do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Agar Entrepreneur Muda Sukses

Kesuksesan bisa diraih oleh siapapun, tanpa terkecuali, sepanjang ia mau berusaha keras untuk menggapainya. Begitu pula dalam entrepreneurship. Masing-masing entrepreneur berkesempatan meraih keberhasilan walau ia adalah pemain baru dengan usia yang masih belia.
Meski demikian, bercermin pada dunia olahraga, ada sejumlah ciri-ciri yang menjadi faktor pendukung kesuksesan. Misalnya, pemain basket yang harus memiliki tinggi badan memadai agar bisa menjadi atlet profesional. Berkaitan dengan hal tersebut, situs WealthForTeens, mengelompokkan lima ciri yang umumnya dimiliki entrepreneur belia nan sukses.
Ambisius
Ambisius merupakan sifat paling penting yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Jalan menuju kesuksesan penuh dengan lika-liku yang tajam dan dalam keadaan tertentu lika-liku itu bisa memengaruhi mental entrepreneur. Akibatnya, keinginan untuk menyerah akan timbul dan merongrong jiwa entrepreneur. Di sinilah, kekuatan ambisi entrepreneur diperlukan. Bila ia tak cukup berambisi untuk meraih sukses maka saat masalah besar datang mentalnya akan goyah dan ia akan takluk dengan kegagalan.

Berani
Dalam kehidupan bisnis yang sebenarnya, tak semua ide serta proyek akan berjalan sesuai harapan. Kesalahan bisa saja terjadi atau mungkin keberuntungan belum berpihak pada si entrepreneur. Seseorang yang berjiwa entrepreneur tak akan merasa takut gagal. Ia akan mengevaluasi kesalahan serta menggunakannya sebagai pedoman agar tak melakukan hal sama untuk yang kedua kalinya.
Gigih
Meraup untung kadang membutuhkan waktu yang lama. Diibaratkan dengan menanam pohon buah, ketika sudah menanam bibit, pohon itu takkan bisa langsung berbuah. Dengan perawatan dan pupuk yang sesuai takaran, pohon akan tumbuh dan berkembang. Begitu pula halnya dengan bisnis. Karena itu, kegigihan entrepreneur sangat dibutuhkan. Ia takkan menyerah apapun yang terjadi.
Kreatif
Sebagian besar start up di dunia maya yang sukses sekarang ini berasal dari ide original. Kesempatan berkiprah dengan media internet bisa diregut dengan melakukan pembajakan dari bisnis yang sudah berjalan. Caranya mudah dan kemungkinan menyimpan keuntungan yang lebih besar. Tapi cara itu bukanlah cara entrepreneur sejati. Seseorang berjiwa entrepreneur memiliki kreatifitas lebih tinggi sehingga mampu menciptakan peluang usaha.
Sabar
Selain gigih, entrepreneur yang sukses juga harus sabar. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tak semua ide akan langsung membuahkan profit. Jika tak cukup sabar, entrepreneur akan mudah menyerah pada langkah pertama saat ia menemui kendala. Padahal, siapa tahu saja kegagalan pertama itu berhikmah pada keberuntungan.
Mengelola bisnis di usia muda memang memiliki cukup banyak tantangan. Selain kompetitor, sikap meremehkan yang datang dari khalayak luas juga dapat memengaruhi performa sang entrepreneur. Ada baiknya, sebagai entrepreneur yang baru menjajakan kaki di jagat bisnis memiliki bekal lima ciri dasar seperti yang telah disebutkan di atas. Selamat berbisnis! (*/ely)
Posting Komentar