do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Trik Mengubah Ide Bisnis Jadi Nyata

Untuk mencapai kesuksesan, Anda perlu memulainya dengan menetapkan sebuah ide. Bisnis yang sukses dan menguntungkan biasanya adalah bisnis yang dibangun atas ide-ide yang matang. Namun, ide tidak akan berhasil apabila tak diwujudkan. Bagaimana cara mewujudkan ide bisnis agar terlaksana? Berikut adalah beberapa langkah untuk mengubah ide bisnis Anda menjadi sebuah keuntungan yang nyata.

1. Buatlah daftar alasan tentang mengapa Anda ingin menjalankan bisnis ini. Lihat dengan seksama. Apakah tujuan-tujuan itu dapat direalisasikan melalui bisnis? Jika Anda kurang yakin, bacalah buku-buku untuk membantu Anda memotivasi diri sendiri.

2. Buatlah daftar kegiatan yang bisa Anda kerjakan. Kesuksesan akan sulit dicapai jika Anda tidak serius. Cari tahu minat dan hobi atau bidang yang Anda kuasai. Pahami kelebihan dan keterbatasan Anda. Daftar ini akan membuat bisnis Anda jadi lebih mudah dijalankan. Lihat lagi daftar keahlian yang Anda buat. Tentukan ide mana yang ingin Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis.

3. Fokuslah untuk melihat peluang. Temukanlah peluang pasar yang dapat Anda masuki. Lakukan riset kecil-kecilan, dan amati bagaimana kira-kira caranya agar bisnis Anda dapat bekerja pada peluang tersebut.

4. Bertukar pendapat dengan teman atau keluarga yang memiliki atau bekerja di bisnis yang serupa. Tanyakan pendapat mereka seputar hal apa yang perlu ditingkatkan. Mintalah saran dan terimalah saran mereka secara terbuka. Tanyakan juga kenapa hal tersebut masih kurang baik dan bagaimana cara memperbaikinya. Cara lain, Anda bisa juga berdiskusi dengan pengusaha yang sudah mengecap kesuksesan lebih dulu. Berbicara dengan pengusaha lain adalah cara yang baik. Ini akan membuat mereka tidak memusuhi Anda atau menganggap Anda saingan mereka. Selebihnya, justru Anda akan mendapatkan masukan berharga dari mereka. Mereka mungkin punya pandangan baru yang tidak Anda pikirkan sebelumnya.

5. Bergabunglah dalam forum diskusi. Ini adalah cara yang tepat untuk mendekati calon pelanggan. Anda dapat melihat tren pasar, respon calon konsumen, serta mungkin menemukan peluang hubungan kerja dengan orang-orang lain yang pikirannya sejalan denga ide Anda.

6. Evaluasilah permintaan produk barang atau jasa Anda. Anda harus memahami langkah dan arah industri Anda. Lihat seberapa besar khalayak menginginkan produk Anda. Pengetahuan akan hal ini dapat memberikan ide-ide baru sehingga akan membuat bisnis Anda senantiasa hadir dengan inovasi dan perencanaan yang semakin efisien.

7. Lakukanlah riset bisnis di sekitar Anda untuk melihat peluang dan kompetisi. Bisa jadi Anda akan mampu merebut pasar saingan bisnis Anda. Riset peluang dan kompetisi ini bermanfaat untuk mengetahui cara meningkatkan nilai tambah bisnis Anda.

8. Kunjungilah pesaing Anda secara online. Untuk mempercepat riset, Anda dapat menggunakan sarana mesin pencari di internet. Ketiklah nama jenis usaha Anda di browser, dan mesin pencari akan menampilkan usaha-usaha yang sejenis dengan bisnis Anda.

9. Jawablah beberapa pertanyaan berikut untuk memantau bisnis Anda.
Ketrampilan dan pengalaman apa yang Anda terapkan dalam menggerakkan bisnis?
Apa saja kebutuhan dan pengeluaran Anda?
Butuh berapa lama untuk menghasilkan profit?
Dasar hukum apa saja yang harus Anda penuhi?
Jika Anda membutuhkan bantuan finansial, dari mana Anda akan mendapatkannya?
Apakah Anda membutuhkan asuransi untuk bisnis Anda?
Struktur legal seperti apa yang akan ada jalankan untuk bisnis Anda?

10. Melalui informasi yang terkumpul dari jawaban atas pertanyaan di atas, sekarang Anda mempunyai alat untuk membuat rencana bisnis dan marketing yang lebih matang. 
Posting Komentar