do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Saat Mulai Berbisnis, Jangan Mikir Untung Dulu!

Asumsi umum yang beredar selama ini ialah berwirausaha itu berawal dari keinginan untuk mencetak laba sebanyak mungkin. Bisa jadi itu benar, tetapi dalam sebagian kasus, justru sebaliknya.
Seperti apa yang dialami oleh Moh. Najikh, seorang entrepreneur sukses yang kini berkibar dengan bendera PT. Kelola Mina Laut-nya. Dalam berwirausaha, otaknya itu jangan mikir untung duluan! Pertama harus jalan dulu (usahanya - pen). Kedua, harus kontinu, ujarnya.
Saat merasakan kerugian pertama kali, hendaknya jangan patah arang demikian cepat. Kalau Anda baru memulai, jangan terlalu memikirkan rugi. Yang penting harus bisa beroperasi dengan kontinu dulu, tutur Najikh.
Setelah usaha berjalan kontinu, berikutnya yang ketiga baru harus mencetak untung! Kalau usaha Anda sudah berjalan selama beberapa waktu, katakanlah setengah tahun atau 1 tahun dan sudah kontinu, tetapi belum bisa mengumpulkan keuntungan, kalau masih rugi ya tutup saja, sarannya.
Kalau sudah untung, Najikh mengatakan sebuah usaha harus dapat bertumbuh dan berkembang lebih baik. Di sini, entrepreneur harus tahan dari godaan menggunakan keuntungan usaha untuk kebutuhan pribadi. Keuntungan yang diperoleh harus dialokasikan untuk membesarkan usaha dahulu.(*Akhlis)
Posting Komentar