do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Inilah Aturan Berbisnis dengan Teman

Berbisnis dengan teman bisa jadi lebih menyenangkan dibanding berbisnis dengan orang yang tidak Anda kenal dekat. Tentunya, dengan adanya teman akan lebih akrab dan memudahkan Anda mengembangkan bisnis. Meski begitu, Anda tak boles asal mengajak teman berbisnis.
Pertama, telusuri reputasi dan latar belakang teman Anda. Sebelum Anda menentukan siapa teman yang akan dipilih, sebaiknya pikirkan juga orang seperti apa yang akan cocok untuk Anda ajak menjalankan bisnis yang sudah Anda pilih. Hal ini penting agar bisnis yang Ada jalani bisa lancar dan langgeng.
Kenalilah reputasi orang yang akan Anda ajak berbisnis tersebut. Kalau perlu Anda wawancara kecil-kecilan, tanyakan pengalamannya dalam bekerja, minatnya, dan berapa honor yang diinginkannya.
Kedua, perhatikan keahliannya. Kalau teman Anda tidak mempunyai talenta atau kemampuan di bidang yang akan digeluti, tentu hal ini akan merepotkan. Suatu saat jika timbul suatu masalah, Anda akan berjuang seorang diri karena dia tidak dapat memberikan konstribusi sesuai dengan yang Anda harapkan.
Yang tak kalah penting selalu terapkan aturan main. Mungkin pada awal kerja sama keterbukaan sudah disepakati bersama, tapi dalam praktiknya, hal ini sulit dilaksanakan. Selain karena hubungan Anda dengan teman Anda setara, satu sama lain pun akrab Anda perlu membuat pembagian tugas berdasarkan kapasitas dan gaya kerja masing-masing. Berikan tanggung jawab pengawasan lapangan bagi orang yang dinamis, tegas, dan mampu mengambil keputusan.
Selain itu, tetapkan aturan untuk saling memantau proses kerja dan kemajuannya. Sepakati bahwa tindakan tersebut bukan untuk mencapuri urusan orang lain, tetapi dalam rangka saling mengingatkan. Tetapkan kebijaksanaan keuangan yang jelas dan tegas serta disepakati bersama, seperti peminjaman uang, pengembalian pinjaman, atau penggantian biaya transportasi. (as)
Posting Komentar