do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

4 Cara Ubah Kebahagiaan Menjadi Keuntungan Kompetitif

Meskipun Anda bisa berpikir bahwa sukses membawa kebahagiaan, riset menunjukkan bahwa sebenarnya kebahagiaanlah yang membawa kesuksesan. Para karyawan yang bahagia menunjukkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi, tingkat stres yang lebih rendah dan tingkat keluar masuk karyawan yang lebih rendah. Mereka juga terlihat lebih kreatif daripada karyawan yang kurang bahagia.
Seorang penulis dan pembicara bisnis, Eric Karspinsky, mengatakan kebahagiaan mungkin dapat menjadi jenis kelebihan kompetitif perusahaan yang paling penting. Ia menyarankan kiat-kiat berikut ini untuk menciptakan kebahagiaan dalam tim bisnis Anda dan memaksimalkan keberhasilan dalam perusahaan.
1. Tunjukkan pada yang lain bahwa Anda memikirkan mereka
Sebelum Anda kotak masuk setiap pagi dan mulai mengerjakan pekerjaan sehari-hari, kirimkan email singkat berisi ucapan terima kasih atau dorongan pada teman kerja, pemasok atau klien. Tak perlu hal yang besar tetapi cukup yang simpel. Mengirimkan ucapan positif seperti itu akan menambahkan kebahagiaan bagi penerima, dan pengirimnya pula.
2. Mulailah menulis jurnal terima kasih
Sisihkan beberapa menit di akhir hari untuk menuliskan 3 hal yang Anda patut ucapkan terima kasih. Menurut Karspinsky, inilah cara ampuh untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup. Setidaknya catat satu kejadian dalam satu hari yang memiliki makna mendalam bagi Anda. Melakukannya secara terus menerus dalam 21 hari berturut-turut membuat kita lebih positif dalam pekerjaan dan kehidupan secara umum.
3. Cerahkan suasana hati orang lain
Mencerahkan suasana hati anggota tim Anda dan Anda sendiri akan memperlancar pekerjaan, terutama saat rapat, brainstorming, dan sebagainya. Mereka yang lebih bahagia melihat segalanya dengan perspektif yang lebih baik dan positif.
4. Sebarkan suasana hati yang positif
Sebagai pemimpin bisnis, hal terbaik yang bisa Anda usahakan untuk perusahaaan dan mereka yang Anda pimpin ialah mencapai kebahagiaan Anda sendiri. Jika Anda sudah memiliki kebahagiaan itu, sebarkan pada siapapun di sekitar Anda. Pemimpin memiliki kewajiban untuk memendam emosi negatif saat mereka memilikinya dan menyebarkan emosi positif yang ia miliki, ujar Karspinsky.(*Akhlis)
Posting Komentar