do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Kesalahan Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari Pebisnis

Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya bahasa tubuh dalam kehidupan sosial, dan bisnis.
Bahasa tubuh mencakup semua hal yang muncul dari postur tubuh Anda. Percaya atau tidak, semua hal ini mengungkapkan apa yang Anda tidak mungkin katakan secara lisan, dan orang di sekitar Anda bisa menangkap bahasa tubuh itu.
Berikut beberapa kesalahan yang paling umum bahasa tubuh:
1. Melihat gadget
Jika Anda mencari sesuatu pada gadget saat berbicara dengan orang lain, ini mengatakan bahwa Anda tak tertarik dengan apa yang dia katakan. Ini juga pertanda arogansi. Jika pun Anda ingin mencatat, sebaiknya menggunakan pena dan kertas. Ini lebih baik dibanding menggunakan gadget.
2. Menggenggam dan menggosok tangan
Jika Anda melakukan ini, berarti Anda tengah gugup dan tidak nyaman. Biarkan tangan Anda alami beristirahat di sisi tubuh atau di pangkuan Anda, tergantung pada apakah Anda sedang duduk atau berdiri.
3. Tidak berpakaian rapi
Ada orang yang tampil keren, gaya. Tapi, ada pula yang ceroboh. Jika Anda terlihat tidak rapi, maka  Anda  dianggap tidak profesional dan tidak peduli. Hal ini juga dapat menjadi indikator dari cara Anda melakukan bisnis. Tapi jika Anda bergaya dan rapi, ini menunjukkan bahwa Anda penuh perhatian.
4. Memperhatikan jam
Melihat jam tangan Anda atau memeriksa waktu di dinding berarti Anda mengatakan kepada orang lain bahwa Anda memiliki sesuatu yang lebih penting. Ini akan membuat orang lain merasa terburu-buru juga.
5. Lengan menyilang
Tangan disilangkan mengungkapkan Anda defensif dan tertutup, atau Anda mengabaikan apa yang dikatakan lawan bicara Anda. Jadi, sebaiknya lengan Anda terbuka.
6. Mata berputar
Anda harus tahu bahwa setiap kata yang keluar dari mulut Anda, tidak peduli seberapa tulus kedengarannya, akan langsung kalah dengan gerakan mata yang berputar.
7. Kontak mata
Ketika Anda melihat ke mana-mana, sementara lawan bicara Anda ada di depan Anda, maka lawan bicara Anda akan berpikir Anda tidak bisa dipercaya. Lakukan kontak mata yang baik untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan Anda terlibat dan tertarik dengan apa yang dibicarakan. (as/dari berbagai sumber)
Posting Komentar