do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Transparansi Informasi dalam Bisnis Baru

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dalam sebuah perusahaan ialah dengan memberikan transparansi informasi yang baik. Penulis Jack Stack berargumen mengenai isu ini dalam bukunya The Great Game of Business.

Transparansi bagi sebagian orang ialah cara yang efektif untuk memupuk kepercayaan antarelemen dalam sebuah perusahaan, menyeleraskan kepentingan dan cara berpikir dan sebagainya.

Komunikasi informasi terutama informasi yang berubah seiring waktu merupakan satu dari berbagai banyak cara yang sulit dalam membangun transparansi menuju budaya tersebut.

Berikut ini ialah sejumlah teknik yang dapat digunakan membantu memfasilitasi transparansi informasi dalam sebuah bisnis baru:
  • Papan skor LCD di lobi dengan informasi real time mengenai perkembangan yang dicapai mewujudkan visi dan misi.
  • Rencana Strategis satu halaman yang sederhana harus diperbarui dan dibagikan ke semua anggota tim secara berkala (misalnya sekali dalam sebulan) dengan informasi keuangan seperti pemasukan
  • Pemeriksaan harian dari jajaran bawah ke atas dalam perusahaan.
  • Pertanyaan yang dilayangkan secara anonim memudahkan untuk membahas masalah dengan leluasa.
  • Wacana dan penjelasan mengenai perubahan perusahaan dibandingkan pernyataan resmi tapa alasan.
Menciptakan lingkungan kerja yang transparan dan penuh kepercayaan cukup sukar dan membutuhkan komitmen dari ata hingga ke bawah. Teknik dan metodologi ini membantu menentukan tone dan meningkatkan transparansi bisnis. (*AP)
Sumber gambar:
identropy.com
Posting Komentar