do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

5 Langkah Memulai Bisnis dari Nol

Membangun usaha adalah keinginan banyak orang. Selain menghasilkan uang, dengan usaha, dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sayangnya banyak orang yang kesulitan untuk memulai usaha.

Lalu bagaimana cara memulai usaha baru dari nol? Sejumlah entrepreneur yang memiliki nama besar pernah berujar, modal untuk memulai usaha cuma satu, yakni mempunyai impian. Karena dengan impian Anda dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga akhirnya ide usaha tersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.

Kunci kesuksesan memulai usaha adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda.

Berikut adalah tips sederhana bagi Anda yang ingin memulai usaha:

1. Tentukan mimpi dan ide usaha Setelah Anda memiliki mimpi, tentukan ide usaha. Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang miliki. Namun tetap tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada di masyarakat. Banyak pengusaha sukses, karena memilih bidang usaha yang mereka sukai. Dengan demikian, Anda akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang dimiliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul.

Selain itu, ide usaha juga dapat dilakukan dengan memulai usaha yang belum pernah ada di pasaran, sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.

2. Ciptakan visi dan misi 

Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.

3. Aksi 

Sebaik apapun ide usaha, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika Anda tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

4. Selalu belajar dan lakukan pengamatan

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama. Bila usaha Anda tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang Ansa jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.

5. Hadapi dan nikmati hambatan

Membangun sebuah usaha hingga sukses tidak mudah. Pasti akan ada hambatan dan resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu, sebaiknya Anda harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras.

Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Dengan menikmati hambatan usaha, akan menguatkan mental usaha dan menambah kemampuan Anda dalam membangun usaha. (Dim)

Tidak ada komentar: