do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

UKM Modern Harus Lincah!

Perusahaan baru dan memiliki skala lebih kecil dari korporat besar semacam IBM, Apple, atau Google kini banyak bermunculan. Meski lebih kecil, jangan anggap remeh mereka ini karena di Amerika Serikat saja, sebagian besar jumlah pekerjaan baru justru dibuat oleh UKM-UKM yang memiliki tingkat pertumbuhan bisnis yang mencengangkan.

UKM-UKM inilah yang disebut oleh David Birch of Cognetics, Inc. sebagai gazelle. Gazelle adalah sejenis binatang serupa kijang atau rusa yang hidup di benua Afrika, di mana para predator seperti singa, hyena juga tinggal. Gazelle memiliki tubuh yang amat ramping, tetapi ia dapat berlari lebih cepat dari semua karnivora dan hewan lain. Tak hanya lebih cepat, dengan berat tubuh yang demikian efisien, ia memiliki daya tahan yang lebih tinggi sehingga berlari cepat dalam jangka panjang pun bukan masalah besar. Ini lain dengan singa atau serigala, yang meski mampu berlari cepat, mereka hanya bisa menjadi pelari jarak pendek atau sprinter, bukan pelari marathon layaknya gazelle.

Sebuah UKM yang dapat digolongkan pada tipe gazelle atau kijang ini ialah sebuah usaha baru dengan pertumbuhan penjualan setidaknya 20% per tahun (selama 5 tahun), dimulai dengan basis minimal 100 ribu dollar. Demikian definisi yang dikemukakan oleh badan riset David Birch of Cognetics, Inc.

Di AS, saat kebanyakan korporasi besar merampingkan bisnis selama dekade 1990-an, UKM jenis kijang ini malah membuka 5 juta pekerjaan baru dan mendorong pertumbuhan angka pekerja menjadi 4,2 juta pekerjaan. AS memiliki setidaknya 4% UKM kijang dari total jumlah perusahaan yang masih beroperasi di sana (Donald F. Kuratko, 2007).

UKM kijang ialah yang terdepan dalam hal inovasi, sebagaimana ditunjukkan oleh data berikut:
  • Perusahaan-perusahaan lebih kecil dan baru mengeluarkan 55% dari keseluruhan inovasi dalam 362 bidang industri yang berbeda dan 95% dari semua inovasi radikal.
  • UKM kijang menghasilkan dua kali lipat jumlah produk inovatif per karyawan dibandingkan perusahaan besar.
  • UKM baru memperoleh lebih banyak hak paten per penjualan daripada perusahaan besar.

Bagaimana ciri-ciri UKM kijang ini?
  • Lingkup bisnisnya mendunia. Keputusan untuk berekspansi ke luar bisa menjadi keputusan yang membawa keberhasilan yang luar biasa atau kehancuran.
  • UKM kijang tak hanya bergerak di industri teknologi tinggi, asalkan ia memiliki pertumbuhan penjuaan hingga 20% selama periode 5 tahun.
  • UKM kijang bukan tikus! UKM kijang digerakkan oleh tekad untuk mencetak pertumbuhan tinggi dan penciptaan kekayaan. Sementara UKM tikus adalah UKM yang didirikan dengan tujuan hanya untuk menghasilkan pendapatan dan tak ada tujuan untuk bertumbuh makin besar.
  • UKM kijang lebih banyak dipilih oleh pemodal ventura (VC). Meski demikian, banyak UKM kijang tidak pernah menerima pendanaan dari VC. Di AS sendiri, jumlah UKM kijang ini hampir mencapai 400 ribu, tetapi kurang dari 2% perusahaan ini menerima pendanaan meskipun perekonomian sedang moncer.
Posting Komentar