Entrepreneur
potensial harus selalu peka terhadap peluang yang tersebar dalam
lingkungan internal dan eksternal di mana mereka tinggal. Kepekaan ini
akan memungkinkan entrepreneur untuk membuat sebuah ide dari apa yang
orang lain tidak bisa kenali. Berikut ini merupakan sebagian sumber
peluang entrepreneurial yang paling menonjol menurut Donald F. Kuratko,
seorang pakar entrepreneurship terkemuka dari Amerika Serikat.
Tren
Tren
menandakan pergeseran dalam paradigma terkini (atau pemikiran terkini)
dari mayoritas penduduk. Mengamati tren dengan seksama akan membuat
entrepreneur mampu untuk mengenali peluang potensial. Tren harus diamati
dalam masayarakat, pemerintahan, ekonomi dan teknologi. Berikut ini
ialah beberapa contoh tren seperti itu:
Tren sosial: kelompok
penduduk yang menua, pertumbuhan tingkat kebugaran dan kesehatan,
kehidupan dan perawatan kesehatan bagi manula
Trne teknologi: teknologi (ponsel) , e-coommerce, kemajuan dunia maya
Tren ekonomi: pendapatan sehari=hari yang lebih tinggi, keluarga dengan pencari nafkah lebih dari satu, tekanan kinerja
Tren pemerintahan: Peraturan yang makin berat. harga minyak dan gas bumi, terorisme
Peristiwa tak terduga
Peristiwa
semacam ini bisa berupa keberhasilan atau kegagalan yang karena tidak
direncanakan sering terbukti menjadi sumber inovasi besar yang
mengejutkan. Peristiwa teror 11 September 2001 yang amat terkenal itu
merupakan contoh peristiwa semacam ini. Perisitiwa ini bisa jadi memicu
aliran deras solusi inovatif terhadap tantangan baru yang muncul
mengenai keamanan dalam negeri AS.
Kesenjangan
Kesenjangan
terjadi saat sebuah jurang perbedaan ditemui antara kenyataan dan
harapan . Misalnya saat Fred Smith mengajukan konsep pengiriman semalam,
ia diberitahu orang , Jika memang
konsep itu menguntungkan, pasti
Kantor Pos AS sudah melakukannnya! Ternyata Fred Smith benar. Sebuah
kesenjangan antara apa yang Smith butuhkan dan cara bisnis itu kini
dijalankan, sehingga ia kemudia mendirikan FedEx.
Kebutuhan proses
Kebutuhan
ini ada saat sebuah jawaban terhadap sebuah kebutuhan tertentu
diperlukan. Pemodal ventura sering menyebut kebutuhan ini sebagai rasa
sakit yang ada di pasar. Entrepreneur harus menemukan sebuah solusi
inovatif atau pereda sakit. Misalnya inovasi pembuatan alat medis baru,
makananan untuk kesehatan, farmasi dan penghemat waktu.
Perubahan dalam pasar dan industri
Pergeseran
terus menerusdalam pasar disebabkan oleh perkembangan seperti sikap
konsumen, perkembangan dalam teknologi dan pertumbuhan industri.
Industri dan pasar selalu mengalami perubahan dalam hal struktur,
desain, atau definisi. Sebuah contoh yang bisa ditemui yaitu dalam
industri perawatan kesehatan. Perawatan pasien di rumah sakit telah
mengalami perubahan yang radikal, dan perawatan rumah serta obat-obatan
pencegahan sudah menggantikan perawatan inap dan pembedahan sebagai
bidang fokus utama. Entrepreneur harus sadar tentang semua ini dan
menangkap peluang yang muncul.
Perubahan kependudukan
Perubahan
ini datang dari perubahan tren dalam masyarakat, usia, pendidikan,
pekerjaan, lokasi geografis dan faktor lain yang sejenis. Pergeseran
demografis penting dan sering memberikan peluang berbisnis yang belum
terpikirkan sebelumnya. Misalnya, saat jumlah penduduk usia lanjut
meningkat di suatu wilayah karena makin banyaknya pensiunan,
pengembangan lahan, industri perawatan kesehatan dan rekreasi menjadi
bidang-bidang bisnis yang menguntungkan.
Perubahan persepsi
Perubahan
persepsi merupakan perubahan yang terjadi dalam interpretasi fakta dan
konsep masyarakat mengenai suatu isu. Perubahan ini tak berwujud tetapi
sangat bermakna. Persepsi bisa menimbulkan pergeseran besar dalam ide
yang ingin diwujudkan dengan sukses. Kegilaan sebagian masyarakat untuk
memiliki tubuh ramping, sehat dengan perut kencang sekarang ini
merupakan akibat dari pergeseran persepsi masyarakat tentang kesehatan.
Peluang yang ada dan bisa dimanfaatkan adalah bisnis pusat kebugaran,
makanan dan minuman sehat dan sebagainya.
Konsep yang berdasarkan pengetahuan
Konsep
ini merupakan pondasi penciptaan atau pengembangan dari sesuatu yang
baru sama skeali. Penemuan baru biasanya berdasarkan pada pengetahuan.
Penemuan juga merupakan sebuah produkdari pemikiran baru, metode baru
dan peengetahuan baru. Inovasi seperti ini sering membutuhkan periode
waktu yang lama antara waktu memulai dan implementasi di pasar karena
harus diuji dan dimodifikasi agar lebih sempurna. Misalnya, teknologi
ponsel sekarang sudahbegitu maju karena tak hanya berfungsi sebagai alat
komunikasi belaka tetapi juga sebuah kamera, pencatat kegiatan harian,
alat pengakses kamera, penunjuk status sosial, pemutar musik dan video,
bahkan penayang TV. Perubahan ini secara radikal merevolusi cara kita
menggunakan teknologi yang berbeda masa kini. Konsep-konsep ini dianggap
mustahil 5 tahun lalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar