do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 31 Oktober 2013

Perhatikan Hal Ini Sebelum Berbisnis

Mempunyai bisnis sendiri saat ini menjadi impian banyak orang. Selain menghasilkan materi yang cukup melimpah, mempunyai bisnis sendiri juga akan membuat kita mampu menghidupi orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan baru.
Untuk memulai bisnis sendiri tentunya tidak bisa sembarangan. Tentunya terdapat beberapa langkah sebelum mengambil keputusan membuka bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis:
1. Mau bisnis apa?
Anda juga harus menentukan jenis bisnis yang akan digeluti, apakah Anda akan membangun bisnis sendiri atau memilih bisnis waralaba di mana Anda cukup membeli lisensi dari produk yang sudah memiliki nama.
2. Karyawan
Berapa banyak karyawan yang akan Anda butuhkan, atau sudahkah cukup dengan Anda dan teman-teman yang memulai bisnis tersebut. Semua ini harus dipikirkan secara terperinci, terutama bagi Anda yang memulai bisnis sampingan sambil kerja tetap.
3. Tipe perusahaan
Saat ini banyak orang sudah memulai bisnis sendiri, jadi Anda juga harus tahu tipe perusahaan apa yang dibutuhkan sekaligus punya keunikan sehingga beda dari yang lain.
4. Catatan keuangan
Ketika Anda ingin memulai bisnis sendiri, Anda juga harus memahami catatan keuangan dan apakah Anda akan memerlukan jasa akuntan untuk melakukannya.
5. Rencana pemasaran
Sekecil apa pun bisnis Anda, pemasaran atau marketing juga sangat diperlukan. Cara pemasaran apa yang akan Anda gunakan dan berapa biayanya, merupakan beberapa hal yang patut diperhatikan.
6. Perhatikan tingkat kompetisi
Sebelum terjun ke dunia bisnis Anda juga harus mencari tahu tentang kompetitor yang ada di bidang tersebut. Cara ini agar Anda bisa mencari hal-hal baru yang membuat produk Anda berbeda.
7. Memilih nama merek
Jangan lupa juga melakukan riset seputar nama, misalnya apakah nama yang akan digunakan sudah pernah dipakai. Selain itu pilihlah nama yang mudah diingat, unik, dan merepresentasikan brand Anda.
8. Kenalkan bisnis Anda di dunia maya
Di zaman sekarang ini, tidak mungkin rasanya jika tidak melibatkan bisnis di dalam media online. Apakah Anda akan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, atau justru membuat situs sendiri khusus untuk produk Anda.
9. Modal
Tanpa modal, pastinya bisnis Anda tak bisa berjalan. Bukan cuma uang yang Anda butuhkan, tapi juga modal berupa keahlian dan ide kreatif.
10. Lokasi
Jika Anda membutuhkan kantor atau toko untuk memasarkan produk Anda, lakukan riset terlebih dulu untuk menentukan lokasi yang strategis. (as/ehow)
Poskan Komentar