do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Bagaimana Memulai Bisnis di Kota Kecil

Memulai bisnis di sebuah kota kecil sangat berbeda dibanding dengan memulai bisnis di kota besar terutama karena keterbatasan pilihan jenis bisnis. Tentunya perlu pertimbangan mendalam sebelum memulai bisnis di kota kecil. Berikut beberapa instruksi yang harus Anda lakukan: 

1. Pelajari tingkat kompetisi 

Tingkat kompetisi di sebuah kota kecil biasanya jauh lebih mudah daripada di kota besar. Hal ini karena Anda mungkin dapat menemukan banyak ide bisnis yang belum ada di daerah tersebut. Jika ada bisnis lain yang menawarkan produk dan layanan yang sama, lihatlah bagaimana mereka memenuhi kebutuhan konsumennya dan tentukan apakah masih ada ceruk pasar di bidang yang sama.

2. Evaluasi ide Anda

Apakah ide Anda akan dapat dijalankan di sebuah kota kecil. Anda dapat mengevaluasi dengan melihat jenis usaha yang tersedia di kota tersebut.

3. Ketahulah karakter masyarakatnya

Ketahuilah struktur masyarakat, usia, ukuran kota, dan kebiasaan mereka. Mengambil waktu untuk melihat bisnis apa yang sukses di daerah (mengevaluasi jumlah pelanggan atau bagaimana kesibukan usaha) merupakan sebuah langkah penting.

4. Pelajari apa yang dibutuhkan pasar

Lihat apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di kota kecil tersebut. Apakah ide bisnis Anda dapat masuk dalam pasar yang telah ada. (*/AS)
Posting Komentar