Seorang
pemilik bisnis adalah atasan bagi mereka yang bekerja untuknya.Para
karyawan ini selalu mencari cara untuk memberi kesan yang baik pada
pemilik bisnis. Kadang mereka berpikir bahwa mereka mengetahui keinginan
mereka tetapi gagal dalam memenuhi harapan Anda sebagai pemilik
perusahaan. Agar Anda tetap bahagia dan membuat usaha Anda produktif,
berikut ialah beberapa ekspektasi yang Anda bisa berikan pada karyawan.
1. Bersikaplah terbuka dan jujur
Pastikan
kepercayaan Anda berikan pada karyawan secara timbal balik. Sebagai
pemilik usaha, Anda harus jujur mengenai masalah yang dihadapi. Namun,
di saat yang sama pastikan karyawan juga bersikap jujur pada Anda.
Dorong mereka untuk mengatakan yang sebenarnya bahkan jika itu berita
buruk. Tidak ada yang lebih buruk bagi sebuah perusahaan jika salah satu
pegawainya suka membuat kesalah tetapi segan mengakuinya.
2. Temukan titik persamaan
Anda
tak perlu harus menjadi sahabat baik bagi karyawan. Bukan itu hal yang
harus dilakukan seorang pemilik bisnis dalam perusahaannya. Namun,
alangkah bijaknya jika Anda menemukan sikap dan perilaku yang bersahabat
terhadap mereka. Bisa jadi Anda memiliki selera musik, tim jagoan, atau
kegiatan kesukaan yang sama dengan mereka. makin banyak kesamaan yang
Anda miliki dengan karyawan sebagai seorang pribadi, makin mudah bagi
Anda untuk menguatkan dan membangun budaya perusahaan yang diinginkan.
3. Sisihkan waktu untuk kegiatan sosial
Layanan
pada masyarakat ialah kegiatan yang positif dan dapat mempererat
hubungan antarelemen perusahaan. Doronglah para pegawai untuk mau
melakukan pekerjaan yang baru bahkan jika mereka tidak diharuskan secara
spesifik. Tenggat waktu harus dipenuhi dan saat Anda membutuhkan
bantuan tambahan, akan lebih nyaman untuk mengetahui para pegawai
mendukung Anda dan meningkatkan semangat kerja semua orang di
perusahaan.
4. Bekerjasama dengan kompak
Tolok
ukur kebahagiaan akan mencapai tingkat tertinggi saat pegawai Anda bisa
saling bergaul dengan baik dan bekerjasama dengan harmonis. Jangan
biarkan pegawai mengeluh mengenai pekerjaannya. Sikap negatif ini akan
dengan cepat menyebar ke seluruh bagian perusahaan yang akhirnya
menjelaskan alasan mengapa hal ini akan pelan-pelan menghancurkan
perusahaan. Itulah mengapa Anda harus secara terus menerus membangun
budaya perusahaan yang positif dan menegakkan kekompakan tim perusahaan.
5. Tepat waktu
Ini
bukan rahasia lagi tetapi inilah masalah yang harus diatasi. Saat
pegawai Anda tidak mampu memenuhi tenggat waktu dan meninggalkan kantor
sebelum ia diperbolehkan, perusahaan tentu akan dirugikan. Kondisi ini
juga akan mendorong tumbuhnya tingkat stres yang makin tinggi. Di
samping itu, mental dan sikap kerja yang malas-malasan akan menular ke
pegawai lain. Jika Anda sebagai atasan mampu mencontohkan ketepatan
waktu dalam bekerja, kemungkinan para pegawai Anda juga akan terdorong
secara otomatis untuk meniru Anda dalam keseharian mereka.
Setiap
pemilik bisnis pantas untuk menjalankan perusahaannya dengan sukses
tanpa mengorbankan kebahagiaannya. Tentu akan ada kendala dan tantangan
di sana sini, namun jika Anda menerapkan ini, Anda akan mampu mengelola
perusahaan dengan tingkat stres yang lebih rendah. (*AP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar