do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

5 Persiapan Utama Memulai Bisnis

Menjadi entrepreneur saat ini merupakan dambaan banyak orang. Selain bisa memperkaya diri, entrepreneur dapat menjadi "dewa penolong" dengan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Tentunya, untuk menjadi entrepreneur diperlukan persiapan-persiapan yang memadai sebagai berikut:

1. Mental

Banyak orang yang takut memulai usaha, ini karena dalam pikirannya sudah tertanam mental takut gagal atau bingung memulai usaha. Seorang entrepreneur harus memiliki mental yang fokus dan pantang menyerah. Selain itu, tanamkan dalam diri Anda jangan takut gagal.

2. Jaringan

Menjadi seorang pengusaha harus mempunyai relasi yang luas dan banyak. Jaringan menjadi sangat penting bagi perkembangan usaha Anda. Relasi Anda dapat menjadi potensi yang luar biasa baik sebagai konsumen atau mitra dalam mengembangkan bisnis.

3. Modal

Modal merupakan salah satu faktor penting untuk memulai bisnis. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Padahal, untuk memulai usaha bisa dilakukan tanpa modal yakni dengan mengandeng investor atau mitra. 

4. Pemasaran

Seorang pengusaha harus mengetahui seluk beluk pemasaran. Dia harus tahu kelebihan produk yang membedakan dengan barang sejenis. Setelah itu, dipadukan dengan promosi yang menarik sehingga dapat menarik orang untuk membeli produk. 

5. Aksi

Keempat langkah tadi tidak akan jalan jika tidak dilakukan dengan aksi nyata. Dalam menjalankan bisnis seorang pengusaha harus terus mengembangkan diri dengan pengetahuan baru agar bisa mengikuti perkembangan zaman. (*/AS)
Poskan Komentar