do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Sumber-Sumber Ide Inovatif

Entrepreneur potensial harus selalu peka terhadap peluang yang tersebar dalam lingkungan internal dan eksternal di mana mereka tinggal. Kepekaan ini akan memungkinkan entrepreneur untuk membuat sebuah ide dari apa yang orang lain tidak bisa kenali. Berikut ini merupakan sebagian sumber peluang entrepreneurial yang paling menonjol menurut Donald F. Kuratko, seorang pakar entrepreneurship terkemuka dari Amerika Serikat.

Tren
Tren menandakan pergeseran dalam paradigma terkini (atau pemikiran terkini) dari mayoritas penduduk. Mengamati tren dengan seksama akan membuat entrepreneur mampu untuk mengenali peluang potensial. Tren harus diamati dalam masayarakat, pemerintahan, ekonomi dan teknologi. Berikut ini ialah beberapa contoh tren seperti itu:
Tren sosial: kelompok penduduk yang menua, pertumbuhan tingkat kebugaran dan kesehatan, kehidupan dan perawatan kesehatan bagi manula
Trne teknologi: teknologi (ponsel) , e-coommerce, kemajuan dunia maya
Tren ekonomi: pendapatan sehari=hari yang lebih tinggi, keluarga dengan pencari nafkah lebih dari satu, tekanan kinerja
Tren pemerintahan: Peraturan yang makin berat. harga minyak dan gas bumi, terorisme

Peristiwa tak terduga
Peristiwa semacam ini bisa berupa keberhasilan atau kegagalan yang karena tidak direncanakan sering terbukti menjadi sumber inovasi besar yang mengejutkan. Peristiwa teror 11 September 2001 yang amat terkenal itu merupakan contoh peristiwa semacam ini. Perisitiwa ini bisa jadi memicu aliran deras solusi inovatif terhadap tantangan baru yang muncul mengenai keamanan dalam negeri AS.

Kesenjangan
Kesenjangan terjadi saat sebuah jurang perbedaan ditemui antara kenyataan dan harapan . Misalnya saat Fred Smith mengajukan konsep pengiriman semalam, ia diberitahu orang , Jika memang
konsep itu menguntungkan, pasti Kantor Pos AS sudah melakukannnya! Ternyata Fred Smith benar. Sebuah kesenjangan antara apa yang Smith butuhkan dan cara bisnis itu kini dijalankan, sehingga ia kemudia mendirikan FedEx.

Kebutuhan proses
Kebutuhan ini ada saat sebuah jawaban terhadap sebuah kebutuhan tertentu diperlukan. Pemodal ventura sering menyebut kebutuhan ini sebagai rasa sakit yang ada di pasar. Entrepreneur harus menemukan sebuah solusi inovatif atau pereda sakit. Misalnya inovasi pembuatan alat medis baru, makananan untuk kesehatan, farmasi dan penghemat waktu.

Perubahan dalam pasar dan industri
Pergeseran terus menerusdalam pasar disebabkan oleh perkembangan seperti sikap konsumen, perkembangan dalam teknologi dan pertumbuhan industri. Industri dan pasar selalu mengalami perubahan dalam hal struktur, desain, atau definisi. Sebuah contoh yang bisa ditemui yaitu dalam industri perawatan kesehatan. Perawatan pasien di rumah sakit telah mengalami perubahan yang radikal, dan perawatan rumah serta obat-obatan pencegahan sudah menggantikan perawatan inap dan pembedahan sebagai bidang fokus utama. Entrepreneur harus sadar tentang semua ini dan menangkap peluang yang muncul.

Perubahan kependudukan
Perubahan ini datang dari perubahan tren dalam masyarakat, usia, pendidikan, pekerjaan, lokasi geografis dan faktor lain yang sejenis. Pergeseran demografis penting dan sering memberikan peluang berbisnis yang belum terpikirkan sebelumnya. Misalnya, saat jumlah penduduk usia lanjut meningkat di suatu wilayah karena makin banyaknya pensiunan, pengembangan lahan, industri perawatan kesehatan dan rekreasi menjadi bidang-bidang bisnis yang menguntungkan.

Perubahan persepsi
Perubahan persepsi merupakan perubahan yang terjadi dalam interpretasi fakta dan konsep masyarakat mengenai suatu isu. Perubahan ini tak berwujud tetapi sangat bermakna. Persepsi bisa menimbulkan pergeseran besar dalam ide yang ingin diwujudkan dengan sukses. Kegilaan sebagian masyarakat untuk memiliki tubuh ramping, sehat dengan perut kencang sekarang ini merupakan akibat dari pergeseran persepsi masyarakat tentang kesehatan. Peluang yang ada dan bisa dimanfaatkan adalah bisnis pusat kebugaran, makanan dan minuman sehat dan sebagainya.

Konsep yang berdasarkan pengetahuan
Konsep ini merupakan pondasi penciptaan atau pengembangan dari sesuatu yang baru sama skeali. Penemuan baru biasanya berdasarkan pada pengetahuan. Penemuan juga merupakan sebuah produkdari pemikiran baru, metode baru dan peengetahuan baru. Inovasi seperti ini sering membutuhkan periode waktu yang lama antara waktu memulai dan implementasi di pasar karena harus diuji dan dimodifikasi agar lebih sempurna. Misalnya, teknologi ponsel sekarang sudahbegitu maju karena tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi belaka tetapi juga sebuah kamera, pencatat kegiatan harian, alat pengakses kamera, penunjuk status sosial, pemutar musik dan video, bahkan penayang TV. Perubahan ini secara radikal merevolusi cara kita menggunakan teknologi yang berbeda masa kini. Konsep-konsep ini dianggap mustahil 5 tahun lalu.
Posting Komentar