda mengangkat kredibilitas perusahaan. Kredibilas juga bisa dibentuk dengan cara si pemilik perusahaan terjun langsung ke lapangan dan melayani konsumen
4. Modal yang cukup 
Pastikan modal Anda cukup sehingga membantu perusahaan saat Anda ingin berekspansi, seperti menyewa gedung, beli peralatan atau kendaraan operasional atau bahkan mengakuisisi perusahaan kecil lainnya. Dengan adanya hubungan baik dengan bank, ditambah dengan rekam jejak kredit yang cukup baik bisa menjadi sumber modal yang mudah dicairkan. (as/dari berbagai sumber)
Posting Komentar