do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Cara Jitu Mengasah Kreativitas

Banyak orang berpikir bahwa tingkat kreativitas adalah anugerah dari Tuhan yang tidak semua orang memilikinya. Tapi tahukah Anda, kreativitas adalah hal yang bisa dikembangkan oleh siapapun dengan mudah! Jika Anda memiliki waktu senggang, mulailah membiasakan diri dengan latihan kreatif berikut ini

1. Representasikan

Lihat sebuah gambar dan pikirkan 50 atau 100 kata yang bisa merepresentasikan gambar tersebut. Lalu gunakan semua kata-kata itu untuk membuat sebuah cerita. Bebaskan diri Anda dengan membuat cerita yang tidak masuk akal.

2. Gambar dari sebuah garis

Buatlah berbagai macam gambar kartun dari sebuah garis lurus. Lihat seberapa kreatif Anda mengembangkan gambar. Bila Anda terbiasa doodling atau mencorat-coret hanya gambar wajah saat bosan, maka Anda jelas bukan orang kreatif.

3. Buat jurnal metafor

Buatlah sebuah jurnal yang berisi deskripsi segala hal yang Anda lakukan menggunakan metafor. Setiap hari, usahakan membuat metafor baru. Contohnya ketika Anda melihat seorang pria tampan, tulis dalam jurnal, "Pipinya terlihat empuk seperti pantat kalkun." Ini akan melatih Anda mengombinasikan berbagai ide dan pengetahuan yang Anda punya.

4. Pakai lirik lagu

Jawab pertanyaan-pertanyaan standar dengan lirik lagu yang berbeda untuk setiap pertanyaan. Misalnya Anda menulis, "Siapa namamu?", "Apa yang kau lakukan kemarin malam?". "Apa itu cinta?" lalu jawablah sekreatif mungkin dengan berbagai lirik lagu.

5. Kombinasikan ide

Pilih dua obyek yang berbeda, misalnya pohon dan pintu. Beri deskripsi masing-masing obyek, seperti apa kegunaannya, terbuat dari apa, dan bagaimana bentuknya. Lalu saling tukar deskripsi tersebut dan buat pertanyaan seperti, "Bagaimana cara membuat pohon menjadi pintu?"

Lakukan satu dari 5 latihan di atas selama paling sedikit setengah jam setiap hari dan rasakan manfaatnya menjadi "si kreatif". Seperti kata Steve Jobs, pendiri Apple Inc., kreativitaslah yang memisahkan antara pemimpin dan pengikut. Nah, itu berarti jika Anda mulai mengasah kreativitas dari sekarang, maka Anda juga dalam proses mempersiapkan masa depan yang terbaik bagi diri Anda! (*/kapanlagi)
Posting Komentar