do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Seni Percakapan: Komunikasi sebagai Ketrampilan Esensial Berbisnis

Bagi para entrepreneur maupun pendiri startup, memulai menerapkan dasar-dasar komunikasi dalam bisnis mereka adalah alat utama untuk menjalankan roda bisnis. Komunikasi meliputi semua hal dari hubungan kerja yang baik dan harmonis dengan para rekan pendiri, sesama entrepreneur dan pegawai yang bernaung dalam startup, bahkan hingga melibatkan diri dalam percakapan santai bersama dengan pelanggan atau konsumen.
1.Mengkomunikasikan dengan basis pengguna Anda ialah penting tentunya tetapi pendiri startup seharusnya dihindari dengan membombardir pengguna dengan informasi. Banyak sekali pengikut jejaring sosial tidak secara otomatis sama dengan pelanggan setia. David Hillier, pendiri startup "Donate Your Desktop", mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang ia lakukan ialah terlalu mengandalkan basis pengikut jejaring sosial yang terlihat besar. Terbukti bahwa jejaring sosial merupakan alat yang mengagumkan untuk menghubungkan startup dengan konsumennya tetapi banyak gangguan juga di sana yang bisa mengalihkan mereka dari bisnis Anda.Mulailah percakapan dengan konsumen daripada hanya mengandalkan komunikasi satu arah. Bisa dikatakan, ribuan likes di Facebook belum tentu berarti ribuan produk akan terjual. Mungkin saja hanya ratusan atau puluhan yang terjual.
2. Tekad untuk belajar dari orang lain juga sama pentingnya dengan menginformasikan model bisnis Anda. Mungkin akan ada banyak orang yang sudah berpengalaman lebih dulu dari Anda dan mereka yang sama-sama menjalani jalur yang serupa. Mereka ini bisa memberikan nasihat dan kiat atau memberikan Anda peluang untuk berbagi ide dengan mereka. Max Marty, pendiri BlueSeed, mengatakan ia sangat mengandalkan ketrampilan berkomunikasi untuk melontarkan idenya ke orang lain yang berada dalam situasi yang sama. Mampu menjalin hubungan dengan mereka yang cerdas, mau bekerja keras dan berpikiran sama merupakan salah satu jalan untuk memupuuk sukses.
Mencari bantuan ke sekitar Anda juga tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang harus dihindari. Meminta nasihat pada mereka yang sudah berpengalaman akan memberikan penyegaran sudut pandang dan pemikiran sehingga risiko kesalahan akan lebih rendah. Banyak entrepreneurmengakui betapa mereka menyesali karena di awal karirnya tidak meminta lebih banyak nasihat dari orang yang berpengalaman.
3. Komunikasi juga bisa menjadi kunci dalam memotivasi Anda terus menerus. Menjalankan startup bisa jadi sebuah pekerjaan yang membuat kesepian jika Anda tidak memiliki rekan pendiri dan Anda kurang bisa mendapatkan pertimbangan saat bingung mencari masukan yang kredibel. Percakapan dengan basisi pengguna Anda dapat menjadi sandaran untuk mendapatkan masukan yang lebih tepercaya. Seorang entrepreneur mengakui betapa bergunanya email yang dikirimkan dari para pelanggan.
Masukan positif sangat penting saat Anda mencoba meyakinkan industri tertentu untuk mengubah cara berpikir, atau melakukan rencana. Masukan dari pelanggan telah memberikan keyakinan untuk mengejar tujuan meskipun bertentangan dengan opini mayoritas dalam industri yang ditekuni.(*AP)
Posting Komentar